Rabu, 12 Agustus 2015

Menyaksikan Matahari Tenggelam di Pantai Awan Mendung

Menyaksikan keindahan Sunset Pantai Awan Mendung di Belitung menjadi hal yang menyenangkan
Hari menginjak senja ketika Saya menginjakan kaki di Pantai Awan Mendung. Di tengah pantai, pemandangan matahari tenggelam terlihat begitu indah. Perlahan-lahan sang surya turun ke peraduan di ufuk timur dan langit di cakrawala sekitar sesaat kuning memerah. Sementara, pemandangan Pulau Seliu dari jauh terlihat eksotis. 

Pantai Awan Mendung berada di kawasan Membalong, Belitung Selatan


Pantai Awan Mendung terletak di sebelah selatan Belitung, tepatnya di Kawasan Membalong. Untuk sampai ke pantai ini, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Tanjung Pandan. Pantai ini mungkin tidak se-terkenal Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Namun soal keindahan, pantai ini tidak kalah dengan Pantai Tanjung Tinggi. Pantai Awan Mendung terletak di balik hutan. Sebelum menginjakan kaki di pantai ini Anda harus melewati hutan belantara dengan pepohonan besar yang tumbuh di sekitarnya.

Namun begitu menginjakan kaki di pantai ini, seketika Anda akan terkesima pemandangan yang belum banyak terekspos media ini. Pemandangan pantai dengan batu granit menjadi sajian indah di pantai ini. Sementara pemadangan Pulau Seliu terlihat di tengah laut. Pulau yang memiliki bentuk memanjang begitu indah berada di tengah Pantai Awan Mendung.

Pemandangan Pulau Seliu yang terlihat di tengah Pantai Awan Mendung

Duduk di atas batu granit dan memandang laut lepas saat senja menjadi aktivitas menyenangkan untuk dilakukan saat datang ke pantai ini. Pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan fenomena alam saat matahari secara perlahan tenggelam di ujung laut dan memandangi langit yang berwarna kemerahan. Dari pantai ini, juga dapat terlihat pemandangan Pulau Seliu yang indah di kejauhan.

Sama seperti pantai-pantai lain yang berada di Belitung, Pantai Awan Mendung juga memiliki batu granit yang tersebar di sekitar pantai. Batu-batu granit menjadi dekorasi indah di pantai berpasir putih ini.

Untuk bisa berjalan-jalan di pantai, pengunjung harus berjalan tidak terlalu jauh karena lokasi pantai tepat berada di bawah hutan. Berjalan-jalan di bibir Pantai Awan Mendung menjadi hal yang mengasyikkan. Selain karena pasirnya yang putih, ombak di pantai ini juga relatif tenang.

Nah, sekarang ketika Saya sudah menikah, Saya ingin mengajak istri Saya ke pantai ini sekalian bulan madu. Apalagi menuju Belitung sekarang banyak sekali pilihan pesawat, ada Sriwijaya Air, Lion Air dan Garuda Indonesia. Begitu sampai di Belitung dengan pesawat Garuda sebagai pilihan, Saya akan menceritakan keindahan Pantai Awan Mendung ke istri Saya dan Saya kan mengajaknya datang saat senja agar dapat menyaksikan keindahan sunset di pantai ini.

Pemandangan batu granit khas pantai di Belitung menjadi sajian indah di pantai ini


Pastinya bakalan seru, duduk di atas batu granit dengan suasana hening menyaksikan tenggelamnya matahari dari pantai ini. Ini akan menjadi salah satu pengalaman yang tentu saja menyenangkan untuk kita berdua.


2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. buat traveller pencinta pulau lombok yang suka jalan sendiri ala backpacker atau yang traveling dengan ngambil paket wisata lombok .. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : lombok i love you - #song #reggae #amtenar - makasih untuk tulisannya ini ya kakak. cheers

    BalasHapus