Langsung ke konten utama

Uji Coba Penutupan Perlintasan Sebidang di Jalan Letjen Soeprapto Akan dimulai 1 Oktober 2016



Sebagai tindak lanjut dari surat Menteri Perhubungan kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya berencana akan melaksanakan ujicoba penutupan perlintasan Jalan Letnan Jenderal Soeprapto (JPL No.29 di Km 6 + 241). Rencananya ujicoba penutupan ini akan dilakukan mulai tanggal 1 Oktober hingga 31 Oktober 2016. 
Direktur Jenderal Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono saat jumpa pers penutupan perlintasan sebidang Jalan Letnan Jendral Soeprapto

Surat Menteri Perhubungan bernomor KA.101/2//3 PHB 2015 tanggal 15 Desember 2015 kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta tentang penanganan perlintasan tidak sebidang di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Sebelum melakukan penutupan perlintasan Jalan Letnan Jendral Soeprapto, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat selama satu bulan penuh mulai tanggal 1 September 2016 hingga 30 September 2016. 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono dalam jumpa pers di Gedung Majapahit Kementerian Perhubungan Jakarta, mengungkapkan, penutupan ini dilakukan guna meningkatkan keselamatan dan ketertiban demi kelancaran perjalanan kereta api. Undang-undang nomor 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 91 ayat 1 mengamanatkan perlintasan jalur kereta api dengan jalan harus dibuat tidak sebidang. Namun masih dimungkinkan dibuat sebidang dan bersifat sementara dengan pertimbangan letak geografis, tidak membahayakan, dan menggangu kelancaran operasi KA. Lalu lintas jalan serta pada jalur tunggal dengan frekuensi dan kecepatan kereta api rendah.  

Dari data Ditjen Perkeretaapian, frekuensi perjalanan kereta api pada perlintasan Pasar Senen saat ini sebanyak 17 KA/jam dengan rata-rata Headway 3,52 menit yang berlangsung pada jam sibuk (on peak). Dari frekuensi yang tinggi ini sudah seharusnya perlintasan sebidang ditutup. 

Sementara Priyatno dari Dinas Perhubungan Transportasi  DKI Jakarta mengungkapkan, penutupan perlintasan sebidang di Jalan Letnan Jendral Soeprapto ini akan banyak berpengaruh pada lalu lintas di wilayah sekitar Senen. “Kami akan mengatur rute jalur angkutan umum yang masuk ke Terminal Senen. Di Terminal Senen terdapat 9 trayek angkutan umum, dan yang akan terkena dampak dari penutupan sebidang ini adalah mikrolet 46 jurusan Senen Pulogadung. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Antony dari Polres Jakarta Pusat. Pihaknya akan mengatur lalu lintas dengan volume angkutan umum yang padat di sekitar Terminal Senen.”Kami akan coba mengurai lalu lintas dengan adanya penutupan sebidang ini agar tidak terjadi kepadatan di sekitar wilayah Terminal Senen.”  Ungkap Antony.
Direktur Jenderal Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono berharap dengan adanya penutupan perlintasan Jalan Letnan Jenderal Soeprapto ini masyarakat bisa merubah pola perjalanannya. “ Yang biasa melintasi wilayah Senen, mungkin bisa merubah perjalanannya dengan mengambil rute perjalanan lain” kata Prasetyo. 

Prasetyo juga berjanji bahwa Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sebisa mungkin akan meniadakan perlintasan sebidang dalam jalur kereta api. “ Kita ambil contoh  untuk pembangunan proyek kereta api Makassar Pare-Pare sudah tidak ada lagi perlintasan sebidang” ungkap Prasetyo.
   

Komentar

  1. Semoga rencananya berjalan sesuai dengan waktunya

    Salam www.travellingaddict.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga mas, terima kasih sudah mampir ke blog saya

      Salam

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SGPP, Sekolah Tinggi tempat Para Pengambil Kebijakan Publik Belajar

Sekolah Tinggi Pemerintahan dan Kebijakan Publik namanya. Sekolah tinggi yang dikenal dengan nama SGPP ini mengajarkan bagaimana mengambil kebijakan publik yang dapat berpengaruh di semua sector baik itu secara nasional maupun internasional. Dengan program studi Kebijakan Publik, SGPP ingin menjadikan mahasiswanya tidak hanya bisa menerapkan kebijakan publik namun juga bisa menganalisa kebijakan publik yang konteksnya kebijakan Indonesia namun bisa diterapkan di banyak negara.  Kampus SGPP di Kawasan Sentul Bogor Memasuki halaman kampus ini terasa begitu sejuk. Semilir angin dan pemandangan rumah-rumah penduduk di Kawasan Bogor terlihat dari kampus yang terletak di dataran tinggi Kawasan Bogor ini. Sekilas, bila dilihat, bangunan gedung utama SGPP ini seperti bangunan-bangunan perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Begitu menginjakan kaki di bagian depan gedung, kenyamanan ruang perpustakaan begitu terasa. Ruang perpustakaan ini menyatu dengan teras yang biasa digunakan m

Mengunjungi Pabrik Pembuatan Kulkas Halal PT Sharp Electronics Indonesia

Kata siapa label halal hanya untuk produk-produk makanan dan kosmetik saja. Saat ini PT Sharp Indonesia melakukan terobosan dengan memberikan label halal pada produk lemari es atau kulkas keluaran terbarunya. Pabrik pembuatan PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang, Jawa Barat. Beruntung hari Rabu (9/5) kemarin saya mengunjungi pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang Barat, Jawa Barat, untuk melihat langsung proses pembuatan kulkas halal pertama di Indonesia di pabrik yang berdiri sejak tahun 2012 ini.   Sebelum melihat langsung proses pembuatan kulkas Sharp, saya dan teman-teman blogger lainnya dijamu oleh jajaran petinggi dan management PT Sharp Indonesia. Dalam kesempatan ini, Asisten Manajer Strategi Produksi PT Sharp Electronics Indonesia, Afka Adhitya, menjelaskan, alasan PT Sharp Electronics Indonesia mengeluarkan kulkas halal, tujuan utamanya Sharp adalah untuk memberikan rasa nyaman dan aman di tengah masyarakat akan sebuah produk baran

Wisata Kuliner di Pangkal Pinang, Wajib Mencoba Martabak Acau 89

Pulau Bangka di provinsi Bangka Belitung selama ini terkenal dengan objek wisata pantai. Pantai-pantai seperti Pantai Pasir Padi menjadi daerah tujuan wisata di Pangkal Pinang yang banyak dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik. Namun dibalik pesona pantainya yang indah, Pangkal Pinang juga memiliki pesona kuliner yang juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal dari daerah ini adalah martabak.  Martabak Acau yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Pangkal Pinang, Bangka Belitung Martabak selama ini identik dengan Pulau Bangka. Kuliner yang belakangan naik daun berkat variasi rasanya yang menggugah selera memang berasal dari provinsi dengan ibukota Pangkal Pinang ini. Nah Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangka tapi tidak mencoba wisata kuliner dengan berburu martabak bangka. Martabak Bangka memang menjadi makanan wajib yang harus dinikmati jika berkunjung ke daerah yang terkenal   kaya akan timah ini. Kita bakala