Langsung ke konten utama

Karena Gizi Anak Menjadi Faktor Penting, Maka Orang Tua Wajib Memperhatikan



Masalah kurang gizi pada anak memang selalu menjadi sorotan di Indonesia. Masih banyak kita temui anak-anak yang tinggal di daerah-daerah terpencil mengalami kekurangan gizi yang membuat kita semua prihatin. Saya sebagai orang tua yang memiliki seorang anak laki-laki yang berusia 14 bulan terkadang hanya bisa mengelus dada melihat nasib anak-anak yang masih mengalami kekurangan gizi.
Ibu Menteri Kesehatan Nila Moeloek memberikan sambutan
Memperhatikan gizi anak memang menjadi tanggung jawab setiap orang tua. Sebagai orang tua, sudah seharusnya kita memperhatikan bagaimana asupan makanan dan minuman yang memiliki gizi yang baik untuk anak. Sejak anak berusia enam bulan biasanya sudah belajar makan dan dari sini orang tua harus mulai memperhatikan gizi terhadap anaknya. Resiko yang ditanggung orang tua bila tidak memperhatikan gizi anak sedari awal bisa dibilang tidak main-main.  Mulai dari terserang penyakit hingga meninggal di usia muda menjadi taruhan yang harus dibayar orang tua bila anak tidak mendapatkan gizi yang baik.

Banyak kasus yang terjadi ketika anak tumbuh dewasa. Misalkan saja, ketika anak itu menginjak usia 30 tahun mereka sudah menderita diabetes. Hal ini tentu saja salah satunya disebabkan orang tua yang tidak memberikan makanan yang tidak memiliki gizi yang baik ketika mereka menjadi anak-anak. Gambaran ini saya dapatkan ketika mengikuti Dialog Nasional yang mengangkat tema Kurang Gizi Terselubung Menuai Generasi Hilang yang diadakan di Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Dalam dialog nasional ini, hadir Menteri Kesehatan, Dr Nila Moeloek, yang memberikan sambutan. Dalam sambutannya ibu menteri mengungkapkan, jika gizi anak haruslah menjadi perhatian kita semua sebagai orang tua. Ibu Menteri juga bercerita  kalau salah satu sumber gizi berasa dari ikan yang memiliki protein yang sangat tinggi.Saya setuju dengan pendapat ibu menteri. Anak saya pun sudah mulai diberi ikan sebagai menu makanannya sehari-hari. Saya berharap dengan mengkonsumsi ikan, anak saya paling tidak menikmati menu makanan bergizi di masa pertumbuhannya.  
ini beberapa gangguan pada balita yang kurang gizi
Sekedar informasi neh, ternyata  ikan juga memiliki banyak kandungan Omega 3 yang dapat membantu perkembangan otak pada anak. Mau tahu ikan apa yang memiliki nilai kandungan Omega 3 yang tinggi, ternyata ikan salmon, menjadi ikan yang memiliki nilai kandungan Omega 3 yang tinggi. Nah mulai sekarang, coba masukan ikan salmon menjadi salah satu menu untuk dikonsumsi anak ya.

Balik lagi ke dialog nasional, Salah satu pembicara dalam dialog nasional ini, Dr Rini Sekartini, menyoroti asupan nutrisi pada anak terutama di 2 tahun pertama dalam kehidupan anak. Bila nutrisi dan stimulasi berjalan tidak optimal dikhawatirkan akan berdampak pada tumbuh kembang dan perilaku anak. Sebagai orang tua, saya tentu saja tidak ingin anak saya tidak dapat maksimal dalam tumbuh kembangnya, untuk itu saya dan istri dari awal sudah concern terhadap makanan yang masuk kedalam tubuh anak.  Saya tidak mau saat nanti anak saya menginjak usia remaja dan dewasa menderita suatu penyakit akibat nutrisi yang saya dan istri berikan tidak memiliki gizi yang baik.

Tapi jangan salah juga, pemberian nutrisi ini kalo menurut saya harus pada takaran tertentu. Karena bila anak anda mengalami kelebihan nutrisi maka ditakutkan dapat menyebabkan anak menjadi obesitas. Obesitas ini tentu berbahaya terhadap kesehatan anak dan perkembangan anak juga menjadi tidak berjalan dengan baik. Anda tidak mau bukan anak jadi menderita obesitas karena asupan makanan yang anda berikan terlalu berlebihan. 
Oiya, faktor lingkungan juga sedikit banyak mempengaruhi gizi anak di masa pertumbuhannya. Ambil contoh misalnya ketika anak memasuki masa sekolah, biasanya anak mengkonsumsi makanan jajanan sekolah. Seperti yang kita ketahui bersama, jajanan sekolah belakangan juga disoroti karena tidak sehat dan mengandung bahan kimia yang berdampak buruk bagi kesehatan anak. Nah, saya dan kita sebagai orang tua juga tidak boleh lengah untuk memperhatikan jajanan sekolah yang dibeli anak. Memberikan informasi mengenai makanan yang sehat kepada anak juga memiliki peran penting agar anak tidak memilih makanan yang tidak sehat.  

