Ketika Setetes Darah Sangat Berarti Bagi Kehidupan Mereka yang Membutuhkan



Teteskan Darah Kini Untuk Mereka yang Membutuhkan Nanti

Quote ini mungkin menjadi pernyataan yang sangat pas untuk menggambarkan betapa mendonorkan darah menjadi bagian dari prinsip kemanusiaan. Setiap tetes darah yang kita donorkan akan selalu berarti buat seseorang di sana yang membutuhkan. Karena darah kita bisa menjadi penyambung hidup bagi orang tersebut. Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai lembaga kemanusiaan memiliki tugas mulia untuk melakukan kegiatan donor darah dan mendistribusikan kepada mereka yang membutuhkan.
Palang Merah Indonesia lembaga kemanusiaan yang memiliki tugas mulia (foto : dokumen PMI)
Sebelum membicarakan lebih jauh mengenai donor darah, kita harus tahu dulu apa sih manfaat donor darah buat tubuh kita. Donor darah ternyata memiliki manfaat menurunkan kadar zat besi teroksidasi sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, donor darah juga dapat menurunkan resiko penyakit kanker. Buat yang mau menurunkan berat badan, donor darah ternyata bisa membakar 650 kalori loh. Tuh banyak manfaatnya kan dari donor darah yang kita lakukan. 

Nah kalo udah tahu manfaat donor darah, ternyata dalam melakukan donor darah kita tidak bisa sembarangan.  Seorang yang ingin mendonorkan darah paling tidak harus memiliki berat 45 Kg dan sudah berumur minimal 17 dan maksimal 60 atau 65 tahun. Selain itu, minimal level of haemoglobin 12.5 g /dl. Oia, sebelum melakukan donor darah, kita juga harus melakukan pemeriksaan dokter loh. Jadi kita tidak bisa ujug-ujug donor darah, karena semuanya harus melewati pemeriksaan dokter terlebih dahulu. 
Sosialisasi Donor Darah oleh PMI DKI Jakarta di Bumbu Desa Cikini yang dihadiri blogger
Kenapa tiba-tiba saya begitu fasih membicarakan mengenai donor darah. Ini dia jawabannya, Sabtu, (5/11) kemarin, saya mengikuti sosialisasi donor darah yang dilakukan PMI bersama teman-teman Tau Dari Blogger (TDB) dan mitra PMI lainnya di Restoran Bumbu Desa, Kawasan Cikini, Jakarta. Hadir sebagai pembicara yakni dokter dari PMI, dr Prealita M Biomed. Dalam sosialisasi ini dibahas mengenai semua informasi mengenai donor darah mulai dari seleksi donor hingga tata cara mengadakan acara donor darah.

Lanjut lagi ya, lalu bagaimana syarat untuk menjaga keselamatan pasien. Nah ini dia yang juga tidak kalah pentingnya untuk kita ketahui. dr Prealita M Biomed  mengungkapkan syarat-syarat itu antara lain, donor tidak berprilaku beresiko, tidak pecandu narkotika dan alcohol, tidak bertato, tidak menderita penyakit kulit di sekitar tusukan lengan, tidak diare, dan tidak terkena penyakit  infeksi yang ditularkan melalui darah.

Selain itu, syarat untuk menjaga keselamatan pasien menurut dr Prealita M Biomed adalah, tidak mendapat transfusi selama 6 bulan terakhir, tidak mendapat imunisasi virus yang dilemahkan dalam 2 minggu terakhir dan tidak memakan aspirin 3 hari terakhir.
Buat kita yang mau melakukan donor, biasanya bertanya-tanya seberapa banyak sih darah yang kita donorkan itu. Nah dalam sosialisasi donor darah ini, dr Prealita M Biomed menjelaskan jika kita memiliki berat badan 45 Kg maka darah yang bisa kita donorkan 250 ml dengan maksimal pengambilan darah 450 ml. Untuk kita yang memiliki berat badan 50 Kg, maka darah yang bisa kita donorkan 350 ml dengan maksimal pengambilan darah 500 ml. Sementara untuk kita yang memiliki berat badan 55 Kg, maka darah yang bisa kita donorkan 450 ml dengan maksimal pengambilan darah 550 ml. 
Dalam sosialisasi ini dibahas mengenai donor darah mulai dari syarat hingga tata cara mengadakan acara donor darah
Terus kalau kita sudah melakukan donor darah, darah kita akan didistribusikan kemana aja ya. Pendistribusian darah menurut dr Prealita M Biomed dilakukan  PMI DKI Jakarta ke rumah sakit-rumah sakit yang ada di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya. PMI DKI Jakarta melayani 205 rumah sakit yang tersebar di seluruh Jakarta. Sementara untuk wilayah diluar DKI Jakarta, PMI DKI Jakarta melayani 244 rumah sakit. Untuk setiap harinya, PMI DKI Jakarta melayani kebutuhan darah di rumah sakit-rumah sakit perharinya sekitar 800 – 1000 kantong darah.

Untuk kita yang membutuhkan darah, PMI memiliki prosedur agar permintaan darah kita dapat segera dilayani. dr Prealita M Biomed menjelaskan ada beberapa prosedur yang harus dipenuhi yakni, pertama, membawa formulir permintaan darah dari rumah sakit yang sudah dicap ataupun distempel. Kedua, membawa contoh darah yang dimasukan ke dalam tabung EDTA. 

Oia, dr Prealita M Biomed  dalam acara sosialisasi donor darah juga memberikan informasi mengenai bagaimana tata cara kalau kita mau mengadakan acara donor darah. Dr Prealita memberikan infonya buat yang hadir dalam acara sosialisasi ini. Pertama, minimal calon donor darah ada 75 orang. Selanjutnya, acara donor darah harus dilakukan didalam ruangan dan kalau bisa ber-AC karena donor darah harus steril agar darah tidak terkena bakteri dari luar. Oia yang tidak kalah pentingnya, panitia donor darah harus mengajukan proposal acara ke UDD / UTD. Pengajuan proposal juga tidak boleh mendadak ya karena PMI juga butuh persiapan, minimal 1 bulan sebelum acara.

Komentar

Postingan Populer