Rabu, 11 Mei 2011

Dilangit ada Parodi...


Seminggu yang lalu gua nonton tayangan Opera Van Java (biasa disingkat OVJ, tapi untungnya engga disingkat OVI, entar kaya layanan salah satu merek Hape lagi he..he..). Dalam adegan itu tergambar bahwa Sule lagi memparodikan gaya Anang lengkap dengan dialek khas Jember dari penyanyi yang hobi berduet dengan perempuan-perempuan cantik ini he..he.. Kalo diperhatiin, tayangan ini emang belakangan mulai memparodikan beberapa tayangan yang lagi jadi pembahasan di Tipi. (mungkin udah kehabisan ide kali ya tim kreatifnya he..he..).

Tapi ngomong-ngomong parodi , entah kenapa setiap kali menonton tayangan jenis ini, pasti bisa mengundang gua buat ketawa (kaya kawinan aje pake diundang tuh ketawa he..he..). kaya apa yang dilakukan Sule dan kawan-kawan ditayangan OVJ emang bener-bener mirip kaya apa yang kita liat di infotaiment-infotaiment itu he..he... Buat gua itu menjadi sesuatu hal yang lucu apalagi kalo kita tahu tayangan aslinya seperti apa. (gua engga tahu apa reaksi nya Anang nonton acara itu, mungkin dia juga ikutan ketawa kali he..he..).

Engga Cuma gaya anang aja yang diparodiin Sule dan kawan-kawannya, Neh orang juga engga tanggung-tanggung ikut memparodikan lagu yang dinyanyiin boi band yang lagi wara-wiri di tipi belakangan ini (engga usah ditulis ye nama boi bandnya he..he..). Lagu mereka yang berjudul cenat-cenut berhasil diplesetin jadi bibirmu dower lengkap dengan videoklip yang setiap kali gua tonton pasti membuat gua senyam-senyum sendiri. Emang ide parodiin lagu ini terbilang tepat karena emang moment nya pas disaat boiband itu sekarang jadi idola para ababil (kata si Ugeng sih singkatannya ABG Labil, gua baru tau ada singkatan kaya gitu he..he..).

Ngomong-ngomong parodi- memparodikan lagu orang, Sule dan kawan-kawan bukanlah orang pertama yang ngelakuin hal ini. kalo kita kilas balik beberapa tahun lalu (pertengahan tahun 90-an tepatnya), ada grup asal Bandung yang terbilang sukses memparodikan lagu-lagu yang lagi ngetop baik itu lagu negeri sendiri maupun lagu yang dibawain oleh bangsa-bangsa yang biasa kita sebut dengan orang bule. (tapi bukan bule gua ya he..he..). Grup itu tak lain dan tak bukan adalah Padhyangan Project. Grup yang digawangi Deni, Izhur, Daan, Joe, Iyang dan deden ini (sampe apal gua sama semua personil nya he..he..) adalah grup parodi yang menurut gua paling juara dinegeri ini.

Gua masih inget banget ketika gua masih SD, mereka sukses memparodikan lagu That They We Love Goesnya Jant Jackson yang diparodiin jadi lagu berjudul Nasib Anak Kos. Lagu ini terbilang sukses mengangkat nama mereka ke blantika musik Indonesia sebagai grup spesialis parodi he..he… tidak hanya satu album yang mereka hasilkan, tapi sampe beberapa album sukses mereka besut dengan lagu-lagu parodi tentunya. (ya…meskipun di album terakhir mereka mulai memasukan lagu sendiri, tapi hasilnya kurang sukses dibanding mereka memparodikan lagu orang).

Bukan hanya lagu Janet Jackson aja yang berhasil mereka parodikan, tapi juga lagu dari artis dan grup band luar negeri kaya lagunya Nirvana yang judulnya Come as You Are diparodiin jadi kambing liar (Ma Onah he..he.. ). Lagu-lagu hits dari negeri sendiri pun pernah mereka parodiin, kaya lagunya Andre Hehanusa yang bidadari mereka plesetkan jadi Tabrak Lari. Jaman itu, gua selalu nunggu album baru dari grup yang sekarang udah engga pernah kedengeran lagi namanya ini. Gua kaya penasaran lagu apalagi yang kira-kira mereka parodiin. (dulu jaman SMP, ada temen gua yang kalo disuruh nyanyi didepan kelas, dia malah nyanyi lagunya Padhyangan Project yang judulnya Cantik tapi bau he..he..).

Makanya begitu kemarin ini ngeliat Sule dengan gaya kocaknya memparodikan gayanya Anang, pikiran gua juga langsung mengenang masa-masa Padhyangan Project sukses membuat anak-anak muda, ABG sih lebih tepatnya kaya gua pada waktu itu tergila-gila dengan lelucon-lelucon yang berasal dari parodi sebuah lagu. Dulu kalo gua inget ada acara namanya citra pariwara (ajang untuk menilai iklan mana saja yang masuk kategori terbaik) selalu memakai mereka untuk memparodikan iklan-iklan yang sedang disukai masyarakat. Kalo udah liat Padhyangan di acara ini, pasti berhari-hari disekolah ngebahasnya soal iklan-iklan yang mereka parodiin. (entah kenapa sekarang acara citra pariwara seperti menghilang dari peredaran televise, apa emang gua aja ya yang ga pernah nonton he..he..).

Ngomong-ngomong parodi yang biasanya menyangkut hal-hal yang tidak serius, kini juga hadir website atau portal lebih tepatnya yang berisi hal-hal yang juga memang kurang begitu serius. Kalo yang serius-serius udah ada yang mulai duluan kaya de**k.com dan rekan-rekan sejawat lainnya, jadi portal ini main di ranah yang agak soft aja. (Ibarat makan, De**k itu menu utamanya, nah portal ini sebagai menu penutupnya, bahasa kerennya sih desert gitu dah he..he.. ). Mau tau nama portal yang bisa memuaskan dahaga kalian mengenai segala informasi kaya misalnya 10 model tercantik dengan bayaran termahal atau mau sekedar melihat pemain belakang terbaik di dunia, nah mulai deh tuh cari yang namanya www.langitberita.com biar engga ketinggalan info-info terkini dari seluruh penjuru dunia. (kan engga enak, kalo ada orang ngomong gimana caranya biar kentut engga bunyi , eh kita malah engga tau terus tiap kali kita kentut pasti keluar dah tuh bunyi yang bikin kita malu he..he.., engga nyambung ya).

Berhubung beberapa minggu ini gua sedang bergelut dengan portal itu, mungkin Blog kesayangan gua ini rada-rada gua anggurin dulu, tapi tetep yang namanya jiwa menulis (blog) gua tetep membara kaya api unggun yang selalu dibakar anak pramuka di Cibubur sono he..he.. Buat para pecinta blog ini (emang ada ya he..he..) mohon pemakluman nya ya, ya kalo kangen sama tulisan di blog ini, kan ada arsip-arsip yang bisa di baca berkali-kali he..he..(kali aja nanti kalo gua mau bikin kuis berhadiah abu gosok tentang blog ini, para penggemar setia blog ini ada yang bisa ngejawab dan ngedapetin abu gosok he…he.., kan lumayan tuh buat nyuci he..he..). udah ah, kasur gua udah manggil-manggil tuh mau ngajakin tidur bareng katanya he..he..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar