Langsung ke konten utama

Waspadalah Keberadaan Vaksin Palsu Berharga Mahal


Vaksin palsu membuat geger masyarakat Indonesia satu bulan belakangan ini. Pemberitaan media mengenai beredarnya vaksin palsu cukup membuat para orang tua was-was. Apalagi disinyalir vaksin palsu ini sudah diedarkan sejak tahun 2003 silam. Kontan saja masalah ini menjadi buah bibir di kalangan orang tua yang kuatir anaknya menjadi salah satu yang terindikasi terkena dampak vaksin palsu ini.
Direktur Pengawasan Distribusi Produk Terapetik dan PKRT, BPOM RI,  Bapak Drs. Arustiyono, APT, MPH sedang memberikan penjelasan
Sebagai ayah yang baik, saya tentunya tidak mau anak kesayangan saya, Radit, menerima vaksin palsu masuk ke dalam tubuhnya. Untuk itu, saya mencoba mencari-cari informasi mengenai keberadaan vaksin palsu ini dan sejauh mana titik peredarannya. Beruntung, pada Jumat (1/7) kemarin, saya diundang untuk menghadiri acara bincang-bincang yang digelar Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bekerjasama dengan Blogger Crony dan Sahabat Ibu. Dalam acara ini dibahas mengenai keberadaan vaksin palsu dan dampaknya pada masyarakat. 
 
Sebagai orang awam, tentu saja acara yang berlangsung di Aula C BPOM, Jalan Percetakan Negara, Jakarta, ini sangat bermanfaat buat saya. Karena informasi yang saya dapatkan dari acara ini sangat berguna untuk tahu apa saja jenis vaksin palsu dan dampaknya bila sudah terlanjur terkena vaksin palsu ini.  
Peredaran Vaksin Palsu Materi yang diberikan oleh Bapak Arus
Hadir sebagai pembicara salah satunya adalah Direktur Pengawasan Distribusi Produk Terapetik dan PKRT, BPOM RI,  Bapak Drs. Arustiyono, APT, MPH. Pak Arus, begitu sapaan akrabnya,  menjelaskan mengenai update terbaru keberadaan vaksin palsu yang sudah beredar luas di masyarakat Indonesia. Pak Arus juga bercerita jika vaksin-vaksin yang dipalsukan merupakan jenis vaksin tambahan atau pilihan dan bukan vaksin dasar. “ Vaksin dasar Insya Allah aman, yang dipalsukan itu adalah vaksin-vaksin opsional yang berharga mahal” ungkap Pak Arus dihadapan para blogger dan komunitas yang hadir dalam acara ini

Wah, dari sini saya berpikir ternyata harga mahal tidak menjamin vaksin itu asli. Malahan ada indikasi vaksin mahal itu palsu. Jadi, untuk orang tua yang akan memberikan vaksin untuk anaknya, harus berhati-hati dengan keberadaan vaksin yang memiliki harga mahal. Apalagi jika itu dijual di klinik-klinik maupun rumah sakit swasta. Bersikap waspada dan hati-hati dalam melakukan vaksin untuk anak Anda di sebuah klinik maupun rumah sakit swasta menjadi sikap yang bijaksana. Karena kalau sampai vaksin palsu masuk ke dalam tubuh anak resikonya sangat fatal bahkan bisa menyebabkan kematian.
Suasana diskusi peredaran vaksin palsu di Aula BPOM, Kawasan Percetakan Negara, Jakarta
Lebih lanjut Pak Arus menjelaskan, saat ini BPOM sudah melakukan penyegelan terhadap vaksin-vaksin palsu yang beredar dibeberapa klinik dan rumah sakit swasta. Penyegelan ini tentu saja untuk menghentikan peredaran vaksin palsu di tengah-tengah masyarakat. Pak Arus mengatakan, jika keberadaan vaksin palsu saat ini tersebar di 9 provinsi dan ada 37 titik klinik dan apotik yang diduga mengedarkan vaksin palsu. 

