Langsung ke konten utama

PT MDT ATM Interkoneksi Lakukan Terobosan Terbaru dari Teknologi ATM



Kita semua pasti saat ini menjadi nasabah sebuah bank. Layaknya seorang nasabah, tentu saja kita memiliki kartu ATM sebagai fasilitas dari bank untuk kita mengambil uang di mesin ATM bank yang bersangkutan. Namun terkadang kendala yang kita temui adalah saat kita tidak menemui mesin ATM dari bank tempat kita menabung dan kita agak sedikit malas untuk mencari mesin ATM tersebut karena jaraknya yang jauh. Lalu, bagaimana solusi dari masalah yang sering kali kita hadapi ini.

Adalah  PT MDT ATM Interkoneksi for Banking Innovation yang akan melakukan terobosan baru dalam inovasi perbankan berbentuk teknologi ATM. Salah satu kelebihan dari ATM ini adalah dapat membantu pemerintah dan bank terutama bank kecil dan mengenah memangkas pengeluaran untuk pembelian dan pemeliharaan unit, sekaligus memberikan kemudahan bagi nasabah dalam mengambil uang apapun banknya. 

Beroperasi dengan basis true sharing, mesin ATM yang dikembangkan oleh PT MDT ATM Interkoneksi memungkinkan bank-bank rekanan menyediakan layanannya tanpa perlu berinvestasi pada mesin ATM baru. 

Singkatnya, bank-bank rekanan dapat menyediakan layanannya secara off-premise alias virtual dengan menggunakan mesin-mesin yang disedikan oleh PT MDT ATM Interkoneksi. “Jadi nanti nasabah dari bank-bank yang bekerjasama dengan PT MDT ATM Interkoneksi tinggal mendatangi ATM kami terus masukan kartunya dan akan terlihat tampilan sama seperti bank dia menabung” ungkap Daniel Suisa, Director PT Interbanx Global Net.


Keuntungan tambahan yang ditawarkan oleh PT MDT ATM Interkoneksi adalah nasabah dari bank-bank yang berbeda tidak akan dikenakan biaya tambahan ketika bertransaksi di mesin-mesin tersebut.Nah menarik bukan inovasi terbaru dalam dunia mesin ATM ini. Pastinya saya dan kita semua sebagai nasabah bank akan sangat terbantu dengan kehadiran ATM ini nantinya. 

Fyi aja neh, saat ini jumlah ATM di Indonesia baru mencapai angka 97.000 mesin, sedangkan idealnya diperlukan 150.000 mesin ATM agar masyarakat di seluruh Indonesia dapat dilayani secara optimal. Selain itu, mesin-mesin tersebut juga akan mengusung teknologi IoT terbaru yang dikembangkan oleh MDT Innovations.

Implementasi teknologi tersebut memungkinkan fitur pencatatan pola penggunaan, riwayat transaksi, dan interaksi nasabah dengan mesin. Data-data tersebut menjadi kesempatan bagi penyedia layanan perbankan untuk memahami pola transaksi nasabah, sehingga dapat menawarkan layanan-layanan lainnya sesuai kebutuhan nasabah.

Sebagai tambahan informasi, menurut data yang dikeluarkan oleh bank swasta terbesar di Indonesia, biaya minimal yang harus dikeluarkan untuk pemeliharaan 1 (satu) mesin ATM per tahun adalah sebesar IDR 144.000.000. Tingginya biaya pemeliharaan tersebut dikarenakan biaya sewa tempat, listrik, dan rekrutmen tenaga ahli untuk pemeliharaan berkala dan perbaikan mesin. 

Biaya tersebut belum meliputi biaya yang ditanggung bank sebesar IDR 2.000 - 2.500 setiap kali seorang nasabah bertransaksi menggunakan ATM. Untuk penambahan mesin baru sendiri, bank setidaknya harus mengeluarkan investasi sebesar USD 7.000 untuk mesin ATM reguler dan USD 20.000 untuk mesin ATM setar (setor tarik). PT MDT ATM Interkoneksi bertujuan untuk menyediakan solusi untuk beban tersebut.

