Langsung ke konten utama

Ketika Perpisahan Itu Tiba...


Suatu hari ada seorang pelajar yang nakalnya engga ketolongan,(maksudnya kalo lagi berbuat nakal dia engga mau ditolongin gitu he..he..). Dia selalu saja membuat onar disekolahnya dan ditakuti oleh teman-temannya. (kalo bahasa gaulnya, dia adalah Pentolan di sekolahnya he..he.., kalah dah tuh pentol korek api he..he..). Setiap musim liburan sekolah seperti sekarang ini dia selalu menyanyikan lagu kebangsaannya yang menjadi lagu favoritnya dari TK hingga dia menginjak bangku SMA (untung Cuma menginjak bangku SMU, bukan menginjak Tokai ya he..he..).

Mau tahu lagu kebangsaan anak nakal ini, tak lain dan tak bukan adalah lagu yang pernah dinyanyikan oleh penyanyi cilik Tasya yang sekarang udah remaja dan cantik banget lagi he..he..(beneran cantik, kalo engga percaya liat aja fotonya di yahoo he..he.. ). Begini lagu itu dinyanyikan oleh anak nakal tadi …, Libur Telah Tiba…Libur Telah Tiba… Hore..Hore…Hore…, Bakarlah Buku-buku-mu…, Buanglah Tas dan sepatu-mu…, Libur telah tiba...Libur telah tiba…hore…hore..hore…(maaf kalo liriknya diganti, tapi karena dia anak nakal jadi dia selalu melakukan hal itu kalo libur sekolah he..he..). Udah ah jangan panjang-panjang ngebahasnya, itu Cuma khayalan gua doang he..he..

Gua emang bukan mau ngebahas anak nakal tapi ya masih nyerempet-nyerempet sama yang namanya anak sekolah juga. Belakangan ini, setiap gua mau ngantor, gua selalu ngeliat tuh bis-bis dari berbagai daerah yang membawa gerombolan anak-anak mulai dari PAUD , TK, SD, SMP sampe SMA (tapi bukan gerombolan siberat ya he..he.. yang dibajunya ada kode 137 – 371 he..he..). Bis-bis itu biasanya dikaca depannya ditempelin kertas bertuliskan misalnya “BIS 1, ROMBONGAN SMA 1 PURWODADI” . (kok busway yang gua tumpangin engga pernah ditempel tulisan kaya gitu ya he..he…, seru juga kan tuh kalo di busway ditempelin BIS 1, ROMBONGAN PENJAHAT KELAMIN” he..he..).

Kalo dari kertas yang ditempel kita udah bisa nebak kira-kira mereka mau ngapain ke Jakarta. (Yang pasti mereka bukan mau studi banding kaya anggota-anggota DPR yang (tidak) Terhormat itu he..he..). Iya…, mereka pasti mau senang-senang dan liburan merayakan kelulusan sekalian perpisahan terakhir kali barengan temen-temen satu angkatan. Makanya kalo diliat dari muka-mukanya sih mereka pada seneng-seneng banget plus sedikit Karon alias Norak he..he.. (kalo ini gua perhatiin dari dalem busway ketika berpapasan sama mereka, ekspresinya ada yang ketawa-ketawa sambil main gitar didalem bis ada juga yang terpukau melihat gedung-gedung tinggi yang berjejer di Gatsu meskipun ada juga sih yang kesel sama macetnya Jakarta he..he..).

Ngomong-ngomong perpisahan sekolah, gua jadi inget moment perpisahan SMP. (karena SMA gua engga ada acara perpisahan kayanya he..he..). Waktu itu kita semua pergi ke dua tempat yakni ke Ciater dan Tangkuban Perahu.(klasik dan legend banget neh tempat). Pagi-pagi kita semua disuruh ngumpul di sekolah dan dengan berdandan gaya ala anak 90-an (waktu itu merek-merek kaya Bilabong, OP, QuickSilver lagi nge-trend ditahun-tahun segitu he..he.., belum ada tuh yang namanya Ouval Reaseach he..he..).

Gua bareng anak-anak yang tinggal nya deketan berangkat menuju sekolah. Dari rumah kita udah pada ngebayangin nanti bakalan naik Bis Hiba Utama yang ada AC nya atau paling engga ya kita carter Big Bird (jaman itu Hiba Utama lagi ngetop-ngetopnya cuy he..he.., belum ada tuh PO Bus-bus besar yang ngetop selain Hiba he..he..).
Begitu sampe didepan jalanan sekolah, kita terkaget-kaget karena waktu itu terparkir tiga bis Mayasari Bakti (Ijo-ijo gan) yang tiap hari beroperasi dijalan (model-model kaya bis legend Patas 6 lah, iya beneran patas 6 kayanya he..he..).

Waktu itu sih gua sama anak-anak masih PD engga bakal naek bis itu karena di depan bis Mayasari itu ternyata terparkir dua bis Hiba Utama juga. (kita waktu itu sambil ketawa-tawa yakin kalo bis Mayasari Bakti itu adalah bis nya anak-anak SD 05 yang sekolahnya ada disamping SMP kita he..he..dan bis yang kita pake perpisahan adalah yang Hiba Utama . ...Sebelum akhirnya…….). Penasaran kan…, lanjutin dah bacanya ke paragraph selanjutnya he..he..

