Langsung ke konten utama

Palembang Bersolek Menyambut Internasional Musi Triboatton 2016



Palembang selalu memiliki daya tarik tersendiri buat saya. Jembatan ampera yang melintang gagah di atas Sungai Musi, hingga empe-empe yang terkenal kelezatannya selalu menjadi daya tarik untuk saya dari ibukota provinsi Sumatera Selatan ini. Selain itu, satu yang suka dari kota yang terkenal dengan kuliner empe-empe ini adalah event-event budaya dan pariwisata yang sudah dikenal baik nasional maupun internasional seperti Festival Sriwijaya salah satunya. Nah, untuk bulan Mei ini, Palembang juga akan menggelar satu event olahraga akbar yakni Internasional Musi Triboatton (IMT) yang tidak kalah menariknya dengan Festival Sriwijaya.
Internasional Musi Triboatton akan kembali digelar pada 11 Mei - 15 Mei 2016
Bagi yang belum tahu apa itu International Musi Triboatton (IMT), saya akan menjelaskan event ini di tulisan ini. IMT merupakan kegiatan tahunan olahraga dayung meliputi rafting, kano dan dragonboat  yang diselenggarakan dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata Sumatera Selatan. Oia, IMT ini juga digelar dalam rangka memperkenalkan Sungai Musi sebagai destinasi wisata minat khusus melalui kegiatan sport tourism bertaraf internasional (keren, event ini sudah berskala internasional loh). Untuk tahun ini IMT akan digelar pada tanggal 11 – 15 Mei 2016. IMT akan berlangsung sebanyak 5 etape dan menjadikan empat kabupaten dan satu kota menjadi tuan rumah.
Internasional Musi Triboatton akan melintasa destinasi wisata Sungai Musi
Mau tahu mana saja empat kabupaten dan satu kota yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan IMT tahun ini ? Empat kabupaten tersebut adalah Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Banyuasin, dan Kabupaten Empat Lawang. Sementara untuk kota yakni Kota Palembang.

Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang dipilih untuk menjadi titik awal kegiatan. Kegiatan kemudian dilanjutkan ke Desa Ulak Mengkudu, Lapangan SDN 14 Empat Lawang akan dipilih menjadi lokasi estafet peserta dengan untuk lokasi finish akan dilakukan di Jembatan Kuning, Tebing Tinggi. Itulah titik-titik lokasi yang akan dilintasi para peserta IMT untuk etape pertama.
Keindahan Darmaga Pangumbuk yang akan menjadi titik awal dari etape keempat

Nah untuk etape kedua, lokasi yang dipilih untuk pelaksanaan IMT adalah Desa Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas. Sementara untuk Etape ketiga dilaksanakan di Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin. Untuk etape keempat akan dimulai di Dermaga Pangumbuk, Kabupaten Banyuasin. Oia, Dermaga Pangumbuk memiliki pemandangan yang keren loh, dengan arus yang tenang, dermaga ini menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan yang tinggal di sekitar dermaga. Pemandangan sunset di dermaga ini menjadi sajian indah di sini. Etape terakhir atau  etape kelima yang akan menjadi titik akhir para peserta akan mengayuh perahu menuju Kota Palembang tepatnya di Kecamatan 10 Ulu, Kota Palembang.
Internasional Musi Triboatton akan melintasi perairan sepanjang Provinsi Sumatera Selatan


Keseluruhan jarak yang akan ditempuh oleh seluruh peserta IMT ini sekitar 500 KM. Ehm.. rute yang sangat jauh dan seru pastinya mengayuh melewati empat kabupaten dan satu kota di Provinsi Sumatera Selatan ini. Oia untuk perahu yang akan digunakan para peserta IMT ini ada tiga jenis yakni perahu kano, perahu naga, dan perahu karet. Kebayang kan serunya event tahunan yang rutin digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumatera Selatan ini. 

Saya membayangkan betapa serunya event International Musi Triboatton. Para peserta dapat melalui daerah-daerah di empat kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.  Lomba ini juga akan membelah sungai Musi dan perairan yang ada di Sumatera Selatan dengan sajian pemandangan yang indah tentunya. Tidak salah jika Menteri Pariwisata, Bapak Arief Yahya menjadikan Sungai Musi sebagai ikon sport tourism.  Palembang dan Musi Triboatton menurut Bapak Arief Yahya dapat dijadikan model untuk sport Tourism di Indonesia.

