Senin, 25 September 2017

Mencicipi Aneka Menu Makanan Khas Timur Tengah dan Indian di EATZ Resto



Hari Rabu (20/9) kemarin saya mendapat undangan untuk mencicipi hidangan-hidangan Timur Tengah dari EATZ Resto yang terletak di Jalan Margaguna, Unit 9, Jalan Radio Dalam No. 125, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ehm.. dalam perjalanan menuju EATZ Resto, pikiran sempat melayang membayangkan seperti apa ya cita rasa masakan Timur Tengah itu karena selama ini saya hanya pernah mencicipi nasi kebuli selebihnya ya belum pernah.  
EATZ Resto yang berada di Kawasan Margaguna Radio Dalam Jakarta Selatan
Sekitar pukul 14.00 saya menginjakan kaki di EATZ Resto. Tidak sulit mencari lokasi EATZ Resto ini karena dari jalan raya Margaguna Raya kita sudah bisa melihat logo berukuran besar terpasang di sini. Begitu memasuki EATZ Resto, hawa sejuk dengan pemandangan  bernuansa Timur Tengah langsung terasa. Ini terlihat dari bagian langit-langit yang dihias kain-kain khas Timur Tengah. Tidak lama kemudian saya dan teman-teman blogger disambut dengan penuh keramahan oleh Ibu Mellita Rizkawati, Owner EATZ Resto. 
Iniloh Faluda yang segar itu

Dalam sambutannya, Ibu Melli, begitu sapaan akrabnya, bercerita apa saja sajian Timur Tengah dari restoran yang didirikan bersama suaminya ini. Mulai dari Nasi Mandhi, Samosa, hingga minuman khas Timur Tengah yang menyegarkan, Faluda, semuanya diceritakan Ibu Melli dengan penuh keramahan. Tidak sekedar bercerita, Ibu Melli juga menjawab rasa penasaran teman-teman blogger terhadap menu-menu yang tersaji di EATZ Resto ini.

Selesai menjelaskan, Ibu Melli sepertinya sudah menyiapkan hidangan pembuka untuk kami cicipi di restoran miliknya ini. Minuman segar khas Timur Tengah, Faluda, menjadi sajian pertama yang saya cicipi di EATZ Resto. Seperti menghlangkan dahaga dengan segarnya rasa manis, Faluda sedikit membuat saya  tersenyum dengan citarasanya. Kesegaran ini bertambah nikmat dengan kenyalnya jelly serta dinginnya ice cream yang merupakan bahan dasar pembuatan Faluda. Selain jelly dan ice cream, bahan pembuatan Faluda juga terdapat Milk, sirup, almond, kismis, dan tidak ketinggalan daun mint yang menambah nuansa kesegaran Faluda.

Tidak lengkap rasanya hanya mencoba minuman pembuka, maka saya pun beralih ke makanan pembuka yang sudah disajikan EATZ Resto. Samosa menjadi sajian yang saya cicipi selanjutnya. Ehm.., sekilas melihat bentuknya, Samosa mengingatkan saya pada martabak telur yang dibalut kulit yang kriuk. 
Samosa yang sekilas mirip martabak telur
Begitu saya cicipi, paduan rasa gurih dan sedikit pedas terasa di mulut saya. Bahan isian samosa yang berupa daging yang diracik bersama bumbu-bumbu khas Timur Tengah menjadikan Samosa menjadi makanan pembuka yang pas sebelum menyantap hidangan utama. Di Timur Tengah sendiri Samosa memang menjadi makanan pembuka yang biasanya disajikan sebelum menyantap makanan utama. Ya lumayan buat ganjel perut lah kalo orang Indonesia bilang ketika menikmati Samosa ini he..he..
Nasi Mandhi dengan daging domba yang empuk

Tidak pake lama, keluarlah dua menu utama dan menjadi andalan di EATZ Resto. Pertama, Nasi Mandhi. Ini bukan nasi yang abis mandi ya, tapi sajian nasi yang dipadukan dengan daging domba dan tersaji dalam sebuah nampan berukuran besar yang begitu menggugah selera. Tidak sabar seperti apa rasanya, saya pun mengambil sedikit nasi dari nampan dan memotong daging domba. Ternyata eh ternyata daging domba ini memberikan citarasa yang enak dengn paduan rasa gurih dan sedikit pedas. 

Tidak hanya itu, tekstur daging yang lembut dan empuk membuat mulut kita seperti tidak ada perlawanan saat mengunyah daging ini saking empuknya. Asli ini enak dan lembut banget, entah bagaimana chef di EATZ mengolah daging domba ini, satu yang pasti daging domba beserta Nasi Mandhi ini wajib dicoba saat berada di EATZ Resto.
Nasi Biryani dengan paduan daging ayam yang gurih
Selain Nasi Mandhi, ada juga Nasi Biryani. Sekilas kedua makanan ini terlihat sama namun yang membedakannya adalah jika Nasi Mandhi berpadu dengan daging domba, maka Nasi Biryani berpadu dengan daging ayam. Nasi Biryani juga tidak kalah nikmatnya. Daging ayam yang empuk berpadu dengan rasa gurih yang nikmat. Bumbu-bumbu khas Timur Tengah sangat mendominasi didaging ayam namun hal ini justru yang menjadikan Nasi Biryani juga tidak boleh dilewatkan begitu saja di EATZ Resto.
Lamb Ribs Grill pilihan buat yang tidak suka nasi
 Buat kita yang tidak suka makan nasi atau tidak mau terlalu kenyang karena makan nasi EATZ Resto ada juga menu yang tanpa nasi. Lamb Ribs Grill bisa menjadi pilihan utama buat kita yang tidak suka nasi.  Sajian berupa daging domba  yang empuk disajikan dengan roti kubus dan kentang goreng lengkap dengan saus tahina yang menambah nikmat Lamb Ribs Grill. Daging yang empuk dan gurih sangat pas disantap dengan roti kubus yang tawar. Ditambah kentang goreng dan sayuran seperti ketimun membuat Lamb Ribs Grill menjadi menu yang pas buat dicoba dan mengenyangkan juga pastinya. Oia, untuk satu porsi  Lamb Ribs Grill ditawarkan dengan harga 100K. Sangat worted menurut saya untuk sebuah sajian yang menggugah selera ini.  
Tabouleh salah satu salad khas Timur Tengah
EATZ Resto juga memiliki menu salad loh. Siapa bilang salad hanya milik amerika dan negara-negara eropa. Negara Timur Tengah juga memiliki salad khas yakni Fattuce,Tabouleh, d an Chickpeas salad. Kalo dilihat sekilas sih, mungkin sangat berbeda dengan salad kebanyakan yang kita kenal.  Namun untuk penampilan dan rasa salad khas timur tengah ini  tidak kalah dengan salad yang biasa kita cicipi di restaurant-restaurant  Eropa.
Moroccan Tea dengan rasa mint segar
Selesai menyantap menu utama, sambil santai kita disajikan Moroccan Tea. Teh berwarna kekuningan ini merupakan teh otentik dari Maroko yang bercita rasa mint. Teh ini pas banget diminum setelah kita menikmati sajian utama seperti Nasi Mandhi tadi. Teh ini disajikan hangat dan dengan gelas yang membuat kita merasakan nuansa kerajaan di Timur Tengah. Satu teko  Moroccan tea dijual dengan harga 60K tapi ini bisa dinikmati 3 sampai 5 orang jadi bisa sambil santai ngobrol saat menikmati teh ini. 

Nah jadi penasaran kan seperti apa nikmatnya sajian menu-menu makanan di EATZ Resto yang enak dengan harga terjangkau ini. Buat kita yang mau datang ke EATZ Resto, Restauran ini buka dari hari senin hingga minggu mulai pukul 10.30 -  23.00 WIB. Atau kalau misalnya kita sibuk dengan kerjaan di kantor, menu-menu makanan di EATZ Resto ini bisa juga dipesan melalui aplikasi GO FOOD. Jadi kalau kita sibuk tapi kepingin makanan ala Timur Tengah bisa langsung minta tolong driver ojek online membelikannya untuk kita.  

2 komentar:

  1. Kalau masuk ke resto india dan timur tengah itu ingat rempahnya yang khas ya

    BalasHapus
  2. iya mas, khas banget rempah-rempahnya.

    BalasHapus