Selasa, 23 Agustus 2016

Wisata Kuliner di Pangkal Pinang, Wajib Mencoba Martabak Acau 89



Pulau Bangka di provinsi Bangka Belitung selama ini terkenal dengan objek wisata pantai. Pantai-pantai seperti Pantai Pasir Padi menjadi daerah tujuan wisata di Pangkal Pinang yang banyak dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik. Namun dibalik pesona pantainya yang indah, Pangkal Pinang juga memiliki pesona kuliner yang juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal dari daerah ini adalah martabak. 
Martabak Acau yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Pangkal Pinang, Bangka Belitung
Martabak selama ini identik dengan Pulau Bangka. Kuliner yang belakangan naik daun berkat variasi rasanya yang menggugah selera memang berasal dari provinsi dengan ibukota Pangkal Pinang ini. Nah Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangka tapi tidak mencoba wisata kuliner dengan berburu martabak bangka.

Martabak Bangka memang menjadi makanan wajib yang harus dinikmati jika berkunjung ke daerah yang terkenal  kaya akan timah ini. Kita bakalan banyak menemui pedagang martabak yang tersebar di seluruh Kota Pangkal Pinang. Namun dari sekian banyak pedagang martabak di sini, tidak semuanya menjanjikan rasa yang enak untuk kita coba. Hanya beberapa pedagang martabak yang ada di Pangkal Pinang yang menjanjikan citarasa yang enak dilidah.

Salah satu penjual martabak yang terkenal di Pangkal Pinang menurut saya adalah Martabak Acau 89. Martabak Acau 89 terletak di Jalan Soekarno Hatta No. 9, Pangkal Pinang, Bangka. Lokasi Martabak Acau tidak jauh dari Pantai Pasir Padi, hanya sekitar setengah jam perjalanan dari pantai yang berada di tengah kota Pangkal Pinang ini. Bila kita menuju Bandara Depati Amir maka akan melintasi lokasi Martabak Acau 89 ini. Lokasinya  yang strategis, membuat Martabak Acau 89 sangat mudah untuk dijangkau oleh para penggemar martabak yang datang ke Pangkal Pinang.

Oiya, Martabak Acau ini sudah buka sejak Agustus 1989 loh dengan pendiri pertama adalah Bapak Acau. Oleh sebab itu, tahun berdirinya Martabak Acau ini akhirnya dipakai menjadi merk dagang yakni Martabak Acau 89. Saat ini usaha martabak Bapak Acau dilanjutkan oleh anak-anaknya. 
Martabak manis dan martabak telur yang menggugah selera
Aneka jenis martabak manis tersedia di Martabak Acau 89. Mulai dari martabak kacang cokelat, pisang, kismis, keju hingga martabak telor, semuanya bisa dipilih pembeli sesuai selera yang diinginkan. Pembeli tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan martabak, karena Martabak Acau 89 memilki beberapa pembuat martabak yang sudah bertahun-tahun bekerja di Martabak Acau 89.  
 
Bicara rasa, Martabak Acau 89 sudah terkenal akan kelezatannya. Rasanya yang manis dan tekstur martabak yang lembut saat masuk ke mulut menjadikan Martabak Acau 89 terasa begitu nikmat saat kita mencicipinya. Bahkan, kita seperti terhipnotis dengan kelezatan Martabak Acau 89 dan mulut seperti tidak mau berhenti untuk terus menikmati enaknya martabak ini. Untuk satu porsi martabak yang dijual di sini dihargai mulai dari Rp17.000 hingga Rp38.000. Semua tergantung jenis martabak apa yang kita pesan.

Bagi penyuka rasa gurih, Martabak Acau 89 juga memiliki martabak telur yang tidak kalah enaknya dengan martabak manis. Jenis martabak telur yang ditawarkan di sini juga tidak sembarangan. Martabak telur spesial dengan double keju menjadi yang paling istimewa di Martabak Acau 89. Banyaknya keju yang disajikan dalam martabak membuat citarasa martabak bertambah nikmat. Sama seperti martabak manis, saat mencicipi martabak telur mulut kita seperti tidak mau berhenti untuk terus mengunyah nikmatnya martabak telur.
Martabak telur yang begitu menggugah selera
Menu lain yang patut dicoba adalah martabak jagung. Satu yang unik, martabak jagung ini jarang kita temui di kota-kota lainnya. Karenanya, ketika berkunjung ke toko martabak ini, martabak jagung menjadi salah satu pilihan yang patut dicoba. Soal rasa, martabak jagung tidak kalah enaknya dengan martabak coklat maupun keju yang sudah biasa kita nikmati.

Saya sendiri ketika berkunjung ke toko Martabak Acau 89 mencoba memesan martabak coklat wijen. Wangi aroma coklat dan wijen cukup menggugah selera saya untuk mencoba. Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya saya disajikan martabak coklat wijen yang baru diangkat dari wajan. Tidak sabar, saya langsung mencoba dan ehm… sebuah martabak dengan citarasa yang manis dengan tekstur yang lembut di mulut baru saja saya rasakan. Lidah saya langsung bergoyang menikmati enaknya martabak coklat wijen. Bahkan, mulut saya seperti tidak mau berhenti untuk makan sajian special dari Martabak Acau 89 ini.

