Rabu, 04 Oktober 2017

Peringati Hari Batik Nasional, PT Sarinah Gelar Vertical Catwalk



Minggu pagi (1/10) kemarin ada pemandangan yang tidak biasa di halaman depan Gedung Sarinah di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Tiba-tiba pagi itu mata orang tertuju pada bagian atas Gedung Sarinah dan melihat pemandangan sepasang model sedang berlenggak-lenggok turun dari atas Gedung Sarinah yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter. 
Aksi Vertical Catwalk yang dilakukan dari atas Gedung Sarinah Thamrin
Aksi yang diberi nama Vertical Catwalk ini menjadi sajian menarik dari gelaran Pesta Batik Indonesia yang diadakan oleh PT Sarinah (Persero) dalam rangka menyambut hari batik nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober. Para model menuruni gedung sarinah dengan bantuan tali yang diikat di bagian pinggang mereka. Satu persatu model beraksi membawakan busana batik khas Indonesia salah satunya batik Danar Hadi.
Ogoh-ogoh raksasa pengantin sunda yang menarik perhatian penonton
Saya sendiri terkagum-kagum melihat aksi heroik dan berani dari anak-anak Mapala kampus yang ada di Jakarta. Mereka merentangkan tangan sambil menggoyangkannya ke kanan dan ke kiri mengikuti irama musik yang terpasang kencang dari halaman Gedung Sarinah. Aksi ini menjadi yang pertama dilakukan di Indonesia dimana model memperagakan batik dari atas gedung dengan ketinggian 80 meter.

Selain Vertical Catwalk,pagi itu saya juga disajikan pemandangan parade batik nasional yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Parade dengan iring-iringan yang melibatkan ratusan peserta ini menampilkan berbagai peserta seperti marching band Gita Teladan, ada juga peserta dari Purwakarta dengan Danglang Kisunda  dan satu peserta yang menarik perhatian saya adalah ogoh-ogoh raksasa pengantin sunda yang menarik perhatian dari ratusan pengunjung yang memadati halaman depan Gedung Sarinah.
Direktur Utama Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa
Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa yang saya temui seusai acara mengungkapkan PT Sarinah (Persero) mengadakan pesta batik Indonesia ini dalam rangka menyambut hari batik nasional. Kami mengadakan rangkaian acara yang bertemakan batik mulai dari parade batik sampai Vertical Catwalk dengan para model memperagakan batik dari berbagai daerah di Indonesia dengan menuruni Gedung Sarinah. “Ini baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia loh” ujar Gusti Ngurah dengan bangga. 
Bapak SBY dan Ibu Ani yang hadir dalam acara Pesta Batik Indonesia persembahan PT Sarinah
Oia dalam acara ini juga hadir beberapa tokoh nasional loh diantaranya ada mantan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono beserta ibu Ani Yudhoyono. Hadir juga ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Ginanjar Kartasasmita dan Ketua Yayasan Batik Indonesia ibu Yutin Ginanjar Kartasasmita. Acara Pesta Batik Indonesia juga semakin semarak dengan hadirnya hiburan dari Keroncong Tugu yang membawakan lagu-lagu khas Betawi dengan irama keroncong yang mengalun merdu.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar