Rabu, 21 Juni 2017

Dirjen Perkeretaapian Perkirakan Pemudik Menggunakan Kereta Api Naik 4%


Merayakan lebaran di kampung halaman tentu dambaan bagi setiap orang. Apalagi di minggu-minggu terahir menjelang lebaran semua orang berusaha untuk mencari sarana transportasi yang dapat mengantarkannya ke kampung halaman tercinta. Kereta api menjadi salah satu angkutan massal yang menjadi favorit masyarakat untuk mudik karena cenderung bebas hambatan.
Diskusi kesiapan jajaran kereta api sambut mudik 2017 bersama Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono (dokumen TDB)
Kementerian Perhubungan memprediksi penumpang kereta api pada musim lebaran tahun 2017 ini akan naik sekitar 4 % dibanding tahun sebelumnya. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Prasetyo Boeditjahjono, mengatakan, jumlah penumpang kereta api selama musim mudik tahun 2017 ini bisa mencapai angka 6,4 juta pemudik. “Jumlah ini terbagi 10 hari sejak 15 Juni sampai 30 Juni 2017 dan puncaknya diperkirakan akan terjadi pada H-2 atau tepatnya tanggal 23 Juni 2017” Ungkap Prasetyo dalam diskusi jajaran kereta api sambut mudik 2017 di ruang Mataram, Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Selasa (20/6), kemarin.

Selain itu,ungkap Prasetyo, guna mengurangi pemakaian sepeda motor di jalan raya selama musim mudik lebaran 2017 ini,, Direktorat Jenderal Perkeretaapian juga sudah menyediakan angkutan motor gratis yang berkapasitas 18.000 unit sepeda motor. Pada periode yang sama tahun lalu, kapasitas mudik gratis sepeda motor dengan kereta api ini kuotanya 11.000 sepeda motor.
Prasetyo saat berbincang-bincang santai seputar arus mudik menggunakan kereta api dengan awak media
"Sekarang masih ada sekitar 10 persen atau sekitar 1.000 motor lagi dan ini harus dimanfaatkan masyarakat untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya akibat kendaraan bermotor," tambah Prasetyo di hadapan wartawan dan blogger yang ikut dalam diskusi ini.

Lebih lanjut Prasetyo mengatakan, ada beberapa hal yang sudah dilakukan pihaknya untuk memuluskan angkutan lebaran tahun 2017 ini seperti salah satunya melakukan ramp check di seluruh sarana perkeretaapian. “Semua kereta api yang akan digunakan untuk mudik harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya ketika ada yang tidak siap maka harus diperbaiki terlebih dahulu” ujar Prasetyo.

Masyarakat pengguna kereta api tentunya berharap Kementerian Perhubungan dapat mengakomodir kepentingan mereka agar dapat sampai dengan selamat ke kampung halaman masing-masing. Kenyamanan dan keselamatan tentunya menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam perjalanan mereka menggunakan kereta api agar ke depannya semakin banyak masyarakat yang beralih menggunakan kereta api sebagai sarana transportasi utama untuk mengantarkan mereka ke kampung halaman.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar