Minggu, 20 Agustus 2017

PT MDT ATM Interkoneksi Lakukan Terobosan Terbaru dari Teknologi ATM



Kita semua pasti saat ini menjadi nasabah sebuah bank. Layaknya seorang nasabah, tentu saja kita memiliki kartu ATM sebagai fasilitas dari bank untuk kita mengambil uang di mesin ATM bank yang bersangkutan. Namun terkadang kendala yang kita temui adalah saat kita tidak menemui mesin ATM dari bank tempat kita menabung dan kita agak sedikit malas untuk mencari mesin ATM tersebut karena jaraknya yang jauh. Lalu, bagaimana solusi dari masalah yang sering kali kita hadapi ini.

Adalah  PT MDT ATM Interkoneksi for Banking Innovation yang akan melakukan terobosan baru dalam inovasi perbankan berbentuk teknologi ATM. Salah satu kelebihan dari ATM ini adalah dapat membantu pemerintah dan bank terutama bank kecil dan mengenah memangkas pengeluaran untuk pembelian dan pemeliharaan unit, sekaligus memberikan kemudahan bagi nasabah dalam mengambil uang apapun banknya. 

Beroperasi dengan basis true sharing, mesin ATM yang dikembangkan oleh PT MDT ATM Interkoneksi memungkinkan bank-bank rekanan menyediakan layanannya tanpa perlu berinvestasi pada mesin ATM baru. 

Singkatnya, bank-bank rekanan dapat menyediakan layanannya secara off-premise alias virtual dengan menggunakan mesin-mesin yang disedikan oleh PT MDT ATM Interkoneksi. “Jadi nanti nasabah dari bank-bank yang bekerjasama dengan PT MDT ATM Interkoneksi tinggal mendatangi ATM kami terus masukan kartunya dan akan terlihat tampilan sama seperti bank dia menabung” ungkap Daniel Suisa, Director PT Interbanx Global Net.


Keuntungan tambahan yang ditawarkan oleh PT MDT ATM Interkoneksi adalah nasabah dari bank-bank yang berbeda tidak akan dikenakan biaya tambahan ketika bertransaksi di mesin-mesin tersebut.Nah menarik bukan inovasi terbaru dalam dunia mesin ATM ini. Pastinya saya dan kita semua sebagai nasabah bank akan sangat terbantu dengan kehadiran ATM ini nantinya. 

Fyi aja neh, saat ini jumlah ATM di Indonesia baru mencapai angka 97.000 mesin, sedangkan idealnya diperlukan 150.000 mesin ATM agar masyarakat di seluruh Indonesia dapat dilayani secara optimal. Selain itu, mesin-mesin tersebut juga akan mengusung teknologi IoT terbaru yang dikembangkan oleh MDT Innovations.

Implementasi teknologi tersebut memungkinkan fitur pencatatan pola penggunaan, riwayat transaksi, dan interaksi nasabah dengan mesin. Data-data tersebut menjadi kesempatan bagi penyedia layanan perbankan untuk memahami pola transaksi nasabah, sehingga dapat menawarkan layanan-layanan lainnya sesuai kebutuhan nasabah.

Sebagai tambahan informasi, menurut data yang dikeluarkan oleh bank swasta terbesar di Indonesia, biaya minimal yang harus dikeluarkan untuk pemeliharaan 1 (satu) mesin ATM per tahun adalah sebesar IDR 144.000.000. Tingginya biaya pemeliharaan tersebut dikarenakan biaya sewa tempat, listrik, dan rekrutmen tenaga ahli untuk pemeliharaan berkala dan perbaikan mesin. 

Biaya tersebut belum meliputi biaya yang ditanggung bank sebesar IDR 2.000 - 2.500 setiap kali seorang nasabah bertransaksi menggunakan ATM. Untuk penambahan mesin baru sendiri, bank setidaknya harus mengeluarkan investasi sebesar USD 7.000 untuk mesin ATM reguler dan USD 20.000 untuk mesin ATM setar (setor tarik). PT MDT ATM Interkoneksi bertujuan untuk menyediakan solusi untuk beban tersebut.

Pertanyaannya, kapan kira-kira ATM dengan teknologi baru dari PT MDT ATM I Interkoneksi akan beroperasi di Indonesia?. Menurut Bapak Yudi Kusman, Country Manager MDT Innovations Indonesia, yang saya temui saat ngobrol-ngobrol santai di Bunga Rampai Restaurant ATM baru ini diperkirakan akan beroperasi mulai bulan November 2017. Nantinya ATM-ATM ini akan diletakan di Alfamart-Alfamart yang ada di Indonesia. “Untuk rencana awal kita akan letakan di Alfamart Jabodetabek terlebih dahulu” kata Yudi.

Nah ada baiknya kita tunggu inovasi terbaru dari ATM ini. Pastinya neh, kalo saya sih pastinya bakalan terbantu banget dengan adanya mesin ATM dari PT MDT ATM Interkoneksi ini karena kalo bank tempat saya menabung tidak memiliki banyak ATM saya tinggal mendatangi Alfamart dan bertransaksi menggunakan mesin ATM terbaru ini. So, kita tunggu saja bersama-sama bulan November ini ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar