Ketemu Gilang Ramadhan…


Sabtu kemarin abis pulang kantor , gua emang pengen mampir aja ke salah satu mall di bilangan Garuda (nama mall nya Tamini Square). Sebenernya gua pengen beli nasi goreng di salah satu tempat disitu, tapi begitu masuk pintu mall gua udah disambut oleh keramaian orang-orang yang lagi berkumpul. ...(tapi bukan gua ya yang disambut, kalo gua yang ada disambit he..he..). Gua sempet mikir, neh mall lagi ada hajatan kali ya kok pada ngumpul disini semua neh orang sekampung he..he . Tapi dugaan gua salah, di mall ini sepertinya lagi ada acara, soalnya orang-orang banyak berkerumun didepan panggung dan menyaksikan seorang yang lagi performance kayanya (gua masih belum tau siapa orang yang tampil di panggung itu sebelum akhirnya jadi autis ngeliat neh orang perform he..he..).

Begitu gua mendekati panggung, ternyata gua surprise juga (sedikit shock tapi ga sampe teriak apalagi latah he..he..)karena orang yang lagi dipanggung itu adalah Gilang Ramadhan, seorang drummer handal yang dimiliki Indonesia dan Gilang adalah satu dari sekian drummer favorite gua. Begitu tau ada Gilang, Jadilah gua semakin mendekat ke panggung untuk menonton dari dekat drummer yang dulu pernah berduet bareng Indra Lesmana itu. gua Cuma bisa terbengong-bengong ngeliat Gilang Ramadhan bermain drum (untungnya gua engga nepok-nepok pipi, karena gua yakin ini bukan mimpi he..he..). Anjrit… maennya asyik banget neh orang, begitu kagumnya sampe-sampe gua lupa tuh tujuan gua ke mall itu mau ngapain ya he..he..

Iya, saat itu emang lagi digelar pertunjukan dari drummer-drummer cilik muridnya Gilang Ramadhan studio drum yang tempat les nya engga jauh dari mall itu. Pas gua perhatiin sekeliling panggung (baru ngeliatin orang-orang disekeliling gua setelah Gilang Ramadhan selesai perfom he..he..) eh ternyata emang banyak anak kecil pada bawa-bawa stik drum dan ternyata mereka menunjukan kebolehan nya bermain drum . wah jago-jago juga neh bocah-bocah maen drumnya, begitu kata-kata yang terbersit di otak gua begitu melihat bakat-bakat kecil ini udah pada gape maen drumnya (sampe malu juga gua, ternyata jagoan mereka daripada gua ya maen drumnya he..he..).

Ngomong-ngomong Gilang Ramadhan, dulu jaman-jaman SMP, gua emang sering liat permainan drum dia di Tipi pas lagu Selamat Tinggal bareng Indra Lesmana itu lagi ngetop-ngetopnya. Gua mikir … gila neh orang set drumnya banyak juga ya, udah gitu style nya dia maen drum juga kayanya asyik banget. Jadi dah gua ngefans sama gaya permainan drum nya Gilang Ramadhan. Jaman dulu emang gua begitu merhatiin para drummer maenin alat musik pukul ini.

Dulu itu, kalo ada video klip band yang musiknya asyik gua bukannya ngeliatin vokalisnya nyanyi tapi yang gua perhatiin adalah drumernya maenin drum set nya dia. (sampe sekarang juga sih, setiap kali gua nonton konser yang gua perhatiin itu drummernya, vokalisnya malah jarang gua liatin he..he..).

Jaman dulu ada empat drummer yang menurut gua asyik kalo lagi maen drum. Mereka adalah Wong Aksan (sekarang namanya Aksan Syuman, tapi gua tetep menyebut dengan nama Wong Aksan, nama yang dipakai ketika dia masih menjadi drumernya Dewa he..he..). Gua juga suka sama permainan drumnya Bimo Netral (sekarang drumernya Bonus, tapi lagi-lagi gua menyebutnya dengan nama Bimo Netral he..he..). neh orang kalo udah mukul drum kenceng banget kayanya dan pukulan drumnya jadi mantap kedengeran dikuping.

Gua juga jaman dulu ngefans sama Ronald Gigi (dulu juga jadi drumernya DR PM, band yang sempet terkenal dengan gaya panggung atraktif sang vokalis Erwin Moron). Kalo Ronald itu maen drum atraktif banget, set drumnya juga asyik buat diliat. Kalo dia maen kayanya semua symbal itu dipukul semua jadi keren aja ngeliat gaya maen drumnya di atas panggung. (dulu gua suka video klipnya Gigi yang ooo..ooo.. waktu itu model nya adalah sekumpulan bocah botak yang mengganggu Gigi lagi maen, tapi gua liat si Ronald asyik aja maen drumnya di video itu.).

Drummer terakhir yang gua kagumi ya.. Gilang Ramadhan, gua pernah beberapa kali liat dia maen di event Jazz Goes To Campus-nya (JGTC) UI dan emang neh orang kalo udah maen drum kaga ada duanya dah, nguasain banget dah dia pokoknya, sampe-sampe set drumnya dipanggung itu paling banyak dibanding drummer-drumer lainnya. (kita bakalan tau, kalo Gilang nanti bakal Perform dari set drumnya dia yang banyak dipanggung he..he..).

Balik lagi ke acara di Mall tadi, karena gua mikir kapan lagi dapet kesempetan ketemu Gilang dari deket, akhirnya otak gua berputar mencari stik drum yang bakalan gua minta tanda tanganin Gilang Ramadhan. Tapi gua cari-cari kayanya deket-deket situ engga ada yang jual stik drum (saking pengen nya gua beli stik drum, sampe ada niat gua minta stik sama tuh anak kecil, tapi tengsin juga entar kalo orang tuanya tau he..he..).

Gua juga nyoba ke stand musik yang ada di depan kali aja ada yang jual stik drum, tapi ternyata engga ada juga barang yang gua cari mendadak itu. Akhirnya gua mikir, daripada engga dapet tanda tangan sama sekali, gua minta tanda tangannya Gilang di kertas catetan yang biasa gua bawa-bawa waktu liputan kemaren, dan akhirnya dengan sedikit tengsin he..he.. gua minta aja tanda tangan ke dia. (Nora…nora dah, bodo ah yang penting dapetin tanda tangan nya he..he.., sampe sekarang gua masih mikir, kira-kira ada orang yang kenal terus ngeliat gua minta tanda tangan artis ga ya he..he.. ).

Gua mendekat dan mulai menyapa ‘Mas boleh minta tanda tangan nya ga,’ ( sambil nyodorin note gua itu he..he..). Gilang yang ngeliat gua ternyata ketawa dan sedikit kaget (mungkin dia mikir gua jurnalis yang abis ngeliput acaranya nya dia kali he..he..). Dia mencorat-coret note gua dengan goresan tangan nya dia. Begitu selesai, dia balikin itu note gua. Terus gua nanya, mas boleh minta stik drumnya yang tadi dipake ga, dia bilang wah saya engga megang stik sambil mengacungkan dua jempolnya ke arah gua. (mungkin dia salut kali ada anak muda yang ngefans sama dia he..he..) Biarin dah engga dapet stik drumnya, yang penting dapet tanda tangan nya he..he..

Oia ngomong-ngomong drummer, beberapa minggu lalu dunia musik Indonesia kehilangan salah satu drumernya yakni Uce Haryono. Uce ini dulunya adalah drummer band Bayou, band pop rock yang ngetop di tahun 90-an berkat lagu Hanya Dirimu. Mungkin orang banyak yang lupa kalo Uce adalah drummer band Bayou dan lebih mengenal Uce sebagai Drumer band Karimata. Sosok Uce di Bayou-lah yang membuat gua tau kalo Uce adalah salah satu drummer terbaik di negeri ini. Gua sempet beberapa kali ngeliat aksi panggung nya di JGTC, almarhum emang bener-bener handal memainkan alat musik ini. Selamat jalan Mas Uce Haryono…

Komentar

Postingan Populer