Langsung ke konten utama

Ketika Pesan Pak Jonan Diaplikasikan Menjadi Wujud Nyata oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian



Nampaknya pesan Menteri perhubungan Ignasius Jonan, “Lebih Baik Terlambat Sampai daripada Tidak Sampai Sama Sekali” sangat dipegang oleh seluruh jajaran Kementerian Perhubungan tidak terkecuali Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Lewat Dirjen Perkeretaapian yang baru, Prasetyo Boeditjahjono, Direktorat Jenderal Perkeretaapian nampaknya sangat serius membenahi masalah-masalah perkeretaapian khususnya untuk mudik lebaran tahun ini.
Diskusi wartawan dan blogger dengan Dirjen Perkeretaapian Bapak Prasetyo Boeditjahjono
Kira-kira itulah gambaran diskusi antara Jajaran Direktorat Jenderal Perkeretaapian dengan para wartawan dan Blogger yang berlangsung di Hotel Milenium Jakarta Kamis (30/6) lalu. Dalam diskusi santai yang diiringi dengan acara Buka Bersama dan perkenalan dengan Dirjen Perkeretaapian yang baru, Prasetyo Boeditjahjono, dibahas mengenai permasalahan seputar perkeretaapian. Masalah-masalah yang dibahas mulai dari persiapan menghadapi arus mudik hingga perkembangan jalur Trans Sulawesi mengemuka di diskusi yang berjalan akrab dan santai ini.

Saya menjadi salah satu peserta yang diundang dan mengikuti diskusi santai namun menarik ini. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh rekan-rekan wartawan dan blogger seputar perkembangan terkini dari perkeretaapian. Misalnya saja, masalah titik longsor yang rawan terjadi di jalur kereta api menjelang mudik lebaran ini. Dirjen Perkeretaapian, Prasetyo Boeditjahjono, menjelaskan jika jalur-jalur rawan longsor sudah diantisipasi dan di minimalisir dengan baik. “Untuk jalur rawan longsor sudah kita minimalisir sehingga perjalanan kereta api bisa aman dan lancar” ungkap Prasetyo Boeditjahjono.
Sesi tanya jawab dengan wartawan dan blogger
Tidak hanya itu, untuk mewujudkan target Zero Accident pada tahun ini , Direktorat Perkeretaapian juga melakukan beberapa langkah yang signifikan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menjalankan tes urine kepada seluruh masinis yang akan bertugas pada musim mudik lebaran tahun ini. Saya sangat mengapresiasi dengan kegiatan tes urine ini. Karena  untuk menjamin keselamatan penumpang salah satunya harus memastikan sang masinis tidak sedang mengkonsumsi narkoba atau tidak dalam keadaan mabuk. Kereta api memang menjadi salah satu transportasi umum yang banyak dipilih pemudik untuk pulang kampung. Selain cepat, naik kereta api masih dinilai aman untuk berpergian jarak jauh termasuk untuk tujuan mudik salah satunya.

Dari diskusi ini saya juga tahu mengenai bagaimana perkembangan jalur Trans Sulawesi yang saat ini sedang direncanakan untuk dibangun.  Trans Sulawesi sendiri akan dibangun mulai dari Makassar hingga Kota Pare-Pare dengan jarak sepanjang 142 Km. Nantinya, dengan dibangunnya jalur Trans Sulawesi ini masyarakat di Makassar bisa menikmati sarana transportasi umum berupa kereta api untuk menuju wilayah Pare-Pare dan sekitarnya. Namun sayangnya pembangunan jalur Trans Sulawesi ini masih mengalami kendala salah satunya adalah masalah pembebasan lahan yang ada di sepanjang jalur Trans Sulawesi ini. 
Dirjen Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono saat diwawancarai wartawan
Dirjen Perkeretaapian, Prasetyo Boeditjahjono, memang baru dilantik tanggal 16 Mei 2016 kemarin. Namun, dari diskusi dengan Pak Dirjen, saya optimis jika masalah perkeretaapian di Indonesia pelan-pelan dapat diatasi. Semoga  spirit dan semangat dari pesan Pak Menteri Ignasius Jonan jika  Lebih Baik Terlambat Sampai daripada Tidak Sampai Sama Sekali akan selalu dipegang teguh oleh jajaran Direktorat Perkeretaapian. Sehingga dari semangat ini, masyarakat pengguna transportasi umum khususnya kereta api akan merasa nyaman dan aman ketika naik kereta api.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SGPP, Sekolah Tinggi tempat Para Pengambil Kebijakan Publik Belajar