Foto bersama seusai acara
Terakhir, Anak memang menjadi anugrah bagi semua orang tua. Sudah selayaknya anak mendapatkan asupan makanan yang baik dalam masa pertumbuhannya. Pemberian makanan yang bergizi tentu saja akan sangat berpengaruh pada saat anak beranjak dewasa. Selain tidak gampang sakit, pemberian makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik juga akan membantu perkembangan otak anak sehingga anak-anak kita nantinya akan tumbuh menjadi generasi yang cerdas.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SGPP, Sekolah Tinggi tempat Para Pengambil Kebijakan Publik Belajar

Sekolah Tinggi Pemerintahan dan Kebijakan Publik namanya. Sekolah tinggi yang dikenal dengan nama SGPP ini mengajarkan bagaimana mengambil kebijakan publik yang dapat berpengaruh di semua sector baik itu secara nasional maupun internasional. Dengan program studi Kebijakan Publik, SGPP ingin menjadikan mahasiswanya tidak hanya bisa menerapkan kebijakan publik namun juga bisa menganalisa kebijakan publik yang konteksnya kebijakan Indonesia namun bisa diterapkan di banyak negara.  Kampus SGPP di Kawasan Sentul Bogor Memasuki halaman kampus ini terasa begitu sejuk. Semilir angin dan pemandangan rumah-rumah penduduk di Kawasan Bogor terlihat dari kampus yang terletak di dataran tinggi Kawasan Bogor ini. Sekilas, bila dilihat, bangunan gedung utama SGPP ini seperti bangunan-bangunan perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Begitu menginjakan kaki di bagian depan gedung, kenyamanan ruang perpustakaan begitu terasa. Ruang perpustakaan ini menyatu dengan teras yang biasa digunakan m

Mengunjungi Pabrik Pembuatan Kulkas Halal PT Sharp Electronics Indonesia

Kata siapa label halal hanya untuk produk-produk makanan dan kosmetik saja. Saat ini PT Sharp Indonesia melakukan terobosan dengan memberikan label halal pada produk lemari es atau kulkas keluaran terbarunya. Pabrik pembuatan PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang, Jawa Barat. Beruntung hari Rabu (9/5) kemarin saya mengunjungi pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang Barat, Jawa Barat, untuk melihat langsung proses pembuatan kulkas halal pertama di Indonesia di pabrik yang berdiri sejak tahun 2012 ini.   Sebelum melihat langsung proses pembuatan kulkas Sharp, saya dan teman-teman blogger lainnya dijamu oleh jajaran petinggi dan management PT Sharp Indonesia. Dalam kesempatan ini, Asisten Manajer Strategi Produksi PT Sharp Electronics Indonesia, Afka Adhitya, menjelaskan, alasan PT Sharp Electronics Indonesia mengeluarkan kulkas halal, tujuan utamanya Sharp adalah untuk memberikan rasa nyaman dan aman di tengah masyarakat akan sebuah produk baran

Wisata Kuliner di Pangkal Pinang, Wajib Mencoba Martabak Acau 89

Pulau Bangka di provinsi Bangka Belitung selama ini terkenal dengan objek wisata pantai. Pantai-pantai seperti Pantai Pasir Padi menjadi daerah tujuan wisata di Pangkal Pinang yang banyak dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik. Namun dibalik pesona pantainya yang indah, Pangkal Pinang juga memiliki pesona kuliner yang juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal dari daerah ini adalah martabak.  Martabak Acau yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Pangkal Pinang, Bangka Belitung Martabak selama ini identik dengan Pulau Bangka. Kuliner yang belakangan naik daun berkat variasi rasanya yang menggugah selera memang berasal dari provinsi dengan ibukota Pangkal Pinang ini. Nah Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangka tapi tidak mencoba wisata kuliner dengan berburu martabak bangka. Martabak Bangka memang menjadi makanan wajib yang harus dinikmati jika berkunjung ke daerah yang terkenal   kaya akan timah ini. Kita bakala