Tidak puas dengan martabak manis, saya pun tertarik untuk mencoba martabak telur. Tidak pakai lama, martabak telur pun segera dibuat dan saya dengan sabar melihat sang pembuat martabak mengaduk bahan-bahan martabak telur. Setelah digoreng, beberapa saat kemudian martabak pun jadi dan siap dihidangkan. Setelah dipotong-potong, martabak telur panas pun tersaji dihadapan. Wah, wangi aroma martabak telur yang sungguh menggoda untuk dicoba. 

Tanpa banyak basa-basi, saya langsung mencoba martabak telur dari Martabak Acau 89 ini. Ternyata martabak telur yang saya coba ini tidak kalah enak dengan martabak manis. Saya kemudian mencoba sambal cair yang dihidangkan bersama martabak telur. Paduan rasa yang pas dari sambal dan martabak telur membuat mulut saya terus mengunyah nikmatnya martabak telur ini. Jarang-jarang saya menemui penjual martabak yang menjual martabak manis dan martabak telur dengan sama enaknya.

Oiya, Martabak Acau 89 ini ternyata juga cukup terkenal di kalangan selebriti loh. Saya coba melihat-lihat beberapa selebriti mulai dari Sandra Dewi hingga Pak Bondan Winarno sudah pernah berkunjung dan mencicipi kelezatan Martabak Acau 89 ini. Selain menkmati martabak, disini kita bisa melihat-lihat foto-foto selebritis yang pernah datang ke Martabak Acau 89 yang ditempel di dinding toko. 

Menurut Minto, putra Bapak Acau yang mendirikan martabak legendaris ini, dalam sehari Martabak Acau 89 bisa menjual sekitar 200 loyang martabak dengan berbagai rasa. Jumlah ini akan jauh meningkat ketika memasuki hari-hari besar seperti saat idul fitri dan natal. Saat musim liburan sekolah tiba juga menjadi saat panen pembeli di Martabak Acau 89.
Salah seorang pembuat martabak di Martabak Acau 89
Ketika ditanya, pembeli lebih suka jenis martabak apa, Minto menjelaskan, jika pembeli Martabak Acau 89 kebanyakan membeli martabak manis. “ Martabak manis lebih banyak yang suka” ungkap Minto yang sehari-harinya ikut membuat martabak di toko miliknya ini. Tambahan informasi, Martabak Acau mulai buka jam 13.00 WIB dan tutup pada pukul 22.00 WIB. 

Nah jadi kalau Anda kebetulan sedang liburan di Pulau Bangka, jangan lupa untuk mencicipi nikmatnya martabak Acau 89 yang terkenal di Pangkal Pinang. Sajian martabak hangat dengan berbagai rasa yang menggoda selera sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tidak salah memang martabak berasal dari Pulau Bangka, karena disini ada salah satu penjual martabak yang paling enak dan wajib untuk dikunjungi.




24 komentar:

  1. Boleh di coba nih kalau lagi di Pangkal Pinang

    BalasHapus
  2. Martabak, ini sih gua hanget, tukisan ini bikin saya lapeeeeer

    BalasHapus
  3. Martabak, ini sih gua hanget, tukisan ini bikin saya lapeeeeer

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedap ya pak :)

      makasih sudah mampir pak

      Hapus
  4. Martabaknya bikin ngileeeer, jd mau niih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Indah langsung aja main ke Pangkal Pinang. Cobain dah nikmatnya Martabak Acau 89 ini :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. cobain martabak ini mba kalau ke Pangkal Pinang :)

      Hapus
  6. Hmm...nikmat,kapan ada cabangnya di Jakarta pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di jakarta kayanya belum ada yang seenak ini mba :)

      Terima kasih ya udah mampir ke blog saya

      salam

      Hapus
  7. Ahaii, martabak memang selalu menggodanya. Bisa buat referensi n rekomen siapa pun yang pergi ke Bangka

    BalasHapus
  8. Ahaii, martabak memang selalu menggodanya. Bisa buat referensi n rekomen siapa pun yang pergi ke Bangka

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya mba... cobain martabak ini kalau ke Pangkal Pinang ya mba :)

      makasih ya udah mampir ke blog saya

      salam

      Hapus
  9. Balasan
    1. cobain martabak ini pasti ga nyesel he..he..

      Hapus
  10. Kiri in saya tiket buat beli martabak di mari. Ngilerr

    BalasHapus
    Balasan
    1. he..he.. asli ini enak martabaknya mas he..he..

      makasih ya udah mampir..

      Hapus
  11. Nunggu ada yang ngajaak..!!

    Tag martabak nya cuyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an nanti bisa ke pangkal pinang ya mas.

      thanks udah mampir.

      Hapus