Pertanyaannya, kapan kira-kira ATM dengan teknologi baru dari PT MDT ATM I Interkoneksi akan beroperasi di Indonesia?. Menurut Bapak Yudi Kusman, Country Manager MDT Innovations Indonesia, yang saya temui saat ngobrol-ngobrol santai di Bunga Rampai Restaurant ATM baru ini diperkirakan akan beroperasi mulai bulan November 2017. Nantinya ATM-ATM ini akan diletakan di Alfamart-Alfamart yang ada di Indonesia. “Untuk rencana awal kita akan letakan di Alfamart Jabodetabek terlebih dahulu” kata Yudi.

Nah ada baiknya kita tunggu inovasi terbaru dari ATM ini. Pastinya neh, kalo saya sih pastinya bakalan terbantu banget dengan adanya mesin ATM dari PT MDT ATM Interkoneksi ini karena kalo bank tempat saya menabung tidak memiliki banyak ATM saya tinggal mendatangi Alfamart dan bertransaksi menggunakan mesin ATM terbaru ini. So, kita tunggu saja bersama-sama bulan November ini ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SGPP, Sekolah Tinggi tempat Para Pengambil Kebijakan Publik Belajar

Sekolah Tinggi Pemerintahan dan Kebijakan Publik namanya. Sekolah tinggi yang dikenal dengan nama SGPP ini mengajarkan bagaimana mengambil kebijakan publik yang dapat berpengaruh di semua sector baik itu secara nasional maupun internasional. Dengan program studi Kebijakan Publik, SGPP ingin menjadikan mahasiswanya tidak hanya bisa menerapkan kebijakan publik namun juga bisa menganalisa kebijakan publik yang konteksnya kebijakan Indonesia namun bisa diterapkan di banyak negara.  Kampus SGPP di Kawasan Sentul Bogor Memasuki halaman kampus ini terasa begitu sejuk. Semilir angin dan pemandangan rumah-rumah penduduk di Kawasan Bogor terlihat dari kampus yang terletak di dataran tinggi Kawasan Bogor ini. Sekilas, bila dilihat, bangunan gedung utama SGPP ini seperti bangunan-bangunan perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Begitu menginjakan kaki di bagian depan gedung, kenyamanan ruang perpustakaan begitu terasa. Ruang perpustakaan ini menyatu dengan teras yang biasa digunakan m

Mengunjungi Pabrik Pembuatan Kulkas Halal PT Sharp Electronics Indonesia

Kata siapa label halal hanya untuk produk-produk makanan dan kosmetik saja. Saat ini PT Sharp Indonesia melakukan terobosan dengan memberikan label halal pada produk lemari es atau kulkas keluaran terbarunya. Pabrik pembuatan PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang, Jawa Barat. Beruntung hari Rabu (9/5) kemarin saya mengunjungi pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang Barat, Jawa Barat, untuk melihat langsung proses pembuatan kulkas halal pertama di Indonesia di pabrik yang berdiri sejak tahun 2012 ini.   Sebelum melihat langsung proses pembuatan kulkas Sharp, saya dan teman-teman blogger lainnya dijamu oleh jajaran petinggi dan management PT Sharp Indonesia. Dalam kesempatan ini, Asisten Manajer Strategi Produksi PT Sharp Electronics Indonesia, Afka Adhitya, menjelaskan, alasan PT Sharp Electronics Indonesia mengeluarkan kulkas halal, tujuan utamanya Sharp adalah untuk memberikan rasa nyaman dan aman di tengah masyarakat akan sebuah produk baran

Wisata Kuliner di Pangkal Pinang, Wajib Mencoba Martabak Acau 89

Pulau Bangka di provinsi Bangka Belitung selama ini terkenal dengan objek wisata pantai. Pantai-pantai seperti Pantai Pasir Padi menjadi daerah tujuan wisata di Pangkal Pinang yang banyak dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik. Namun dibalik pesona pantainya yang indah, Pangkal Pinang juga memiliki pesona kuliner yang juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal dari daerah ini adalah martabak.  Martabak Acau yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Pangkal Pinang, Bangka Belitung Martabak selama ini identik dengan Pulau Bangka. Kuliner yang belakangan naik daun berkat variasi rasanya yang menggugah selera memang berasal dari provinsi dengan ibukota Pangkal Pinang ini. Nah Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangka tapi tidak mencoba wisata kuliner dengan berburu martabak bangka. Martabak Bangka memang menjadi makanan wajib yang harus dinikmati jika berkunjung ke daerah yang terkenal   kaya akan timah ini. Kita bakala