Langsung ke konten utama

Pengalaman Seru dan Menyenangkan Meliput Mukernas PKB





Jumat kemarin saya mendapat undangan untuk meliput jalannya Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta. Meliput kegiatan salah satu partai besar di Indonesia ini tentu menjadi pengalaman baru buat saya dan saya belum pernah merasakan bagaimana atmosfer sebuah Mukernas sebelumnya. Dengan penuh rasa penasaran, akhirnya saya melangkahkan kaki menuju JCC untuk menjadi saksi jalannya Mukernas dari partai yang diketuai oleh Muhaimin Iskandar ini.

Spanduk Cak Imin terlihat di pintu masuk JCC Tepatnya di jalan Gatot Subroto



Suasana di arena Mukernas di JCC yang menjadi tempat digelarnya Mukernas PKB


Begitu menginjakan kaki di JCC, nuansa hijau begitu mendominasi arena Mukernas. Seluruh kader PKB dari seluruh Indonesia terlihat bangga mengenakan jas kebanggaannya yang berwarna hijau. Setelah mendapatkan ID Card liputan, akhirnya saya memasuki ruang Plenary Hall yang menjadi ruang berkumpulnya para peserta Mukernas. Saya kembali disajikan pemandangan yang kurang lebih sama dengan pemandangan diluar. Ruangan yang penuh nuansa hijau PKB terlihat mendominasi ruangan. Spanduk dan banner bergambar Cak Imin (Panggilan akrab Muhaimin Iskandar) terlihat di kanan dan kiri ruangan.

Suasana didalam ruang Plenary Hall tempat digelarnya Mukernas yang didominasi warna kebesaran PKB hijau


Pemandangan menarik di Mukernas PKB, kader-kader PKB selfie di ajang Mukernas


Foto dengan sosok 'Cak Imin' juga tidak dilewatkan oleh para kader-kader PKB


Suasana penuh keakraban dan kehangatan terlihat dari para peserta Mukernas. Canda tawa sesekali terlihat diantara para peserta yang berkumpul. Tidak hanya itu, beberapa peserta juga memanfaatkan ajang Mukernas ini sebagai ajang untuk eksis dengan mengabadikan momen-momen mereka berada di area Mukernas. Selfie dengan kamera pribadi menjadi pemandangan menarik dari para anggota partai yang mungkin sehari-harinya mereka terlihat serius ketika bekerja menjadi anggota partai politik. Ada satu yang lucu yakni ketika banner berbentuk sang ketua umum Cak Imin menjadi sasaran para kader PKB untuk berfoto disamping sosok ‘Cak Imin’. Mungkin dalam hati mereka, Saat Mukernas sang ketua umum pasti sibuk dan tidak sempat melayani keinginan untuk foto bareng dan akhirnya banner berbentuk Cak Imin pun laris menjadi sasaran selfie para kader ini.

Cak Imin dengan penuh senyuman menjawab seluruh pertanyaan para jurnalis seputar Mukernas PKB


Menjelang sore, sosok Sang Ketua Umum pun terlihat diajang Mukernas, kehadirannya tentu saja menjadi magnet bagi para jurnalis untuk memburu pendapatnya mengenai Mukernas ini dan tentu saja seputar isu-isu yang akan dibahas di musyawarah kerja ini. Sambil terus berjalan, akhirnya Cak Imin memasuki ruang Konfrensi Pers tempat para jurnalis meliput jalannya Mukernas. Dengan wajah penuh ketenangan dan sesekali senyuman terlihat dari wajahnya, Cak Imin menjawab satu persatu pertanyaan dari para jurnalis. Semua jurnalis mendapatkan giliran dari Cak Imin untuk bertanya mengenai isu-isu yang berkembang di Indonesia belakangan ini. Setelah menjawab semua pertanyaan para jurnalis Cak Imin kemudian bergegas masuk menuju ruang sidang.

Pak Menteri Tenaga Kerja yang juga kader PKB Hanif Dhakari menjadi sasaran foto bersama kader-kader PKB


Sementara di area Mukernas juga terlihat sosok-sosok yang begitu dikenal oleh public. Salah satunya Krisna Mukti, sosok selebritis yang kini menjadi anggota DPR dari PKB ini terlihat berseliweran di arena sidang. Sesekali beberapa kader menyapanya dan mengajak untuk selfie. Tidak hanya Krisna Mukti saja yang menjadi sasaran untuk foto bersama, Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri yang merupakan sosok menteri dari PKB juga menjadi sasaran kader-kader PKB untuk ber-selfie ria. Sang menteri pun dengan ramah melayani setiap keinginan dari para kader untuk berfoto bersama dan jadilah mereka bergantian mengeluarkan smartphonya untuk mengabadikan momen berharga ini.

Menjelang diresmikannya Mukernas PKB para peserta Mukernas harus antri melewati Metal Detector dan pengamanan dari Paspampres istana


Menjelang malam seluruh peserta memasuki arena Mukernas. Sebelum memasuki arena Mukernas yang akan dibuka oleh Presiden Jokowi, seluruh peserta dibagikan bendera merah putih yang akan dikibar-kibarkan saat acara berlangsung. Saya pun memasuki arena Mukernas dan melihat langsung ruangan Plenary Hall sudah dipenuhi ribuan kader PKB dari seluruh Indonesia. Mereka memadati kursi-kursi bagian bawah dan juga di balkon atas dan sangat antusias menanti dibukanya Mukernas oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Seluruh kader menyanyikan lagu Mars PKB dengan penuh semangat sambil melambai-lambaikan bendera merah putih


Acara malam itu dibuka oleh penyanyi Reza Herlambang yang menyanyi beberapa lagu untuk menghibur seluruh kader yang memadati area Mukernas. Kemudian muncul dua sosok pembawa acara Tomi Kurniawan dan Anya Dwinov yang memandu acara pembukaan Mukernas ini. Tidak lama kemudian muncul sosok yang telah ditunggu-tunggu, sang presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla pun memasuki arena Mukernas. Dengan memakai batik berwarna cokelat, Presiden RI ini terlihat menyalami para undangan yang sudah hadir di dalam arena Mukernas.

