Langsung ke konten utama

Inilah Inovasi dan Terobosan Terbaru PT KCJ ditahun 2017



Sebagai penyedia angkutan jasa kereta api Commuterline, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) tentu saja ingin memberikan yang terbaik bagi para penggunanya. Peningkatan layanan dan inovasi terus dilakukan dari tahun ke tahun untuk kepuasan para pengguna Commuterline. Awal tahun 2017 ini misalnya, PT KCJ melakukan gebrakan dengan mempermudah pengguna melakukan isi ulang Kartu Multi Trip (KMT) dan Tiket Harian Berjamaah (THB) melalui minimarket.
Dirut PT KCJ Muhamad Nur Fadhilla saat penyampaian program PT KCJ di Cikini
 Tidak hanya itu, PT KCJ juga mempermudah pengguna untuk melakukan top up KMT melalui transfer bank jaringan ATM bersama dan sms atau internet banking. Semua pengembangan sistem e-tickteting ini rencananya sudah bisa dirasakan pengguna dibulan Febuari 2017 mendatang.

Tahun ini PT KCJ juga akan merealisasikan penambahan sekitar 400 unit vending machine yang terdiri dari mesin untuk transaksi tiket, mesin khusus tou up KMT, serta mesin untuk fare adjustment.  fare adjustment merupakan program PT KCJ untuk menghilangkan denda pinalti pada saat pengguna THB kurang bayar atau turun pada jarak stasiun yang lebih jauh atau tidak sesuai dengan transaksi pada tiket.
Fadhilla saat diwawancarai awak media
Sebagai pengguna Commuterline, inovasi ini tentu saja memudahkan saya untuk mengisi ulang kartu KMT yang saya gunakan sehari-hari di minimarket terdekat maupun melalui ATM. Pengalaman saya, biasanya harus mengantri terlebih dahulu di loket bersama para pembeli tiket harian bila ingin mengisi ulang kartu KMT padahal saat itu saya sedang terburu-buru mengejar kereta untuk sampai tepat waktu ditujuan.

Direktur Utama PT KCJ, Muhamad Nur Fadhilla mengungkapkan tahun 2017 ini PT KCJ menargetkan dapat melayani 292.340.798 penumpang atau bertambah sekitar 12 juta penumpang dibandingkan realisasi volume penumpang tahun 2016. Untuk itu, PT KCJ melakukan perpanjangan rangkaian dengan formasi 12 kereta yang terus dilakukan melalui program penggabungan KRL yang formasinya satu rangkaian delapan kereta.
  
Sementara itu, untuk Anda warga Rangkas Bitung, ada kabar gembira yang disampaikan Fadhilla. Mulai April mendatang KRL akan mulai beroperasi sampai Stasiun Rangkas Bitung. Menurut Fadhilla, Stasiun Rangkas Bitung rata-rata setiap harinya dikunjungi 6000 orang penumpang. Untuk itu, di bulan April mendatang akan dilayani oleh KRL dan tidak akan ada lagi kereta lokal.

Bersamaan dengan beroperasinya KRL ke Rangkas Bitung, Stasiun Angke juga akan kembali dibuka untuk pelayanan KRL. Pengoperasian KRL ke Rangkas Bitung ditegaskan Fadhilla akan menggantikan keberadaan kereta api lokal yang selama ini melayani penumpang menuju Stasiun Rangkas Bitung. Penggantian kereta lokal ke KRL seluruhnya akan berlangsung bersamaan dengan berlakunya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) untuk tahun 2017.

Untuk memastikan keselamatan penumpang pada saat berpindah peron, PT KCJ membuat program di bulan Maret 2017 fasilitas JPO yang dilengkapi dengan 6 eskalator di Stasiun Tanah Abang sudah dapat digunakan. Sementara terkait pembangunan jalur penyebrangan bawah tanah atau underpass yang proses pembangunannya telah dimulai sejak akhir 2016 di Stasiun Tebet, Cilebut, Bojong Gede, Citayam, Pondok Raji, dan Sudimara ditargetkan akan selesai pada April 2017 sehingga pengguna jasa dapat menikmati fasilitas penyebrangan yang mengutamakan keselamatan.

Berbagai program telah dipersiapkan PT KCJ untuk mencapai target melayani 1,2 juta penumpang per hari pada tahun 2019 mendatang. Target ini tentu bukan hanya peningkatan kuantitas semata, tetapi juga kualitas dari pelayanan KRL. Sepeti kata Fadhilla, PT KCJ akan terus meningkatkan pelayanan transportasi publik yang murah, aman dan nyaman. Oke pak, kita tunggu realisasinya ya..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SGPP, Sekolah Tinggi tempat Para Pengambil Kebijakan Publik Belajar

Sekolah Tinggi Pemerintahan dan Kebijakan Publik namanya. Sekolah tinggi yang dikenal dengan nama SGPP ini mengajarkan bagaimana mengambil kebijakan publik yang dapat berpengaruh di semua sector baik itu secara nasional maupun internasional. Dengan program studi Kebijakan Publik, SGPP ingin menjadikan mahasiswanya tidak hanya bisa menerapkan kebijakan publik namun juga bisa menganalisa kebijakan publik yang konteksnya kebijakan Indonesia namun bisa diterapkan di banyak negara.  Kampus SGPP di Kawasan Sentul Bogor Memasuki halaman kampus ini terasa begitu sejuk. Semilir angin dan pemandangan rumah-rumah penduduk di Kawasan Bogor terlihat dari kampus yang terletak di dataran tinggi Kawasan Bogor ini. Sekilas, bila dilihat, bangunan gedung utama SGPP ini seperti bangunan-bangunan perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Begitu menginjakan kaki di bagian depan gedung, kenyamanan ruang perpustakaan begitu terasa. Ruang perpustakaan ini menyatu dengan teras yang biasa digunakan m

Mengunjungi Pabrik Pembuatan Kulkas Halal PT Sharp Electronics Indonesia

Kata siapa label halal hanya untuk produk-produk makanan dan kosmetik saja. Saat ini PT Sharp Indonesia melakukan terobosan dengan memberikan label halal pada produk lemari es atau kulkas keluaran terbarunya. Pabrik pembuatan PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang, Jawa Barat. Beruntung hari Rabu (9/5) kemarin saya mengunjungi pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang Barat, Jawa Barat, untuk melihat langsung proses pembuatan kulkas halal pertama di Indonesia di pabrik yang berdiri sejak tahun 2012 ini.   Sebelum melihat langsung proses pembuatan kulkas Sharp, saya dan teman-teman blogger lainnya dijamu oleh jajaran petinggi dan management PT Sharp Indonesia. Dalam kesempatan ini, Asisten Manajer Strategi Produksi PT Sharp Electronics Indonesia, Afka Adhitya, menjelaskan, alasan PT Sharp Electronics Indonesia mengeluarkan kulkas halal, tujuan utamanya Sharp adalah untuk memberikan rasa nyaman dan aman di tengah masyarakat akan sebuah produk baran

Wisata Kuliner di Pangkal Pinang, Wajib Mencoba Martabak Acau 89

Pulau Bangka di provinsi Bangka Belitung selama ini terkenal dengan objek wisata pantai. Pantai-pantai seperti Pantai Pasir Padi menjadi daerah tujuan wisata di Pangkal Pinang yang banyak dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik. Namun dibalik pesona pantainya yang indah, Pangkal Pinang juga memiliki pesona kuliner yang juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal dari daerah ini adalah martabak.  Martabak Acau yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Pangkal Pinang, Bangka Belitung Martabak selama ini identik dengan Pulau Bangka. Kuliner yang belakangan naik daun berkat variasi rasanya yang menggugah selera memang berasal dari provinsi dengan ibukota Pangkal Pinang ini. Nah Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangka tapi tidak mencoba wisata kuliner dengan berburu martabak bangka. Martabak Bangka memang menjadi makanan wajib yang harus dinikmati jika berkunjung ke daerah yang terkenal   kaya akan timah ini. Kita bakala