Senin, 15 Februari 2016

Menikmati Gerhana Matahari Total di Negeri Laskar Pelangi



Nama Pulau Belitung belakangan mendadak menjadi pembicaraan di kalangan dunia traveller. Pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya ini pada 9 Maret 2016 nanti akan dilintasi Gerhana Matahari Total. Setidaknya Gerhana Matahari Total akan melewati dua kawasan di Pulau Belitung yakni di Manggar dan Tanjung Pandan. Gerhana Matahari di Pulau Belitung diperkirakan akan mengalami puncak pada sekitar pukul 07.23 WIB dan akan berakhir pada sekitar pukuk 08.35 WIB.

Bayangan menyaksikan fenomena  gerhana matahari total dari kampung halaman saya tentunya sangat menyenangkan apalagi Gerhana Matahari Total ini bisa dilihat di beberapa titik pantai yang ada di Belitung. Tentu saja ini akan menjadi pengalaman yang  tidak terlupakan buat saya dan tentu buat siapa saja yang datang ke Belitung pada 9 Maret Mendatang. Kabar Gerhana Matahari Total ini tentu saja sudah menyebar ke kalangan para traveller. Mereka tentunya sudah menyiapkan waktu dari jauh-jauh hari untuk bisa melihat langsung fenomena alam yang terjadi 33 tahun sekali ini. Spot-spot indah yang tersaji di pulau penghasil tambang timah ini tentu menjadi incaran para wisatawan yang haus akan keindahan alam Indonesia. Destinasi wisata seperti pantai, museum, dan danau dengan pemandangan yang menakjubkan siap menyambut para wisatawan yang datang ke sini.

Kampung Halaman saya Pulau Belitung yang dijuluki  Negeri Laskar Pelangi selama ini memang dikenal memiliki pantai-pantai yang indah.  Negeri asal Gubernur DKI Jakarta, Ahok, ini memiliki pantai yang tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Bali. Pantai-pantai dengan pemandangan indah  seperti Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, dan Pantai Tanjung Pendam yang lokasinya berada di tengah kota Tanjung Pandan menjadi beberapa pantai yang memiliki pemandangan indah di Pulau Belitung. Pulau-pulau yang letaknya di sekitar perairan Belitung seperti Pulau Burung dan Pulau Lengkuas yang terkenal memiliki mercusuar juga tidak kalah indahnya.
Pemandangan Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi daya tarik dari Pulau Belitung

Pulau Belitung mulai terangkat namanya sejak film Laskar Pelangi mendapat perhatian masyarakat luas di Indonesia. Film yang bercerita tentang persahabatan 10 anak asli Belitung ini juga mengambil visualisasi keindahan Pantai Tanjung Tinggi. Pantai yang memiliki dekorasi cantik berupa batu-batu granit yang berada di sekeliling pantai ini. Air laut yang jernih serta ombaknya yang tenang menjadikan Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan domestik dan asing yang berkunjung ke Belitung.



Pemandangan sunset yang indah juga tersaji di Pantai Tanjung Tinggi menjelang senja tiba.  Menaiki batu granit dan duduk sambil memandang matahari tenggelam di ufuk timur menjadi hal pengalaman yang mungkin tidak terlupakan. Selain itu, mengabadikan setiap momen-momen indah di pantai ini dengan kamera akan menjadi kenangan manis menghabiskan waktu di Belitung. Berbagai spot seperti batu granit hingga latar belakang sunset sangat menakjubkan sangat sayang untuk dilewatkan.
 
Pulau Belitung menjadi salah satu daerah yang dilewati oleh Gerhana Matahari Total pada 9 Maret mendatang
Selain terkenal dengan pantai-pantai yang indah, Belitung juga terkenal dengan masyarakat yang gemar minum kopi.  Kita dapat melihat pemandangan warung-warung kopi yang berada di pinggir-pinggir jalan mulai dari di tengah kota Tanjung Pandan hingga ke Manggar di kawasan Belitung Timur. Kita akan melihat masyarakat Belitung memenuhi kedai-kedai kopi di pinggir jalan ditemani secangkir kopi. Mereka biasanya menghabiskan waktu dengan minum kopi sambil ngobrol-ngobrol dengan orang-orang yang datang ke warung kopi.  Keramahan dan kehangatan khas masyarakat Belitung bisa terlihat saat kita juga ikut singgah sejenak untuk sekedar menyeruput kopi khas Belitung. 

Nah kebayang kan betapa menyenangkannya mengunjungi Pulau Belitung untuk menyaksikan langsung fenomena alam berupa gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang.  Satu yang pasti, Selain menyaksikan Gerhana Matahari Total, wisatawan yang datang juga bisa menikmati panorama indahnya pantai-pantai di Negeri Laskar Pelangi sambil mencoba menikmati sajian kopi khas Belitung dan bersantai di kedai-kedai kopi yang banyak ditemukan di sekitar Kota Tanjung Pandan.

foto : indonesiakaya.com & blogdetik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar