Langsung ke konten utama

Selamat Jalan Krisna J Sadrach


Aku Tertawa..
Walau Tak Ingin Tertawa
Aku Tertawa
Lepaskan semua problema

Itulah lantunan lirik lagu Bosan yang dinyanyikan vokalis sekaligus bassis band Trash Metal, Sucker Head,  Krisna Jotham Sadrach yang hari ini meninggal dunia akibat penyakit kanker paru-paru yang dideritanya. Terkejut juga tadi saat melihat timeline di twitter saya ada berita kalau Krisna Sadrach meninggal. Hastag #RIPKrisnaSadrach pun menjadi trending topic di twitter sore tadi.  
Krisna J Sadrach
Angan-angan saya langsung melayang kembali di era saya masih duduk di bangku SMP. Saat pertama kali mendengar lagu Bosan milik Sucker Head di radio. Lagu ini menjadi  salah satu lagu yang akrab di telinga anak-anak pecinta musik rock dan metal, selain lagu Bendera Kuning nya Betrayer.

Sucker Head dan Krisna memang pernah menjadi idola bagi anak-anak metal di era 90-an. Lewat lagu Bosan dan Manic Depresiv, Suckerhead muncul di tengah-tengah band-band seperti Dewa 19, Slank, Gigi yang saat itu lagi jaya-jayanya.  Saya sendiri pertama kali mendengar lagu Bosan langsung penasaran. Wuih asyik neh ada band yang vokalisnya bersuara parau khas vokalis-vokalis band metal bernyanyi. Ternyata pemilik lagu ini adalah sebuah band bernama Sucker Head yang namanya berasal dari korek api geretan yang sering kita gunakan, Sakerhets Tandstickor.

Selain menjadi vokalis band Sucker Head, Krisna yang saya tahu juga menjadi produser dari album kompilasi metal 90-an yang melegenda  bernama Metalic Klinik. Entah berapa album Metalic Klinik yang sudah di produseri, tapi yang pasti album ini menjadi album wajib bagi para penggemar band-band metal. Saya sendiri tahu kalau Krisna Sadrach menjadi produser dari album kompilasi yang saya beli waktu itu Indinesia

Di album Indinesia tidak semua band yang mengisi adalah band metal.Ada juga band beraliran ska kaya Etnic dan juga beraliran Indies yang diwakili band Orange. Ska dan Indies memang menjadi dua aliran yang naik daun di akhir era 90-an. Dua aliran ini memunculkan band-band ska dan indies yang namanya dikenal sampai saat ini. Dari kubu Ska ada nama seperti Tipe X yang hingga kini masih eksis. Sementara Indies diwakili Rumah Sakit, Naif, dan Planet Bumi.

Setelah era 90-an berakhir, saya tidak pernah mendengar lagi kiprah Krisna Sadrach di dunia musik. Sampai akhirnya saya kaget juga ternyata Krisna Sadrach memproduseri album-album dari band Ungu dan ST12. Iya, Krisna adalah otak sukses dari dua band keluaran label Trinity Optima itu bisa terkenal. Seingat saya, salah satu album ST12 (lupa judulnya) itu dipegang oleh Krisna dan album itu meledak dan melambungkan nama Charlie dan kawan-kawan dipeta musik Indonesia.

Meski memproduseri band-band yang bisa dibilang jauh dari Metal, tapi Krisna Sadrach tidak bisa melepaskan diri dari dunia musik metal. Dia menjadi sosok dari dikenalnya festival musik metal terbesar se-Asia Tenggara Hammersonic. Festival musik metal yang selalu menghadirkan band-band metal dalam dan luar negeri ini sukses mendapat sambutan dari anak-anak metal di Indonesia bahkan luar negeri.

Namun hari ini sang vokalis dan producer ini meninggal di usia 50 tahun. Mungkin kita tidak bisa lagi melihat kiprah Krisna Sadrach di dunia musik Indonesia. Namun karya-karya dari Almarhum masih bisa kita nikmati. Pecinta musik metal mungkin hari ini turut berkabung dengan meninggalnya Krisna J Sadrach. Bahkan band-band metal melalui akun twitter nya juga mengucapkan turut berduka cita atas kepergian salah satu tokoh musik metal di Indonesia ini. Tercatat akun twitter band Noxa menuliskan kata-kata selamat jalan untuk Krisna Jotham Sadrach. Saya hanya bisa mengenang sosok almarhum melalui lagu-lagu yang pernah dinyanyikannya dulu bersama Sucker Head.


Komentar

  1. Hammersonic & Metalic Klinik warisan terbesar dari bang Krisna.
    Bendera Kuning buat Metal Indonesia..
    selamat jalan bang Krisna...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SGPP, Sekolah Tinggi tempat Para Pengambil Kebijakan Publik Belajar

Sekolah Tinggi Pemerintahan dan Kebijakan Publik namanya. Sekolah tinggi yang dikenal dengan nama SGPP ini mengajarkan bagaimana mengambil kebijakan publik yang dapat berpengaruh di semua sector baik itu secara nasional maupun internasional. Dengan program studi Kebijakan Publik, SGPP ingin menjadikan mahasiswanya tidak hanya bisa menerapkan kebijakan publik namun juga bisa menganalisa kebijakan publik yang konteksnya kebijakan Indonesia namun bisa diterapkan di banyak negara.  Kampus SGPP di Kawasan Sentul Bogor Memasuki halaman kampus ini terasa begitu sejuk. Semilir angin dan pemandangan rumah-rumah penduduk di Kawasan Bogor terlihat dari kampus yang terletak di dataran tinggi Kawasan Bogor ini. Sekilas, bila dilihat, bangunan gedung utama SGPP ini seperti bangunan-bangunan perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Begitu menginjakan kaki di bagian depan gedung, kenyamanan ruang perpustakaan begitu terasa. Ruang perpustakaan ini menyatu dengan teras yang biasa digunakan m

Mengunjungi Pabrik Pembuatan Kulkas Halal PT Sharp Electronics Indonesia

Kata siapa label halal hanya untuk produk-produk makanan dan kosmetik saja. Saat ini PT Sharp Indonesia melakukan terobosan dengan memberikan label halal pada produk lemari es atau kulkas keluaran terbarunya. Pabrik pembuatan PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang, Jawa Barat. Beruntung hari Rabu (9/5) kemarin saya mengunjungi pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang Barat, Jawa Barat, untuk melihat langsung proses pembuatan kulkas halal pertama di Indonesia di pabrik yang berdiri sejak tahun 2012 ini.   Sebelum melihat langsung proses pembuatan kulkas Sharp, saya dan teman-teman blogger lainnya dijamu oleh jajaran petinggi dan management PT Sharp Indonesia. Dalam kesempatan ini, Asisten Manajer Strategi Produksi PT Sharp Electronics Indonesia, Afka Adhitya, menjelaskan, alasan PT Sharp Electronics Indonesia mengeluarkan kulkas halal, tujuan utamanya Sharp adalah untuk memberikan rasa nyaman dan aman di tengah masyarakat akan sebuah produk baran

Wisata Kuliner di Pangkal Pinang, Wajib Mencoba Martabak Acau 89

Pulau Bangka di provinsi Bangka Belitung selama ini terkenal dengan objek wisata pantai. Pantai-pantai seperti Pantai Pasir Padi menjadi daerah tujuan wisata di Pangkal Pinang yang banyak dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik. Namun dibalik pesona pantainya yang indah, Pangkal Pinang juga memiliki pesona kuliner yang juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal dari daerah ini adalah martabak.  Martabak Acau yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Pangkal Pinang, Bangka Belitung Martabak selama ini identik dengan Pulau Bangka. Kuliner yang belakangan naik daun berkat variasi rasanya yang menggugah selera memang berasal dari provinsi dengan ibukota Pangkal Pinang ini. Nah Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangka tapi tidak mencoba wisata kuliner dengan berburu martabak bangka. Martabak Bangka memang menjadi makanan wajib yang harus dinikmati jika berkunjung ke daerah yang terkenal   kaya akan timah ini. Kita bakala