Selasa, 25 Oktober 2016

Ketika Investasi Menjadikan Hidup Menjadi Lebih Baik



Dalam hidupnya manusia tidak lepas dari berbagai kebutuhan dan keinginan yang harus terpenuhi. Kebutuhan-kebutuhan yang kita kenal dengan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier ini menjadi kebutuhan sehari-hari yang melekat dalam kehidupan kita. Namun disaat semua kebutuhan tersebut sudah terpenuhi, manusia tentunya akan memenuhi kebutuhan lainnya untuk mendapatkan pendapatan tambahan salah satunya melalui investasi.
Head of Marketing Asuransi jiwa Sinarmas MSIG, Ruth Nainggolan saat memberikan sambutan dalam acara Edukasi Keuangan Yuk Atur Uangmu
Bicara mengenai investasi, belum lama ini saya mengikuti edukasi keuangan  dengan tema Yuk Atur Uangmu membahas investasi yang diadakan Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG bersama Warung Blogger di Jakarta Digital Velley,  Menara Multimedia, Jakarta. Dalam acara ini hadir  Ruth Nainggolan selaku Head of Marketing Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG dan Perencana keuangan Mike Rini Sutikno. 
Perencana keuangan Mike Rini Sutikno saat menjelaskan jenis-jenis investasi dihadapan para blogger
Mike Rini Sutikno mengungkapkan banyak pilihan investasi di jaman sekarang. Mulai dari tanah, apartemen, emas ,hingga asuransi kesehatan. Semuanya bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan menjanjikan income pasif yang menguntungkan kita.  Tips dari mba Mike, Kalau mau investasi, jangan ditaruh di satu tempat yg sama karena banyak pilihan investasi.  “Investasi baru bisa dilakukan kalau kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi” ungkap mba Mike.
Menyiapkan investasi untuk keluarga di masa depan (foto dokumen Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG)
Memilih investasi asuransi menjadi salah satu pilihan yang bisa dipilih. Seperti kita tahu, kesehatan menjadi hal yang sangat mahal belakangan ini. Anugrah sehat merupakan karunia Tuhan yang harus dijaga karena kita tidak tahu kapan kita akan terserang penyakit ataupun musibah lainnya. Di saat-saat genting seperti ini biasanya kita membutuhkan uang untuk biaya rumah sakit, nah dengan mengikuti asuransi kita bisa sedikit tenang karena biaya rumah sakit bisa di cover asuransi. “Asuransi  Sinarmas MSIG bisa menjadipilihan untuk  investasi jangka panjang untuk kejadian-kejadian yang tidak terduga seperti sakit, kecelakaan maupun musibah. Kita akan cover biaya perawatan dan obat selama dirawat di rumah sakit” ungkap Ruth Nainggolan selaku Head of Marketing Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG.

Oiya, dalam acara edukasi keuangan ini, kita juga diperkenalkan sebuah permainan baru mengenai bagaimana cara kita mengatur keuangan. Permainan ini dinamakan Smart Money Games. Dalam permainan yang sekilas mirip monopoli ini kita ditemani oleh seorang instruktur yang mengatur jalannya permainan dan memberikan instruksi dan arahan bagi para pemain. Serunya, setiap pemain diberikan masing-masing satu profesi dengan rincian pendapatan, utang dan asset yang berbeda.

Smart Money Games permainan yang bisa melatih kita untuk mengatur keuangan dan berinvestasi
Dalam game ini, saya kebagian menjadi pilot. Sementara 5 teman blogger lainnya ada yang kebagian jadi profesi lain seperti,guru, arsitek,dan dokter. Permainan pun dimulai, satu persatu dari kami melakukan kocok dadu. Saya juga tidak mau ketinggalan, untuk mengocok dadu begitu kesempatan tiba. Begitu dadu saya lemparkan ke meja, ternyata dadu yang saya lempar menunjukan angka 6. Saya pun melangkahkan papan kecil bergambar pilot ke kotak-kotak yang ada di lembar permainan. Ternyata kesempatan pertama, saya langsung tiba di kotak gajian. Instruktur pun memberikan saya uang gaji saya. 

Permainan pun berlangsung seru. Ada teman saya yang sudah memiliki usaha dan ada juga yang memiliki utang. Hingga pada akhirnya permainan Smart Money Games pun selesai. Masing-masing dari kita disuruh menghitung berapa hasil pendapatan, asset serta hutang kita. Dari hasil yang saya dapat, ternyata saya memiliki beberapa investasi seperti apartemen. Namun begitu, saya juga masih memiliki hutang di bank. 

Mba Mike Rini Sutikno  menjelaskan jika Smart Money Games ini disusun seperti kehidupan nyata kita. Dimana setiap bulan kita mendapatkan gaji dan dari income itu kita bisa memilih jenis investasi apa yang ingin kita pilih untuk mendapatkan income tambahan. Dari permainan ini kita juga bisa mengetahui apa saja asset yang kita miliki serta jika kita memiliki hutang, maka kita juga bisa mengetahui seberapa besar hutang yang kita miliki.
Pilihan investasi yang bisa kita pilih (foto : dokumen Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG)
Dari diskusi keuangan yang saya ikuti ini, saya mendapatkan pengetahuan dan wawasan mengenai bagaimana cara berinvestasi yang baik, pilihan investasi yang sesuai dan apa saja hasil yang kita dapat dari sebuah investasi. Sebagai seorang ayah muda yang baru memiliki seorang anak berusia 1,5 tahun, tentunya saya akan merencanakan semua yang terbaik untuk keluarga.  Saya akan mengelola keuangan untuk pendidikan dan kesehatan anak dan keluarga. Untuk itu, salah satu pilihan merencanakan pendidikan dan kesehatan keluarga, saya akan memilih berinvestasi dengan asuransi.

Asuransi menjadi pilihan lain dari investasi karena nilainya akan kita rasakan nanti ketika kita membutuhkannya di masa-masa sulit.  Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG misalnya, memberikan perlindungan kepada para anggotanya ketika sakit, kecelakaan dan musibah datang tanpa diduga-duga. Manfaat investasi dalam asuransi sungguh sangat terasa manfaatnya ketika masa-masa sulit itu datang menghampiri. Semoga kita semua bijak dalam memilih investasi untuk masa depan kita yang lebih baik.


Mau ikutan lomba Blog Writing Competition Yuk Atur Uangmu info klik disini

7 komentar:

  1. iya benar, investasi bentuk asuransi memang sanagt penting saat ini, terutama kesehatan. kita ga tau kapan sakit, asuransi kesehatan milik swasta lebih baik dari yg punya pemerintah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, pilihan asuransi bisa menjadi investasi buat masa depan kita dan keluarga.

      terima kasih udah mampir

      Hapus
  2. Hahaha permainannya seru, saya hanya kebagian margin 4% akibat tidak berani melakukan apa-apa. Ya, begitulah dengan hidup kita. Tanpa perencanaan, akan jadi amat monoton.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mas, cuma saya kemarin kurang beruntung main smart money games nya.. masih punya hutang he..he..

      Hapus
  3. Games smart money nya bagus juga buat pembelajaran di sekolah tuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, buat belajar anak-anak cara mengatur uang.. :)

      Hapus
  4. Games smart money nya bagus juga buat pembelajaran di sekolah tuh :)

    BalasHapus