Langsung ke konten utama

Kenali Gangguan Tiroid Mulai dari Sekarang


Pernah mendengar gangguan tiroid ? atau mungkin Anda belum tahu apa itu tiroid dan terletak di sebelah mana kelenjar tiroid itu. Nah kali ini saya mau ngebahas mengenai apa itu gangguan tiroid dan apa saja gejalanya. Baca terus sampai bawah ya, karena ini penting buat pengetahuan kita. 

Saya mau berbagi karena pada Jumat (26/5) kemarin saya mengikuti seminar kesehatan dalam rangka pekan kesadaran tiroid internasional, yang membahas seputar gangguan tiroid di Kementerian Kesehatan yang terletak di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan sana.
Dr Lily Sriwahyuni Sulistyowati, MM S yang berbicara dalam pekan kesadaran tiroid internasional di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta
Pertama, apa sih kelenjar tiroid itu? kelenjar tiroid adalah kelenjar hormon berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian depan bawah leher. Fungsi kelenjar tiroid ini adalah mengendalikan metabolisme yang berperan penting dalam kesehatan. Tugas kelenjar tiroid ini adalah menghasilkan hormon tiroid yang akan dibawa oleh darah ke seluruh jaringan tubuh. Hormon ini dibutuhkan untuk memastikan jaringan dan organ tubuh bekerja dengan benar. 

Oiya, hormon tiroid ini membantu tubuh menggunakan energi, membantu tubuh tetap hangat dan menjaga otak, jantung, otot, dan organ lain bekerja sebagaimana mestinya loh.

Nah itu tadi penjelasan mengenai kelenjar tiroid serta fungsi dan tugasnya didalam tubuh. Masih mau lanjut baca mengenai gangguan tiroid ini. Nyok dah simak penjelasan lebih lanjut di sini ya. Kali ini saya mau bahas apa yang menyebabkan gangguan tiroid pada orang dewasa. Cekidottt terus ye he..he..

Ada 2 tipe utama gangguan tiroid yakni hipotiroid dan hipertiroid. Apa saja penyebab dan gejala dari dua gangguan tiroid ini, neh simak baik-baik ya perbedaannya. Jangan sampai salah apalagi ketuker bisa berabe nanti.

Hipotiroid atau kelenjar tiroid yang kurang aktif terjadi apabila kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Artinya neh, sel tubuh kita tidak mendapatkan hormon tiroid yang cukup untuk bekerja dengan baik dan metabolisme tubuh pun melambat. 
Dr.Aman Pulungan yang berbicara tiroid pada anak
Hipotiroid ini bisa disebabkan oleh banyak hal loh diantaranya karena penyakit autoimun, kerusakan kelenjar tiroid yodium yang terlalu banyak atau teralu sedikit serta akibat pengobatan dengan radiasi. Jika tidak diobati gejala hipotiroid akan meningkat dan menyebabkan komplikasi yang serius bahkan bisa mengancam jiwa juga loh, ngeri banget kan.
 
Itu tadi hipotiroid, sekarang, kita akan bahas hipertiroid atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Ini terjadi ketika kelenjar tiroid melepaskan terlalu banyak hormon dalam aliran darah sehingga mempercepat metabolisme tubuh. Hipertiroid cenderung terjadi karena faktor keturunan dalam keluarga serta sering terjadi pada perempuan di usia muda. Jadi buat yang ada keturunan hipertiroid harus hati-hati dan mulai mengenali langkah pencegahannya mulai dari sekarang ya.
Dalam acara ini juga diluncurkan buku saku Waspada Gangguan Tiroid dari Kemenkes yang disebar untuk masyarakat
 Penyakit graves adalah tipe utama hipertiroid. Dalam keadaan ini, antibody dalam darah mengaktifkan kelenjar tiroid, menyebabkan kelenjar membesar, dan mengeluarkan terlalu banyak hormon tiroid. Tipe lain dari hipertiroid ini ditandai dengan adanya nodul atau benjolan dikelenjar tiroid yang meningkatkan sekresi hormon tiroid dalam darah.
 
Nah itu dia bedanya hipotiroid dengan hipertiroid. Sekarang saya mau kasih tau gejala-gejala dari dua gangguan tiroid ini. Kalau diantara gejala-gejala ini terjadi pada anda,saya sarankan sih untuk segera periksakan ke dokter sebelum semuanya terlambat… tsah.. bahasanya berat ya he..he..

Pertama saya jabarin dulu apa aja gejala hipotiroid. Simak ya..
  1.     Muka sembab
  2.     Konstipasi
  3.     Pertambahan berat badan
  4.    Mudah merasa lelah
  5.     Lebih cepat lupa
  6.     Kulit kering
  7. Intoleransi dingin
  8. .     Siklus mensturasi tidak teratur
  9. .     Kadang disertai pembesaran kelenjar tiroid

Itu dia gejala-gejala  hipotiroid yang harus Anda tahu, sekarang apa aja sih gejala-gejala hipertiroid itu :

  1.      Mata yang menonjol (Exophthalamus)
  2.     Buang air besar berlebih
  3.      Penurunan berat badan
  4.      Sesak nafas
  5.      Gelisah / gugup
  6.     Rambut rontok
  7.   Sering tremor (gemetar di luar kesadaran)
  8.    Intoleransi terhadap panas
  9.    Banyak mengeluarkan keringat
  10.        Kadang disertai pembesaran kelenjar tiroid

Intinya sih kita harus mengenali sejak awal gejala-gejala gangguan hipotiroid dan hipertiroid ini agar kita bisa melakukan pencegahan dini. Bukankan seorang bijak pernah berkata lebih baik mencegah dari pada mengobati.Udah dulu ya, sampai ketemu di artikel selanjutnya ya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencicipi Sajian Makanan Kereta Api Milik PT Reska Multi Usaha

Kisah Ajeb-Ajeb Anak Cipayung Part 1 : Dugem oh Dugem......

Ini dia neh kejadian paling hot yang pernah gua tulis. (bayangin, gua nulisnya aje sampe buka baju segala he..he..). ini kisah tentang ajeb-ajeb cuy (karena musiknya bukan dangdut jadi ajeb-ajeb, coba kalo musiknya dangdut pasti bunyinya adut..adut..adut..adut.. jangan sambil joget ya bacanya he..he..) di suatu Pantai Indah yang banyak kapuknya (makanya tempat itu dikasih nama Pantai Indah Kapuk he..he.. walaupun sebenernya gua bingung, pantai yang berkapuknya sebelah mana ya he..he..).

Awalnya disuatu siang pas gua lagi browsing gambar-gambar vulgar dan sedikit cabul untuk web tempat gua bekerja (nama webnya www.langitberita.com, terus klik aja rubrik lifestyle nah entar keluar tuh berita-berita yang gambarnya bikin mata melek terus he..he..). Tiba-tiba ada pesen dari Mr Momot yang isinya gua ngeliput acara dugem di PIK, nama acaranya RnB Parade (wah gua langsung ngayal, rave party di waterboom pasti banyak cewe-cewe seksinya. Udah gitu pasti mereka pada pake pakaian renang, seru neh…

Selamat Jalan Miten…

Kaget sekaligus sedikit engga nyangka ketika siang ini gua mendengar kabar meninggalnya mantan gitarisnya Netral Miten di timeline di twitter gua. Sejenak pikiran gua menerawang pada sosok gitaris gondrong dan pendiam namun permainan gitarnya cukup membuat anak-anak yang melewati masa 90-an  mengenal sosok gitaris yang mungkin salah satu yang terbaik di tahun-tahun itu .
 Iya, dari account twitternya Brutal Band, pertama kali gua ngebaca kabar duka ini dan tidak lama Musisi-musisi  90-an  seperti Ari Lasso juga mengucapkan belasungkawa untuk Miten. Iya, sebagai seorang yang pernah melewati masa 90-an dengan musik-musik yang masih berkualitas , gua emang mengaggumi musisi-musisi di era itu. (Gua dulu sangat hafal siapa aja personil-personil band 90-an karena gua emang hobi koleksi kaset dan setiap beli kaset gua pasti baca tulisan ucapan terima kasih setiap musisi yang ada di covernya, termasuk Miten salah satunya  ).


Miten bersama netral memang cukup fenomenal di tahun 90-an. Saat ba…