Cak Imin yang memberikan sambutan di depan para kader PKB dan juga para undangan termasuk Presiden Jokowi
Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia Ida Fauziah dan dilanjutkan dengan tarian tradisional Jawa serta menyanyikan lagu mars PKB. Saat menyanyikan Mars PKB seluruh kader berdiri sambil menggoyang-goyangkan bendera merah putih di tangan bernyanyi dengan penuh semangat. Seisi arena Mukernas pun terlihat bergemuruh dengan suara-suara dari seluruh kader yang bernyanyi lagu Mars PKB.

Setelah menyanyikan lagu Mars PKB, Cak Imin kemudian naik ke atas panggung untuk memberikan sambutan kepada para undangan yang hadir. Dalam kesempatan itu Cak Imin menyapa satu- persatu para undangan yang hadir dalam Mukernas. Mulai dari Pak Jokowi, Pak Jusuf Kalla, hingga ke Teten Masduki semuanya disapa dengan penuh keramahan oleh Cak Imin dari atas panggung. Terlihat Cak Imin memang sudah akrab dan bersahabat dengan tokoh-tokoh politik dari parta-partai yang ada di Indonesia.

Presiden Jokowi pun didaulat untuk memberikan sambutan setelah Cak Imin selesai memberikan sambutan. Presiden Jokowi sempat melempar candaan kepada para hadirin dengan mengucapkan kata-kata “Saya bingung sebenarnya ini mau ngomong apa, karena semuanya sudah disampaikan oleh Cak Imin” ungkap Jokowi sambil tertawa. Hal ini disambut dengan tawa seluruh hadirin yang hadir dalam pembukaan Mukernas PKB Jumat malam itu.

Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam Mukernas PKB


Pemukulan beduk oleh Presiden Jokowi menjadi penanda dibukanya Mukernas PKB
Setelah menyampaikan isu-isu yang sedang hangat di tanah air, akhirnya Presiden Jokowi pun resmi membuka Muktamar PKB dengan ditandai pemukulan beduk di atas panggung. Didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Cak Imin sang ketua umum PKB akhirnya Muktamar PKB pun resmi dibuka.

Tiga blogger yang mendapatkan undangan meliput Mukernas PKB


Selamat menggelar Mukernas untuk PKB selama dua hari ini semoga Mukernas yang digelar ini dapat menghasilkan rumusan-rumusan serta ide-ide jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia. Terima kasih sudah mengizinkan saya dan dua teman blogger untuk meliput momen akbar dari digelarnya Mukernas ini.




Akhir kata, saya mengucapkan selamat menggelar Mukernas buat PKB semoga sukses dan lancar acaranya ya..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencicipi Sajian Makanan Kereta Api Milik PT Reska Multi Usaha

Kisah Ajeb-Ajeb Anak Cipayung Part 1 : Dugem oh Dugem......

Ini dia neh kejadian paling hot yang pernah gua tulis. (bayangin, gua nulisnya aje sampe buka baju segala he..he..). ini kisah tentang ajeb-ajeb cuy (karena musiknya bukan dangdut jadi ajeb-ajeb, coba kalo musiknya dangdut pasti bunyinya adut..adut..adut..adut.. jangan sambil joget ya bacanya he..he..) di suatu Pantai Indah yang banyak kapuknya (makanya tempat itu dikasih nama Pantai Indah Kapuk he..he.. walaupun sebenernya gua bingung, pantai yang berkapuknya sebelah mana ya he..he..).

Awalnya disuatu siang pas gua lagi browsing gambar-gambar vulgar dan sedikit cabul untuk web tempat gua bekerja (nama webnya www.langitberita.com, terus klik aja rubrik lifestyle nah entar keluar tuh berita-berita yang gambarnya bikin mata melek terus he..he..). Tiba-tiba ada pesen dari Mr Momot yang isinya gua ngeliput acara dugem di PIK, nama acaranya RnB Parade (wah gua langsung ngayal, rave party di waterboom pasti banyak cewe-cewe seksinya. Udah gitu pasti mereka pada pake pakaian renang, seru neh…

Selamat Jalan Miten…

Kaget sekaligus sedikit engga nyangka ketika siang ini gua mendengar kabar meninggalnya mantan gitarisnya Netral Miten di timeline di twitter gua. Sejenak pikiran gua menerawang pada sosok gitaris gondrong dan pendiam namun permainan gitarnya cukup membuat anak-anak yang melewati masa 90-an  mengenal sosok gitaris yang mungkin salah satu yang terbaik di tahun-tahun itu .
 Iya, dari account twitternya Brutal Band, pertama kali gua ngebaca kabar duka ini dan tidak lama Musisi-musisi  90-an  seperti Ari Lasso juga mengucapkan belasungkawa untuk Miten. Iya, sebagai seorang yang pernah melewati masa 90-an dengan musik-musik yang masih berkualitas , gua emang mengaggumi musisi-musisi di era itu. (Gua dulu sangat hafal siapa aja personil-personil band 90-an karena gua emang hobi koleksi kaset dan setiap beli kaset gua pasti baca tulisan ucapan terima kasih setiap musisi yang ada di covernya, termasuk Miten salah satunya  ).


Miten bersama netral memang cukup fenomenal di tahun 90-an. Saat ba…