Langsung ke konten utama

Kenali Gangguan Tiroid Mulai dari Sekarang


Pernah mendengar gangguan tiroid ? atau mungkin Anda belum tahu apa itu tiroid dan terletak di sebelah mana kelenjar tiroid itu. Nah kali ini saya mau ngebahas mengenai apa itu gangguan tiroid dan apa saja gejalanya. Baca terus sampai bawah ya, karena ini penting buat pengetahuan kita. 

Saya mau berbagi karena pada Jumat (26/5) kemarin saya mengikuti seminar kesehatan dalam rangka pekan kesadaran tiroid internasional, yang membahas seputar gangguan tiroid di Kementerian Kesehatan yang terletak di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan sana.
Dr Lily Sriwahyuni Sulistyowati, MM S yang berbicara dalam pekan kesadaran tiroid internasional di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta
Pertama, apa sih kelenjar tiroid itu? kelenjar tiroid adalah kelenjar hormon berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian depan bawah leher. Fungsi kelenjar tiroid ini adalah mengendalikan metabolisme yang berperan penting dalam kesehatan. Tugas kelenjar tiroid ini adalah menghasilkan hormon tiroid yang akan dibawa oleh darah ke seluruh jaringan tubuh. Hormon ini dibutuhkan untuk memastikan jaringan dan organ tubuh bekerja dengan benar. 

Oiya, hormon tiroid ini membantu tubuh menggunakan energi, membantu tubuh tetap hangat dan menjaga otak, jantung, otot, dan organ lain bekerja sebagaimana mestinya loh.

Nah itu tadi penjelasan mengenai kelenjar tiroid serta fungsi dan tugasnya didalam tubuh. Masih mau lanjut baca mengenai gangguan tiroid ini. Nyok dah simak penjelasan lebih lanjut di sini ya. Kali ini saya mau bahas apa yang menyebabkan gangguan tiroid pada orang dewasa. Cekidottt terus ye he..he..

Ada 2 tipe utama gangguan tiroid yakni hipotiroid dan hipertiroid. Apa saja penyebab dan gejala dari dua gangguan tiroid ini, neh simak baik-baik ya perbedaannya. Jangan sampai salah apalagi ketuker bisa berabe nanti.

Hipotiroid atau kelenjar tiroid yang kurang aktif terjadi apabila kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Artinya neh, sel tubuh kita tidak mendapatkan hormon tiroid yang cukup untuk bekerja dengan baik dan metabolisme tubuh pun melambat. 
Dr.Aman Pulungan yang berbicara tiroid pada anak
Hipotiroid ini bisa disebabkan oleh banyak hal loh diantaranya karena penyakit autoimun, kerusakan kelenjar tiroid yodium yang terlalu banyak atau teralu sedikit serta akibat pengobatan dengan radiasi. Jika tidak diobati gejala hipotiroid akan meningkat dan menyebabkan komplikasi yang serius bahkan bisa mengancam jiwa juga loh, ngeri banget kan.
 
Itu tadi hipotiroid, sekarang, kita akan bahas hipertiroid atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Ini terjadi ketika kelenjar tiroid melepaskan terlalu banyak hormon dalam aliran darah sehingga mempercepat metabolisme tubuh. Hipertiroid cenderung terjadi karena faktor keturunan dalam keluarga serta sering terjadi pada perempuan di usia muda. Jadi buat yang ada keturunan hipertiroid harus hati-hati dan mulai mengenali langkah pencegahannya mulai dari sekarang ya.
Dalam acara ini juga diluncurkan buku saku Waspada Gangguan Tiroid dari Kemenkes yang disebar untuk masyarakat
 Penyakit graves adalah tipe utama hipertiroid. Dalam keadaan ini, antibody dalam darah mengaktifkan kelenjar tiroid, menyebabkan kelenjar membesar, dan mengeluarkan terlalu banyak hormon tiroid. Tipe lain dari hipertiroid ini ditandai dengan adanya nodul atau benjolan dikelenjar tiroid yang meningkatkan sekresi hormon tiroid dalam darah.
 
Nah itu dia bedanya hipotiroid dengan hipertiroid. Sekarang saya mau kasih tau gejala-gejala dari dua gangguan tiroid ini. Kalau diantara gejala-gejala ini terjadi pada anda,saya sarankan sih untuk segera periksakan ke dokter sebelum semuanya terlambat… tsah.. bahasanya berat ya he..he..

Pertama saya jabarin dulu apa aja gejala hipotiroid. Simak ya..
  1.     Muka sembab
  2.     Konstipasi
  3.     Pertambahan berat badan
  4.    Mudah merasa lelah
  5.     Lebih cepat lupa
  6.     Kulit kering
  7. Intoleransi dingin
  8. .     Siklus mensturasi tidak teratur
  9. .     Kadang disertai pembesaran kelenjar tiroid

Itu dia gejala-gejala  hipotiroid yang harus Anda tahu, sekarang apa aja sih gejala-gejala hipertiroid itu :

  1.      Mata yang menonjol (Exophthalamus)
  2.     Buang air besar berlebih
  3.      Penurunan berat badan
  4.      Sesak nafas
  5.      Gelisah / gugup
  6.     Rambut rontok
  7.   Sering tremor (gemetar di luar kesadaran)
  8.    Intoleransi terhadap panas
  9.    Banyak mengeluarkan keringat
  10.        Kadang disertai pembesaran kelenjar tiroid

Intinya sih kita harus mengenali sejak awal gejala-gejala gangguan hipotiroid dan hipertiroid ini agar kita bisa melakukan pencegahan dini. Bukankan seorang bijak pernah berkata lebih baik mencegah dari pada mengobati.Udah dulu ya, sampai ketemu di artikel selanjutnya ya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SGPP, Sekolah Tinggi tempat Para Pengambil Kebijakan Publik Belajar

Sekolah Tinggi Pemerintahan dan Kebijakan Publik namanya. Sekolah tinggi yang dikenal dengan nama SGPP ini mengajarkan bagaimana mengambil kebijakan publik yang dapat berpengaruh di semua sector baik itu secara nasional maupun internasional. Dengan program studi Kebijakan Publik, SGPP ingin menjadikan mahasiswanya tidak hanya bisa menerapkan kebijakan publik namun juga bisa menganalisa kebijakan publik yang konteksnya kebijakan Indonesia namun bisa diterapkan di banyak negara.  Kampus SGPP di Kawasan Sentul Bogor Memasuki halaman kampus ini terasa begitu sejuk. Semilir angin dan pemandangan rumah-rumah penduduk di Kawasan Bogor terlihat dari kampus yang terletak di dataran tinggi Kawasan Bogor ini. Sekilas, bila dilihat, bangunan gedung utama SGPP ini seperti bangunan-bangunan perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Begitu menginjakan kaki di bagian depan gedung, kenyamanan ruang perpustakaan begitu terasa. Ruang perpustakaan ini menyatu dengan teras yang biasa digunakan m

Mengunjungi Pabrik Pembuatan Kulkas Halal PT Sharp Electronics Indonesia

Kata siapa label halal hanya untuk produk-produk makanan dan kosmetik saja. Saat ini PT Sharp Indonesia melakukan terobosan dengan memberikan label halal pada produk lemari es atau kulkas keluaran terbarunya. Pabrik pembuatan PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang, Jawa Barat. Beruntung hari Rabu (9/5) kemarin saya mengunjungi pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang Barat, Jawa Barat, untuk melihat langsung proses pembuatan kulkas halal pertama di Indonesia di pabrik yang berdiri sejak tahun 2012 ini.   Sebelum melihat langsung proses pembuatan kulkas Sharp, saya dan teman-teman blogger lainnya dijamu oleh jajaran petinggi dan management PT Sharp Indonesia. Dalam kesempatan ini, Asisten Manajer Strategi Produksi PT Sharp Electronics Indonesia, Afka Adhitya, menjelaskan, alasan PT Sharp Electronics Indonesia mengeluarkan kulkas halal, tujuan utamanya Sharp adalah untuk memberikan rasa nyaman dan aman di tengah masyarakat akan sebuah produk baran

Wisata Kuliner di Pangkal Pinang, Wajib Mencoba Martabak Acau 89

Pulau Bangka di provinsi Bangka Belitung selama ini terkenal dengan objek wisata pantai. Pantai-pantai seperti Pantai Pasir Padi menjadi daerah tujuan wisata di Pangkal Pinang yang banyak dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik. Namun dibalik pesona pantainya yang indah, Pangkal Pinang juga memiliki pesona kuliner yang juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal dari daerah ini adalah martabak.  Martabak Acau yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Pangkal Pinang, Bangka Belitung Martabak selama ini identik dengan Pulau Bangka. Kuliner yang belakangan naik daun berkat variasi rasanya yang menggugah selera memang berasal dari provinsi dengan ibukota Pangkal Pinang ini. Nah Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangka tapi tidak mencoba wisata kuliner dengan berburu martabak bangka. Martabak Bangka memang menjadi makanan wajib yang harus dinikmati jika berkunjung ke daerah yang terkenal   kaya akan timah ini. Kita bakala