Langsung ke konten utama

Mengagumi Keindahan Pegunungan Karst di Rammang-Rammang



Menyebut nama Rammang-Rammang, inilah kawasan pegunungan karst terbesar di Indonesia dengan pemandangan luar biasa indah. Sejauh mata memandang, kita akan melihat Pegunungan kapur yang menjulang tinggi. Pesona Rammang-Rammang ini bisa kita nikmati di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.  
Pegunungan kapur di Rammang Rammang
Rammang-Rammang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung.Untuk sampai ke destinasi yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Makassar ini kita dapat menyewa perahu nelayan dengan harga sekitar 300 ribuan yang akan mengantarkan sampai ke Desa Salenrang, Kabupaten Maros. Sepanjang perjalanan ke Desa Salenrang, kita akan disajikan pemandangan bukit-bukit karst yang menjulang tinggi serta tanaman bakau yang tumbuh di sepanjang sungai.

Begitu menginjakan kaki di Desa Salenrang, kita akan disajikan pemandangan persawahan yang hijau. Sejauh mata memandang kita seperti dimanjakan oleh hijaunya pepohonan dan tanaman padi yang tumbuh di sawah-sawah milik penduduk desa. Belum lagi pemandangan bukit karst yang menjadi latar dari hijaunya persawahan menjadikan paduan yang terlihat indah. Menghirup udara segar menjadi hal yang menyenangkan di sini. Letaknya yang jauh dari hingar-bingar kendaraan, membuat Rammang-Rammang memberikan sajian udara segar bagi setiap orang yang datang ke sini.
Sawah nan hijau menjadi pemandangan di Rammang Rammang
Udara yang sejuk juga membuat pengunjung nyaman ketika berada di area wisata alam ini. Keramahan penduduk setempat seperti membuat pengunjung sedang berada di rumah sendiri. Untuk dapat mengelilingi area di sini, pengunjung dapat mengajak penduduk di sini yang sudah biasa menjadi pemandu wisata. Untuk jasa pemandu wisata sendiri, tidak ditentukan tarifnya. Kita bisa memberikan sang pemandu wisata uang seikhlasnya,sesuai dengan keinginan.

Dengan ditemani pemandu, kita akan diajak melewati jalan-jalan di tengah hijaunya pematang sawah. Melewati jalan-jalan yang dikelilingi sawah tentu saja menjadi pengalaman tersendiri terlebih pemandangan seperti ini sudah jarang ditemukan di tengah kota. Satu tips untuk berjalan-jalan di pematang sawah, kita harus fokus dengan jalan setapak yang kita pijak. Karena bila kita sedikit meleng saja, salah-salah kita jatuh ke lumpur sawah yang ada di sini.

Ada beberapa tempat yang bisa pengunjung datangi ketika berada di kawasan Rammang-Rammang ini seperti, Taman Hutan Batu Kapur, Telaga Bidadari, Gua Bulu' Barakka’, Gua Telapak Tangan dan Gua Pasaung. Semua objek wisata ini bisa di kelilingi pengunjung dalam satu hari saja. Oiya, Di area wisata ini belum terdapat penginapan, jadi kita yang plesiran ke destinasi ini bisa kembali pada sore harinya.
Sajian sawah dan pegunungan menjadi pesona tersendiri di Rammang Rammang
Gugusan Pegunungan Kapur (karst) Rammang-Rammang yang berada di Maros-Pangkep ini adalah gugusan pegunungan kapur yang terluas dan terbesar kedua di dunia setelah pegunungan kapur yang ada di Cina. Namun, salah satu literatur menyebutkan, pegunungan kapur yang terluas dan terbesar pertama di dunia untuk saat ini justru Rammang-Rammang Karst di Maros, hal ini dikarenakan pegunungan kapur Cina yang sudah banyak berkurang akibat eksploitasi dan aktivitas pertambangan.
 
Rammang-Rammang sendiri berasal dari bahasa Makassar yang memiliki arti sekumpulan awan atau kabut. Menurut cerita penduduk di sekitar lokasi, area ini diberi nama Rammang-Rammang karena seringnya awan atau kabut yang turun terutama di pagi hari atau ketika hujan.

Untuk sampai ke Rammang-Rammang, saya biasanya terbang dari Jakarta dengan menggunakan maskapai Batik Air. Menghabiskan waktu penerbangan sekitar 2 jam lebih dari Jakarta, kita akan mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Harga tiket pesawat menuju Makassar sendiri relative terjangkau, tergantung kapan waktu kita berkunjung ke negeri asal Pahlawan Sultan Hasanuddin ini. 
Selfie bareng keluarga di Rammang Rammang
Buat yang penasaran ingin melihat langsung pegunungan karst terbesar di Indonesia ini, langsung saja pergi ke Rammang Rammang dan rasakan sensasi menginjakan kaki dengan pemandangan hamparan sawah dan pegunungan kapur yang jarang kita temukan di perkotaan.

Komentar

  1. pastinya sejuk banget ya udaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, enak di sana..

      makasih ya sudah mampir di blog saya :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SGPP, Sekolah Tinggi tempat Para Pengambil Kebijakan Publik Belajar

Sekolah Tinggi Pemerintahan dan Kebijakan Publik namanya. Sekolah tinggi yang dikenal dengan nama SGPP ini mengajarkan bagaimana mengambil kebijakan publik yang dapat berpengaruh di semua sector baik itu secara nasional maupun internasional. Dengan program studi Kebijakan Publik, SGPP ingin menjadikan mahasiswanya tidak hanya bisa menerapkan kebijakan publik namun juga bisa menganalisa kebijakan publik yang konteksnya kebijakan Indonesia namun bisa diterapkan di banyak negara.  Kampus SGPP di Kawasan Sentul Bogor Memasuki halaman kampus ini terasa begitu sejuk. Semilir angin dan pemandangan rumah-rumah penduduk di Kawasan Bogor terlihat dari kampus yang terletak di dataran tinggi Kawasan Bogor ini. Sekilas, bila dilihat, bangunan gedung utama SGPP ini seperti bangunan-bangunan perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Begitu menginjakan kaki di bagian depan gedung, kenyamanan ruang perpustakaan begitu terasa. Ruang perpustakaan ini menyatu dengan teras yang biasa digunakan m

Mengunjungi Pabrik Pembuatan Kulkas Halal PT Sharp Electronics Indonesia

Kata siapa label halal hanya untuk produk-produk makanan dan kosmetik saja. Saat ini PT Sharp Indonesia melakukan terobosan dengan memberikan label halal pada produk lemari es atau kulkas keluaran terbarunya. Pabrik pembuatan PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang, Jawa Barat. Beruntung hari Rabu (9/5) kemarin saya mengunjungi pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang Barat, Jawa Barat, untuk melihat langsung proses pembuatan kulkas halal pertama di Indonesia di pabrik yang berdiri sejak tahun 2012 ini.   Sebelum melihat langsung proses pembuatan kulkas Sharp, saya dan teman-teman blogger lainnya dijamu oleh jajaran petinggi dan management PT Sharp Indonesia. Dalam kesempatan ini, Asisten Manajer Strategi Produksi PT Sharp Electronics Indonesia, Afka Adhitya, menjelaskan, alasan PT Sharp Electronics Indonesia mengeluarkan kulkas halal, tujuan utamanya Sharp adalah untuk memberikan rasa nyaman dan aman di tengah masyarakat akan sebuah produk baran

Wisata Kuliner di Pangkal Pinang, Wajib Mencoba Martabak Acau 89

Pulau Bangka di provinsi Bangka Belitung selama ini terkenal dengan objek wisata pantai. Pantai-pantai seperti Pantai Pasir Padi menjadi daerah tujuan wisata di Pangkal Pinang yang banyak dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik. Namun dibalik pesona pantainya yang indah, Pangkal Pinang juga memiliki pesona kuliner yang juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal dari daerah ini adalah martabak.  Martabak Acau yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Pangkal Pinang, Bangka Belitung Martabak selama ini identik dengan Pulau Bangka. Kuliner yang belakangan naik daun berkat variasi rasanya yang menggugah selera memang berasal dari provinsi dengan ibukota Pangkal Pinang ini. Nah Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangka tapi tidak mencoba wisata kuliner dengan berburu martabak bangka. Martabak Bangka memang menjadi makanan wajib yang harus dinikmati jika berkunjung ke daerah yang terkenal   kaya akan timah ini. Kita bakala