Nah untuk yang sudah tidak sabar untuk menyaksikan event bergengsi di Provinsi Sumatera Selatan ini, jangan lupa kunjungi Palembang pada tanggal 11 Mei 2016 mendatang. Anda akan menjadi saksi dari ajang berkelas internasional yang akan digelar di sungai terpanjang di Indonesia ini.

Foto-foto : twitter @pesonasriwijaya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SGPP, Sekolah Tinggi tempat Para Pengambil Kebijakan Publik Belajar

Sekolah Tinggi Pemerintahan dan Kebijakan Publik namanya. Sekolah tinggi yang dikenal dengan nama SGPP ini mengajarkan bagaimana mengambil kebijakan publik yang dapat berpengaruh di semua sector baik itu secara nasional maupun internasional. Dengan program studi Kebijakan Publik, SGPP ingin menjadikan mahasiswanya tidak hanya bisa menerapkan kebijakan publik namun juga bisa menganalisa kebijakan publik yang konteksnya kebijakan Indonesia namun bisa diterapkan di banyak negara.  Kampus SGPP di Kawasan Sentul Bogor Memasuki halaman kampus ini terasa begitu sejuk. Semilir angin dan pemandangan rumah-rumah penduduk di Kawasan Bogor terlihat dari kampus yang terletak di dataran tinggi Kawasan Bogor ini. Sekilas, bila dilihat, bangunan gedung utama SGPP ini seperti bangunan-bangunan perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Begitu menginjakan kaki di bagian depan gedung, kenyamanan ruang perpustakaan begitu terasa. Ruang perpustakaan ini menyatu dengan teras yang biasa digunakan m

Mengunjungi Pabrik Pembuatan Kulkas Halal PT Sharp Electronics Indonesia

Kata siapa label halal hanya untuk produk-produk makanan dan kosmetik saja. Saat ini PT Sharp Indonesia melakukan terobosan dengan memberikan label halal pada produk lemari es atau kulkas keluaran terbarunya. Pabrik pembuatan PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang, Jawa Barat. Beruntung hari Rabu (9/5) kemarin saya mengunjungi pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang Barat, Jawa Barat, untuk melihat langsung proses pembuatan kulkas halal pertama di Indonesia di pabrik yang berdiri sejak tahun 2012 ini.   Sebelum melihat langsung proses pembuatan kulkas Sharp, saya dan teman-teman blogger lainnya dijamu oleh jajaran petinggi dan management PT Sharp Indonesia. Dalam kesempatan ini, Asisten Manajer Strategi Produksi PT Sharp Electronics Indonesia, Afka Adhitya, menjelaskan, alasan PT Sharp Electronics Indonesia mengeluarkan kulkas halal, tujuan utamanya Sharp adalah untuk memberikan rasa nyaman dan aman di tengah masyarakat akan sebuah produk baran

Wisata Kuliner di Pangkal Pinang, Wajib Mencoba Martabak Acau 89

Pulau Bangka di provinsi Bangka Belitung selama ini terkenal dengan objek wisata pantai. Pantai-pantai seperti Pantai Pasir Padi menjadi daerah tujuan wisata di Pangkal Pinang yang banyak dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik. Namun dibalik pesona pantainya yang indah, Pangkal Pinang juga memiliki pesona kuliner yang juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal dari daerah ini adalah martabak.  Martabak Acau yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Pangkal Pinang, Bangka Belitung Martabak selama ini identik dengan Pulau Bangka. Kuliner yang belakangan naik daun berkat variasi rasanya yang menggugah selera memang berasal dari provinsi dengan ibukota Pangkal Pinang ini. Nah Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangka tapi tidak mencoba wisata kuliner dengan berburu martabak bangka. Martabak Bangka memang menjadi makanan wajib yang harus dinikmati jika berkunjung ke daerah yang terkenal   kaya akan timah ini. Kita bakala