Udah tuh kita semua pada ngumpul dilapangan buat briefing, begitu salah satu guru ngomong (waktu itu Pak Poltak guru matematika kalo engga salah yang briefing) kalau kita akan berangkat menuju Ciater dan Tangkuban Perahu dengan menggunakan bis….. jeng….jeng….jeng…( mulai deg-degan and penasaran sama bis yang kita pake ke sana he..he..) Mayasari Bakti yang sudah terpakir didepan, begitu Pak Poltak menyampaikan amanat yang langsung mendapat teriakan dari anak-anak huuuuuuuuuuuu. Jyah…langsung dah tuh semangat perpisahan gua and anak-anak agak mengendur he..he.., (campur aduk antara tengsin sama engga yakin apa bis ini kuat dibawa sampe tangkuban perahu, mana kaga pake AC lagi yang ada Angin Cepoi-cepoi he..he..).

Tapi biar bagaimana pun The Show Must Go On (ini seni nya sekolah di SMP kita dulu, kita semua senang bersekolah disana dengan semua hal yang apa adanya he..he..). Kita semua langsung dah tuh disuruh menuju Bis masing-masing, gua waktu itu kebagian Bis 2.(dengan tulisan BIS 2 SMPN 237 JAKARTA he..he..). Pas mau naik bis, gua berharap kalo bis ini mudah-mudahan engga mogok dijalan.Gua sebenernya engga yakin bis ini kuat dibawa sampe daerah Bandung sono. (makanya selain minta keselamatan, gua juga bedoa biar bis ini engga mogok he..he..).

Begitu udah sampe kawasan Tangkuban Perahu, kejadian yang gua takutkan bener-bener terjadi. Ternyata Bis 2 yang gua tumpangin mesin nya panas dan engga kuat ngelewatin jalanan menanjak disekitar kawasan wisata itu.

Sementara bis 1 dan bis 3 udah sampe di Tangkuban Perahu, kita malah nunggu mesin bis nya adem dulu. (waktu dulu keadaan nya mencekam juga karena bis ini ngeluarin asep segala he..he..). Akhirnya daripada mati gaya (jyah…, jaman dulu belon ada kayanya istilah ini he..he..) kita foto-foto aja dah tuh di deket-deket situ, kebetulan tempat bis kita mogok itu adalah kebun teh jadilah kita memanjakan kadar kenarsisan kita disitu. (jaman dulu kamera masih pake Film negative alias pake acara nyuci foto segala he..he.., jadi kaga bisa tuh foto-foto seenak jidat kaya sekarang , takut film nya abis he..he..) .

Tapi….dibalik mogoknya bis yang gua tumpangin, yang namanya perpisahaan tetaplah acara yang menyenangkan. (sekaligus menyedihkan juga sih sebenernya he..he...). Moment yang mungkin juga kaga bakal kita lupain seumur hidup karena disitu kita ngumpul-ngumpul bareng temen satu angkatan untuk yang terakhir kali sebelum nantinya ketemu di masa dan umur yang berbeda. (kali aja pas ketemu, temen gua udah ada yang gendok anak, sementara gua masih pake celana pendek sama sandal jepit he..he..).

Jadi kalo sekarang banyak siswa yang lagi seru-serunya menikmati masa-masa perpisahan, jangan pernah sia-siakan moment terakhir ngumpul bareng temen-temen sekolah kita Ketika Perpisahan Itu Tiba…..

Komentar

  1. maaf baru nyimak setengah ceritanya abis mau pulang nih bang laen kali ane lanjutin bacanya ... seru2 ko bang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencicipi Sajian Makanan Kereta Api Milik PT Reska Multi Usaha

Kisah Ajeb-Ajeb Anak Cipayung Part 1 : Dugem oh Dugem......

Ini dia neh kejadian paling hot yang pernah gua tulis. (bayangin, gua nulisnya aje sampe buka baju segala he..he..). ini kisah tentang ajeb-ajeb cuy (karena musiknya bukan dangdut jadi ajeb-ajeb, coba kalo musiknya dangdut pasti bunyinya adut..adut..adut..adut.. jangan sambil joget ya bacanya he..he..) di suatu Pantai Indah yang banyak kapuknya (makanya tempat itu dikasih nama Pantai Indah Kapuk he..he.. walaupun sebenernya gua bingung, pantai yang berkapuknya sebelah mana ya he..he..).

Awalnya disuatu siang pas gua lagi browsing gambar-gambar vulgar dan sedikit cabul untuk web tempat gua bekerja (nama webnya www.langitberita.com, terus klik aja rubrik lifestyle nah entar keluar tuh berita-berita yang gambarnya bikin mata melek terus he..he..). Tiba-tiba ada pesen dari Mr Momot yang isinya gua ngeliput acara dugem di PIK, nama acaranya RnB Parade (wah gua langsung ngayal, rave party di waterboom pasti banyak cewe-cewe seksinya. Udah gitu pasti mereka pada pake pakaian renang, seru neh…

Selamat Jalan Miten…

Kaget sekaligus sedikit engga nyangka ketika siang ini gua mendengar kabar meninggalnya mantan gitarisnya Netral Miten di timeline di twitter gua. Sejenak pikiran gua menerawang pada sosok gitaris gondrong dan pendiam namun permainan gitarnya cukup membuat anak-anak yang melewati masa 90-an  mengenal sosok gitaris yang mungkin salah satu yang terbaik di tahun-tahun itu .
 Iya, dari account twitternya Brutal Band, pertama kali gua ngebaca kabar duka ini dan tidak lama Musisi-musisi  90-an  seperti Ari Lasso juga mengucapkan belasungkawa untuk Miten. Iya, sebagai seorang yang pernah melewati masa 90-an dengan musik-musik yang masih berkualitas , gua emang mengaggumi musisi-musisi di era itu. (Gua dulu sangat hafal siapa aja personil-personil band 90-an karena gua emang hobi koleksi kaset dan setiap beli kaset gua pasti baca tulisan ucapan terima kasih setiap musisi yang ada di covernya, termasuk Miten salah satunya  ).


Miten bersama netral memang cukup fenomenal di tahun 90-an. Saat ba…