Dari angka statistik ini, saya agak kuatir juga keberadaan vaksin palsu ini menyebar hingga Makassar, karena saat ini Radit masih berada di Makassar. Tapi, dari informasi yang saya dapatkan, Makassar tidak termasuk kedalam kota ataupun provinsi yang terkena dampak vaksin palsu ini. Lega juga rasanya, apalagi Radit anak saya selama ini selalu di vaksin di puskesmas, jadi kemungkinan untuk terkena wabah vaksin palsu ini ini sangat kecil.  

Nah untuk para orang tua yang kuatir akan keberadaan vaksin palsu ini ada baiknya mengenali ciri-ciri vaksin palsu dan apa dampaknya jika vaksin palsu ini masuk kedalam tubuh. Pertama, untuk mengenali ciri vaksin yang asli apa palsu bisa dilihat dari kemasan serta warna dari kemasan vaksin tersebut. Selanjutnya, perhatikan juga mengenai kondisi tutup botol dari vaksin tersebut apakah ada bekas congkelan atau tidak. Tanggal kadaluarsa dari vaksin juga harus diperhatikan orang tua, lihat pada kemasan vaksin kapan tanggal kadaluarsa vaksin tersebut.  Sebagai tambahan informasi, dampak dari vaksin palsu yang masuk ke dalam tubuh biasanya akan terjadi demam dan badan bengkak-bengkak dan resiko paling fatal vaksin palsu ini dapat menyebabkan kematian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencicipi Sajian Makanan Kereta Api Milik PT Reska Multi Usaha

Kisah Ajeb-Ajeb Anak Cipayung Part 1 : Dugem oh Dugem......

Ini dia neh kejadian paling hot yang pernah gua tulis. (bayangin, gua nulisnya aje sampe buka baju segala he..he..). ini kisah tentang ajeb-ajeb cuy (karena musiknya bukan dangdut jadi ajeb-ajeb, coba kalo musiknya dangdut pasti bunyinya adut..adut..adut..adut.. jangan sambil joget ya bacanya he..he..) di suatu Pantai Indah yang banyak kapuknya (makanya tempat itu dikasih nama Pantai Indah Kapuk he..he.. walaupun sebenernya gua bingung, pantai yang berkapuknya sebelah mana ya he..he..).

Awalnya disuatu siang pas gua lagi browsing gambar-gambar vulgar dan sedikit cabul untuk web tempat gua bekerja (nama webnya www.langitberita.com, terus klik aja rubrik lifestyle nah entar keluar tuh berita-berita yang gambarnya bikin mata melek terus he..he..). Tiba-tiba ada pesen dari Mr Momot yang isinya gua ngeliput acara dugem di PIK, nama acaranya RnB Parade (wah gua langsung ngayal, rave party di waterboom pasti banyak cewe-cewe seksinya. Udah gitu pasti mereka pada pake pakaian renang, seru neh…

Selamat Jalan Miten…

Kaget sekaligus sedikit engga nyangka ketika siang ini gua mendengar kabar meninggalnya mantan gitarisnya Netral Miten di timeline di twitter gua. Sejenak pikiran gua menerawang pada sosok gitaris gondrong dan pendiam namun permainan gitarnya cukup membuat anak-anak yang melewati masa 90-an  mengenal sosok gitaris yang mungkin salah satu yang terbaik di tahun-tahun itu .
 Iya, dari account twitternya Brutal Band, pertama kali gua ngebaca kabar duka ini dan tidak lama Musisi-musisi  90-an  seperti Ari Lasso juga mengucapkan belasungkawa untuk Miten. Iya, sebagai seorang yang pernah melewati masa 90-an dengan musik-musik yang masih berkualitas , gua emang mengaggumi musisi-musisi di era itu. (Gua dulu sangat hafal siapa aja personil-personil band 90-an karena gua emang hobi koleksi kaset dan setiap beli kaset gua pasti baca tulisan ucapan terima kasih setiap musisi yang ada di covernya, termasuk Miten salah satunya  ).


Miten bersama netral memang cukup fenomenal di tahun 90-an. Saat ba…