Serunya Menyaksikan Festival Permainan Tradisional Astra di KBA Ciganjur



“Saya Anak Indonesia Siap” teriakan dari anak-anak yang mengikuti Festival Permainan Tradisonal Astra di Kampung Berseri Astra (KBA) Ciganjur menyambut kedatangan saya siang itu. Keceriaan terlihat dari wajah-wajah anak yang siang itu sedang bersiap mengikuti babak final  dari beberapa permainan seperti jalan balok dan enggrang. Siang itu KBA Ciganjur memang terlihat lebih semarak dari biasanya dengan kehadiran 13 KBA dari berbagai wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. 
RPTRA KBA Astra lokasi penyelenggaraan Festival Permainan Tradisional Astra
 Partai final pun digelar. Final pertama digelar lomba jalan balok. Tiga peserta perwakilan 3 KBA pun bersiap digaris start. Dengan penuh semangat, ketiga bocah ini pun beradu cepat memindahkan balok untuk menjadi pemenang. Akhirnya, setelah melalui pertandingan seru, perwakilan KBA Warakas keluar menjadi pemenang untuk lomba jalan balok ini. 
Lomba jalan balok menjadi salah satu permainan yang digelar dalam Festival Permainan Tradisional Astra
Keseruan pun berlanjut, saat final enggrang dimulai. Dengan penuh kelihaian berdiri di atas dua bilah bamboo, ketiga peserta menunjukan kelihaiannya memainkan enggrang. Saya yang menyaksikan lomba ini sejenak jadi teringat masa kecil ketika dulu memainkan enggrang bersama teman-teman saya di rumah. Kebayang bagaimana serunya menyeimbangkan badan di atas dua bilah bambu dan adu cepat dengan teman-teman sekampung. Akhirnya dengan pertarungan seru dan menegangkan, wakil dari KBA Lengkong Kulon akhirnya keluar sebagai pemenang dalam permainan legenda ini.  
Permainan Degongan yang juga tidak kalah seru dengan permainan tradisional lainnya
Hari Minggu (27/8) kemarin Astra sedang menggelar hajatan yang bertajuk Festival Permainan Tradisonal Astra yang diikuti oleh anak-anak yang berada di 13 KBA yang ada di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang serta Bekasi. Anak-anak dari ke-13 KBA ini saling beradu untuk menjadi yang terbaik di setiap permainan tradisional yang dilombakan dalam festival ini. 
Selain permainan tradisional dalam Festival Permainan Tradisional ini juga digelar lomba mural

Ke-13 KBA tersebut adalah KBA Kebon Jeruk (Jakarta Barat), KBA Cengkareng Timur (Jakarta Barat), KBA Kebon Pala (Jakarta Timur), KBA Warakas (Jakarta Utara), KBA Sunter Jaya (Jakarta Utara), KBA Rawajati (Jakarta Selatan), KBA Rawasari (Jakarta Pusat), KBA Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu), KBA Pinang (Tangerang), KBA Lengkong Kulon (Tangerang), KBA Bhakti Jaya (Depok), KBA Pekayon (Bekasi) dan KBA Ciganjur (Jakarta Selatan).

Festival Permainan Tradisional Astra ini sendiri digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional pada tanggal 23 Juli sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus. Selain mengedepankan permainan tradisional seperti enggrang, hadang, terompah panjang, dagongan dan jalan balok, dalam festival ini Astra juga menggelar lomba mural se-Jadetabek. Lomba mural ini diikuti oleh universitas yang ada di sekitar Jakarta seperti Binus, Raffles Collage, Universitas Tarumanegara dan beberapa universitas lainnya. 
Inilah para pemenang lomba mural Astra
Sebagai informasi, Festival Permainan Tradisional Berseri ini merupakan salah satu rangkaian dari Festival KBA se-nusantara yang dilaksanakan sebagai bentuk program aktivasi kegiatan di berbagai lokasi KBA. Secara khusus, kegiatan minggu kemarin itu merupakan salah satu bentuk komitmen Astra untuk sekaligus membudayakan permainan tradisional anak agar dikenal oleh generasi milenial, khususnya warga KBA. 
KBA Lengkong Kulon yang keluar sebagai juara umum dalam Festival Permainan Tradisional Astra

Puncak festival ini turut dihadiri oleh Asisten Deputi Permainan Tradisional dan Layanan Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Bayu Rahadian, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Rohika Kurniadi, CEO Happy Heart Foundation Sylvia Beiwinkler, Tokoh Permainan Anak Tradisional, Endi Aras dan Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk, Riza Deliansyah.

Sekilas tentang Kampung Berseri Astra
Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan program tanggung jawab sosial Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program tanggung jawab sosial Astra, yakni Kesehatan (Astra untuk Indonesia Sehat), Pendidikan (Astra untuk Indonesia Cerdas), Lingkungan (Astra untuk Indonesia Hijau), dan Kewirausahaan (Astra untuk Indonesia Kreatif).
Kampung Berseri Astra yang menjadi salah satu program tanggung jawab sosial Astra
 Melalui program KBA ini, masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang berseri (bersih, sehat, cerdas, dan produktif), sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA. Saat ini, Astra telah membina 64 KBA di 27 provinsi seluruh Indonesia.

Komentar

Postingan Populer