Langsung ke konten utama

Menyaksikan Matahari Tenggelam di Pantai Awan Mendung

Menyaksikan keindahan Sunset Pantai Awan Mendung di Belitung menjadi hal yang menyenangkan
Hari menginjak senja ketika Saya menginjakan kaki di Pantai Awan Mendung. Di tengah pantai, pemandangan matahari tenggelam terlihat begitu indah. Perlahan-lahan sang surya turun ke peraduan di ufuk timur dan langit di cakrawala sekitar sesaat kuning memerah. Sementara, pemandangan Pulau Seliu dari jauh terlihat eksotis. 

Pantai Awan Mendung berada di kawasan Membalong, Belitung Selatan


Pantai Awan Mendung terletak di sebelah selatan Belitung, tepatnya di Kawasan Membalong. Untuk sampai ke pantai ini, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Tanjung Pandan. Pantai ini mungkin tidak se-terkenal Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Namun soal keindahan, pantai ini tidak kalah dengan Pantai Tanjung Tinggi. Pantai Awan Mendung terletak di balik hutan. Sebelum menginjakan kaki di pantai ini Anda harus melewati hutan belantara dengan pepohonan besar yang tumbuh di sekitarnya.

Namun begitu menginjakan kaki di pantai ini, seketika Anda akan terkesima pemandangan yang belum banyak terekspos media ini. Pemandangan pantai dengan batu granit menjadi sajian indah di pantai ini. Sementara pemadangan Pulau Seliu terlihat di tengah laut. Pulau yang memiliki bentuk memanjang begitu indah berada di tengah Pantai Awan Mendung.

Pemandangan Pulau Seliu yang terlihat di tengah Pantai Awan Mendung

Duduk di atas batu granit dan memandang laut lepas saat senja menjadi aktivitas menyenangkan untuk dilakukan saat datang ke pantai ini. Pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan fenomena alam saat matahari secara perlahan tenggelam di ujung laut dan memandangi langit yang berwarna kemerahan. Dari pantai ini, juga dapat terlihat pemandangan Pulau Seliu yang indah di kejauhan.

Sama seperti pantai-pantai lain yang berada di Belitung, Pantai Awan Mendung juga memiliki batu granit yang tersebar di sekitar pantai. Batu-batu granit menjadi dekorasi indah di pantai berpasir putih ini.

Untuk bisa berjalan-jalan di pantai, pengunjung harus berjalan tidak terlalu jauh karena lokasi pantai tepat berada di bawah hutan. Berjalan-jalan di bibir Pantai Awan Mendung menjadi hal yang mengasyikkan. Selain karena pasirnya yang putih, ombak di pantai ini juga relatif tenang.

Nah, sekarang ketika Saya sudah menikah, Saya ingin mengajak istri Saya ke pantai ini sekalian bulan madu. Apalagi menuju Belitung sekarang banyak sekali pilihan pesawat, ada Sriwijaya Air, Lion Air dan Garuda Indonesia. Begitu sampai di Belitung dengan pesawat Garuda sebagai pilihan, Saya akan menceritakan keindahan Pantai Awan Mendung ke istri Saya dan Saya kan mengajaknya datang saat senja agar dapat menyaksikan keindahan sunset di pantai ini.

Pemandangan batu granit khas pantai di Belitung menjadi sajian indah di pantai ini


Pastinya bakalan seru, duduk di atas batu granit dengan suasana hening menyaksikan tenggelamnya matahari dari pantai ini. Ini akan menjadi salah satu pengalaman yang tentu saja menyenangkan untuk kita berdua.


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. buat traveller pencinta pulau lombok yang suka jalan sendiri ala backpacker atau yang traveling dengan ngambil paket wisata lombok .. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : lombok i love you - #song #reggae #amtenar - makasih untuk tulisannya ini ya kakak. cheers

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencicipi Sajian Makanan Kereta Api Milik PT Reska Multi Usaha

Kisah Ajeb-Ajeb Anak Cipayung Part 1 : Dugem oh Dugem......

Ini dia neh kejadian paling hot yang pernah gua tulis. (bayangin, gua nulisnya aje sampe buka baju segala he..he..). ini kisah tentang ajeb-ajeb cuy (karena musiknya bukan dangdut jadi ajeb-ajeb, coba kalo musiknya dangdut pasti bunyinya adut..adut..adut..adut.. jangan sambil joget ya bacanya he..he..) di suatu Pantai Indah yang banyak kapuknya (makanya tempat itu dikasih nama Pantai Indah Kapuk he..he.. walaupun sebenernya gua bingung, pantai yang berkapuknya sebelah mana ya he..he..).

Awalnya disuatu siang pas gua lagi browsing gambar-gambar vulgar dan sedikit cabul untuk web tempat gua bekerja (nama webnya www.langitberita.com, terus klik aja rubrik lifestyle nah entar keluar tuh berita-berita yang gambarnya bikin mata melek terus he..he..). Tiba-tiba ada pesen dari Mr Momot yang isinya gua ngeliput acara dugem di PIK, nama acaranya RnB Parade (wah gua langsung ngayal, rave party di waterboom pasti banyak cewe-cewe seksinya. Udah gitu pasti mereka pada pake pakaian renang, seru neh…

Selamat Jalan Miten…

Kaget sekaligus sedikit engga nyangka ketika siang ini gua mendengar kabar meninggalnya mantan gitarisnya Netral Miten di timeline di twitter gua. Sejenak pikiran gua menerawang pada sosok gitaris gondrong dan pendiam namun permainan gitarnya cukup membuat anak-anak yang melewati masa 90-an  mengenal sosok gitaris yang mungkin salah satu yang terbaik di tahun-tahun itu .
 Iya, dari account twitternya Brutal Band, pertama kali gua ngebaca kabar duka ini dan tidak lama Musisi-musisi  90-an  seperti Ari Lasso juga mengucapkan belasungkawa untuk Miten. Iya, sebagai seorang yang pernah melewati masa 90-an dengan musik-musik yang masih berkualitas , gua emang mengaggumi musisi-musisi di era itu. (Gua dulu sangat hafal siapa aja personil-personil band 90-an karena gua emang hobi koleksi kaset dan setiap beli kaset gua pasti baca tulisan ucapan terima kasih setiap musisi yang ada di covernya, termasuk Miten salah satunya  ).


Miten bersama netral memang cukup fenomenal di tahun 90-an. Saat ba…