Minggu, 17 April 2011

Ulet Bulu dan Ujian yang sama-sama bikin Gatel


Apa hubungan nya ulet bulu sama ujian ya… kok dua-duanya bisa bikin gatel. Kalo ulet bulu sih emang dari jaman nenek moyang sampai jaman edan kaya sekarang ini selalu bikin gatel kulit kita. apalagi kalo itu ulet menempel di badan kita, yang ada seharian kita bakalan engga berhenti ngegaruk badan akibat kedahsyatan sengatan ulet yang memiliki banyak bulu itu he..he.. (kalah tuh temen gua yang kakinya kaga ada bulunya he..he..).

Gua kaga habis pikir, kenapa belakangan ini Indonesia jadi kaya mendapat serangan dari ulet bulu ya ?? (apa jangan-jangan ini kutukan kedua dari ibunya malin kundang ya he…he…) sampe-sampe saking banyaknya itu ulet, Pemerintah harus menyebut kejadian ini sebagai wabah ulet bulu. (untung nya bukan wabah keong racun ya he..he..). Lihatlah beberapa daerah di pulau Jawa,Bali bahkan neh ulet juga udah sampe ke Jakarta.(gua bingung neh ulet naek apa ya kesininya he..he..) Kalo engga percaya, tanya aja sama masyarakat yang tinggal di Tanjung Duren sana yang pohon-pohon di sekitar lingkungan mereka banyak dihinggapi ulet bulu.

Banyak analisa para ahli dari kampus-kampus ternama menyatakan bahwa wabah ulet bulu ini terjadi antara lain akibat ekosistem yang tidak seimbang, iklim yang cepat berubah sampe tidak adanya pemangsa para ulet bulu ini seperti burung kecil dan semut rang-rang. Kalo gua pikir sih emang ada benernya juga semua analisa para ahli ini. Kaya misalnya di sekitar rumah gua aja, udah engga keliatan tuh yang namanya semut rang-rang apalagi burung kecil yang katanya pemangsa ulet bulu ini.

Dulu kalo ada semut rang-rang, pada suka diambilin tuh telornya sama abang-abang yang katanya buat makan ikan. jadi lama kelamaan abislah itu semut dari pohon di rumah gua. Belum lagi burung kecil yang suka ditembak sama orang-orang iseng yang punya senapan angin. Dulu soalnya temen gua punya senapan angin, jadi kerjaan nya kalo sore ya nembakin burung cabe-cabean yang emang masih banyak disekitar rumah gua. (kata dia sih mendingan nembak burung daripada nembak cewe engga kena-kena he..he..).

Semua orang termasuk gua emang pantes khawatir dengan wabah si ulet bulu ini. Bukan nya apa-apa, neh ulet saking banyaknya sampe memasuki rumah penduduk dan juga sekolah. Kasihan anak-anak yang lagi belajar jadi ketakutan karena ulet bulu sudah mulai masuk ke ruang kelas mereka. Nanti yang ada bukannya belajar malah maen garuk-garukan lagi sama temen-temennya he..he.., usaha ngebasmi pake peptisida juga keliatannya kaga banyak ngebantu, malah yang ada bisa bikin itu ulet jadi kebal katanya. (udah kaya debus aja neh ulet bulu pake acara kebal segala he..he..).

Nah itu tadi fenomena ulet bulu yang bikin gatel, Terus kalo ujian…, apanya yang bikin gatel coba….??? hari ini kan anak-anak SMA lagi pada Ujian Nasional neh, mungkin diantara mereka saat ini lagi ada yang mengidap penyakit gatel-gatel. Gatel yang ini beda sama gatel akibat ulet bulu, gatel yang ini sih biasanya gatel mau nyontek jawaban teman atau nyontek kebetan yang mungkin udah di siapin dari rumah he..he..

Bukan menjadi rahasia lagi, kalo kita lagi ujian biasanya tangan kita suka gatel pengen buka kebetan yang udah kita siapin dirumah atau yang udah kita tulis di bangku tempat duduk kita. Dulu jaman kuliah…, tangan gua sering gatel tuh pengen liat contekan yang udah gua taro di bawah meja, apalagi kalo soalnya kebeneran pas sama contekan yang udah gua buat, neh tangan pasti gatel pengen nyalin jawaban aja biar itu soal bener semua isinya dan ujung-ujungnya dapet nilai bagus he..he…

Engga cukup dengan bahan contekan yang udah kita siapin, ini tangan rasanya gatel pengen nepok temen yang duduk didepan gua buat minta jawaban dari soal yang kaga bisa gua isi. Ya meskipun kaga bikin gua garuk-garuk, tapi emang kalo ujian tangan kaga bakal bisa diem mencari-cari celah buat nyontek atau sekedar nanya temen disamping or depan gua. Pokoknya kalo lagi ujian dikampus , ritual-ritual semacam itu menjadi Standart Operating Procedure (SOP) yang harus dilakukan kalo mau dapet nilai bagus (udah kaya di perusahaan aje ada SOP nya he..he..).

Mungkin kalo lagi ujian, segala usaha menjadi halal hukumnya. apalagi kalo udah kepepet dan otak ini udah mentok nyari jawaban yang kaga ketemu-ketemu juga (gimana mau nemu, orang di otak juga kaga nyangkut tuh jawaban he..he..) ya jalan satu-satunya sih nyontek temen atau dari kebetan. Selama engga ketauan ya jalanin aja yang penting nilai bagus… bikin gua dan orang tua senang. Kalo bikin orang tua seneng kan dapet pahala tuh nanti he..he….

Gua sih engga menyarankan anak-anak SMA yang sekarang lagi UN buat mencontek teman atau bikin kebetan tapi beli aja tuh kunci jawaban yang biasanya beredar pas ujian he..he… weits… jangan…jangan…, kalo buat gua sih yang penting usaha dulu, belajar dari rumah semaksimal mungkin kalo perlu seluruh isi buku itu dihapalin luar dalem. Entar kalo ada soal yang engga bisa dikerjain nah baru dah ‘usaha’ nyari jawaban nya ke temen atau kebetan yang udah disiapin. Kalo ternyata engga ada kesempetan buat nyontek, ya udah pasrah aja sambil maen tembak-tembakan sesekali, kali aja bener tuh jawaban yang ditembak he..he.. intinya jangan sampe keliatan bego apalagi sampe keluar keringet dingin karena engga bisa ngejawab soal ujian he…he…

Selamat Ujian dah buat ade-ade SMA. Biar pada sukses dah semua….. terus pada lulus dengan nilai berapa aja dah… yang paling penting kan lulus, urusan nilai sih itu belakangan ya he..he…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar