Langsung ke konten utama

Al Azhar Memorial Garden, Taman Pemakaman Islami di Timur Karawang


Berkunjung ke makam selalu memberikan nuansa syahdu dan seperti ingat akan kematian yang menjemput kita. Kapan pun datangnya sang maut, kita sebagai manusia tidak akan pernah tahu. Semua itu menjadi bagian dari rahasia Tuhan. Begitupun saat kemarin saya dan beberapa blogger dari Jakarta dan Bandung mendapatkan kesempatan berkunjung ke Al Azhar Memorial Garden yang terletak di Kawasan Karawang Timur. Makam yang bernuansa sejuk dengan pepohonan di sepanjang area makam ini menjadi pemakaman syariah milik Yayasan Pesantren Islam Al Azhar.
Al Azhar Memorial Garden yang terletak di timur Karawang
Menginjakan kaki di Al Azhar Memorial Garden nuansa syahdu begitu terasa. Dua kubah kokoh berdiri di samping gapura bertuliskan Al Azhar Memorial Garden. Rumput hijau dan pepohonan membuat nuansa hijau begitu dominan di sini. Pemakaman yang berlokasi di Jalan Peruri, Teluk Jambe, Karawang Timur ini memiliki luas 25 hektar. Dari luas ini, pemakaman Al Azhar Memorial Garden ada 29 ribu lubang yang tersedia dan hingga saat ini baru sekitar 3000 liang lahat yang sudah terjual.
Makam-makam yang terdapat di Al Azhar Memorial Garden

Al Azhar Memorial Garden memiliki 3 type makam yang ditawarkan kepada para calon pembeli. Pertama, type single yang memiliki ukuran makam 1,5 m x 3.0 meter persegi. Untuk type ini dijual dengan harga Rp. 25.500.000. Type kedua adalah type double. Type makam double ini diperuntukan untuk dua orang bisa untuk memakamkan keluarga maupun suami istri di makam yang bersebelahan. Untuk type double ini memiliki luas 3.5 m x 3.9 m dan dipasarkan dengan harga Rp. 84.000.000. Pemakaman Al Azhar Memorial Garden juga memiliki makam bertype family yang memiliki luas 3.5 meter x 7.5 meter dengan harga Rp. 220 juta. Selain itu, pemakaman ini juga memiliki kavling royal zone yang diperuntukan untuk keluarga besar yang menampung 15 makam. Untuk type ini dipasarkan dengan harga Rp. 1,8 Miliar.

Pemakaman Al Azhar Memorial Garden juga memberikan perawatan makam sepanjang masa yang hanya dibayarkan satu kali. Selain itu, pemakaman ini juga memiliki layanan menangani prosesi pemakaman mulai dari rumah duka hingga menuju ke Al Azhar Memorial Garden. Selain itu ada juga layananan pemindahan makam dari makam lama ke pemakaman ini. 
Makam type double


Dalam kunjungan ini, saya dan para blogger lainnya juga diajak untuk melihat-lihat makam mulai dari type single hingga ke royal zone. Semua makam yang sudah terisi terlihat dirawat dengan baik dengan makam yang sederhana. Setiap makam hanya diberikan batu nisan yang berisi nama, tanggal lahir dan tanggal meninggal. Makam sederhana memang menjadi salah satu ciri makam syarah. Untuk type royal zone, makam dilengkapi dengan sebuah saung yang berdiri di pojok makam dengan kubah seperti masjid untuk keluarga yang ingin berziarah dan mendoakan almarhum di liang kubur.

Makam-makam di Pemakaman Al Azhar Memorial Garden diberi zona-zona serta nomor makam. Ini untuk memudahkan para peziarah mencari lokasi makam sanak keluarganya yang dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden. Menurut Bapak Hendi, marketing di Pemakaman Al Azhar Memorial Garden, pemakaman ini  biasanya rama dikunjungi peziarah saat hari-hari besar keagamaan seperti saat Idul Fitri dan Idul Adha. “Menjelang puasa seperti saat ini juga biasanya makam banyak dikunjungi keluarga yang ingin berziarah”. Ungkap Bapak Hendi.
Bangunan seperti saung dengan kubah masjid untuk sanak keluarga yang ingin berdoa

Kehadiran makam ini juga memberikan berkah tersendiri bagi warga yang tinggal di sekitar makam. Banyak warga sekitar yang bekerja di Pemakaman Al Azhar Memorial Garden.Selain itu, Al Azhar juga memberikan kesempatan pada ummat untuk ikut berpartisipasi dalam program wakaf makam Al Azhar yang diperuntukan untuk kaum duafa.

Lahan pemakaman Al Azhar Memorial Garden yang memiliki luar 25 hektar
Makam sejatinya adalah tempat peristirahatan terakhir bagi manusia yang dipanggil menghadap sang pencipta. Untuk itu kita sebagai keluarga yang masih hidup sudah selayaknya memberikan penghormatan kepada jenazah sanak family kita yang meninggal dengan menguburkan di pemakaman yang baik. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencicipi Sajian Makanan Kereta Api Milik PT Reska Multi Usaha

Kisah Ajeb-Ajeb Anak Cipayung Part 1 : Dugem oh Dugem......

Ini dia neh kejadian paling hot yang pernah gua tulis. (bayangin, gua nulisnya aje sampe buka baju segala he..he..). ini kisah tentang ajeb-ajeb cuy (karena musiknya bukan dangdut jadi ajeb-ajeb, coba kalo musiknya dangdut pasti bunyinya adut..adut..adut..adut.. jangan sambil joget ya bacanya he..he..) di suatu Pantai Indah yang banyak kapuknya (makanya tempat itu dikasih nama Pantai Indah Kapuk he..he.. walaupun sebenernya gua bingung, pantai yang berkapuknya sebelah mana ya he..he..).

Awalnya disuatu siang pas gua lagi browsing gambar-gambar vulgar dan sedikit cabul untuk web tempat gua bekerja (nama webnya www.langitberita.com, terus klik aja rubrik lifestyle nah entar keluar tuh berita-berita yang gambarnya bikin mata melek terus he..he..). Tiba-tiba ada pesen dari Mr Momot yang isinya gua ngeliput acara dugem di PIK, nama acaranya RnB Parade (wah gua langsung ngayal, rave party di waterboom pasti banyak cewe-cewe seksinya. Udah gitu pasti mereka pada pake pakaian renang, seru neh…

Selamat Jalan Miten…

Kaget sekaligus sedikit engga nyangka ketika siang ini gua mendengar kabar meninggalnya mantan gitarisnya Netral Miten di timeline di twitter gua. Sejenak pikiran gua menerawang pada sosok gitaris gondrong dan pendiam namun permainan gitarnya cukup membuat anak-anak yang melewati masa 90-an  mengenal sosok gitaris yang mungkin salah satu yang terbaik di tahun-tahun itu .
 Iya, dari account twitternya Brutal Band, pertama kali gua ngebaca kabar duka ini dan tidak lama Musisi-musisi  90-an  seperti Ari Lasso juga mengucapkan belasungkawa untuk Miten. Iya, sebagai seorang yang pernah melewati masa 90-an dengan musik-musik yang masih berkualitas , gua emang mengaggumi musisi-musisi di era itu. (Gua dulu sangat hafal siapa aja personil-personil band 90-an karena gua emang hobi koleksi kaset dan setiap beli kaset gua pasti baca tulisan ucapan terima kasih setiap musisi yang ada di covernya, termasuk Miten salah satunya  ).


Miten bersama netral memang cukup fenomenal di tahun 90-an. Saat ba…