Sekolah Tinggi Pemerintahan dan Kebijakan Publik namanya. Sekolah tinggi yang dikenal dengan nama SGPP ini mengajarkan bagaimana mengambil kebijakan publik yang dapat berpengaruh di semua sector baik itu secara nasional maupun internasional. Dengan program studi Kebijakan Publik, SGPP ingin menjadikan mahasiswanya tidak hanya bisa menerapkan kebijakan publik namun juga bisa menganalisa kebijakan publik yang konteksnya kebijakan Indonesia namun bisa diterapkan di banyak negara.  Kampus SGPP di Kawasan Sentul Bogor Memasuki halaman kampus ini terasa begitu sejuk. Semilir angin dan pemandangan rumah-rumah penduduk di Kawasan Bogor terlihat dari kampus yang terletak di dataran tinggi Kawasan Bogor ini. Sekilas, bila dilihat, bangunan gedung utama SGPP ini seperti bangunan-bangunan perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Begitu menginjakan kaki di bagian depan gedung, kenyamanan ruang perpustakaan begitu terasa. Ruang perpustakaan ini menyatu dengan teras yang biasa digunakan m

Mengunjungi Pabrik Pembuatan Kulkas Halal PT Sharp Electronics Indonesia

Kata siapa label halal hanya untuk produk-produk makanan dan kosmetik saja. Saat ini PT Sharp Indonesia melakukan terobosan dengan memberikan label halal pada produk lemari es atau kulkas keluaran terbarunya. Pabrik pembuatan PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang, Jawa Barat. Beruntung hari Rabu (9/5) kemarin saya mengunjungi pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang Barat, Jawa Barat, untuk melihat langsung proses pembuatan kulkas halal pertama di Indonesia di pabrik yang berdiri sejak tahun 2012 ini.   Sebelum melihat langsung proses pembuatan kulkas Sharp, saya dan teman-teman blogger lainnya dijamu oleh jajaran petinggi dan management PT Sharp Indonesia. Dalam kesempatan ini, Asisten Manajer Strategi Produksi PT Sharp Electronics Indonesia, Afka Adhitya, menjelaskan, alasan PT Sharp Electronics Indonesia mengeluarkan kulkas halal, tujuan utamanya Sharp adalah untuk memberikan rasa nyaman dan aman di tengah masyarakat akan sebuah produk baran

Wisata Kuliner di Pangkal Pinang, Wajib Mencoba Martabak Acau 89

Pulau Bangka di provinsi Bangka Belitung selama ini terkenal dengan objek wisata pantai. Pantai-pantai seperti Pantai Pasir Padi menjadi daerah tujuan wisata di Pangkal Pinang yang banyak dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik. Namun dibalik pesona pantainya yang indah, Pangkal Pinang juga memiliki pesona kuliner yang juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal dari daerah ini adalah martabak.  Martabak Acau yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Pangkal Pinang, Bangka Belitung Martabak selama ini identik dengan Pulau Bangka. Kuliner yang belakangan naik daun berkat variasi rasanya yang menggugah selera memang berasal dari provinsi dengan ibukota Pangkal Pinang ini. Nah Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangka tapi tidak mencoba wisata kuliner dengan berburu martabak bangka. Martabak Bangka memang menjadi makanan wajib yang harus dinikmati jika berkunjung ke daerah yang terkenal   kaya akan timah ini. Kita bakala