Langsung ke konten utama

Menerka Komposisi Ideal Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019 - 2024


Halo Sodara-sodara, pelantikan Presiden Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia untuk periode ke II tinggal menghitung hari. Iya, tanggal 20 Oktober 2019 tepatnya hari Minggu besok Joko Widodo bersama KH. Ma’ruf Amin akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden oleh MPR di Gedung MPR dan DPR, Senayan, Jakarta. 
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang akan memimpin Indonesia 5 tahun ke depan

Saya dan jutaan pasang mata rakyat Indonesia tentunya akan menyaksikan bagaimana Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin akan diambil sumpahnya sebagai pemimpin negara dengan beragam suku dan agama ini.

Tidak hanya pelantikannya saja yang akan ditunggu-tunggu jutaan rakyat Indonesia, namun yang tidak kalah bikin penasaran adalah siapa saja nama-nama yang akan mengisi posisi di kabinet yang akan bekerja membantu Presiden dan Wakil Presiden untuk waktu 5 tahun ke depan.

Sejumlah nama disebut-sebut bakalan masuk dalam jajaran kabinet yang akan membantu Joko Widodo dan Ma’ruf Amin bahkan beberapa diantaranya adalah nama-nama lama yang sebelumnya sudah menduduki jabatan Menteri di kabinet yang sebentar lagi akan berakhir ini.

Sebagai masyarakat awam, saya mencoba menerka-nerka sejumlah nama yang kemungkinan bakalan mengisi jajaran Menteri periode II kepemimpinan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Sebagian nama saya ambil dari jabatan Menteri yang sudah diemban pada periode sebelumnya dan beberapa nama saya ambil dengan kemungkinan menduduki posisi Menteri di kabinet ini.

Berikut beberapa nama-nama yang saya prediksi menjadi kandidat calon Menteri di Kabinet II Joko Widodo dan Ma’ruf Amin :

Presiden RI: Ir. H. Joko Widodo 
Wakil Presiden RI   : Prof. Dr (HC) KH. Ma'ruf Amin
           
MENTERI KOORDINATOR
                       
1. Menteri Koordinator Bidang Polhukam :
Luhut Binsar Pandjaitan

2. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian:
Airlangga Hartarto

3. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan :
KH. Said Aqil Siradj

4. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman:
Moeldoko

Menteri :

1. Menteri Sekretaris Negara: Pratikno

2. Menteri Perencanaan Pembangunan Negara/Kepala Bappenas :
Rini Soemarno

Wakil Menteri : Hariyadi Sukamdani

3. Menteri Dalam Negeri :

Hasto Kristyanto

4. Menteri Luar Negeri & Perdagangan Internasional :
Retno Marsudirini

Wakil Menteri : Mahendra Siregar

5. Menteri Pertahanan :
Budi Gunawan

Wakil Menteri :
Silmy Karim

6. Menteri Hukum & HAM :
Hikmanto Djuwana 

Wakil Menteri :  Lawrence TP Siburian

7. Menteri Komunikasi & Informatika: Wahyu Sakti Trenggono

Wakil Menteri : Anggela Herliani Tanoesoedibjo

8. Menteri PAN & Reformasi Birokrasi: Achmadi Noor Supit

Wakil Wakil Menteri :
Aria Bima

9. Menteri Keuangan :
Sri Mulyani Indriastuti

Wakil Menteri : Erani Yustika

10. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN): Erick Thohir

Wakil Menteri : Wisnu Broto Setyo

11. Menteri Pertanian:

Edi Prabowo

Wakil Menteri :
Abdul Kardir Karding

12. Menteri Koperasi & UKM:
Olly Dodokambey

Wakil Menteri : Diaz Hendropriyono

13. Menteri Perindustrian  :
Rosan P. Roslani

15. Menteri Investasi/Kepala BKPM:
Sandiaga Uno

Wakil Menteri :

Ferry Latuhihin

16. Menteri Digital & Ekonomi Kreatif: Triawan Munaf

Wakil Menteri : Bahlil Lahadalia

16. Menteri Ketenagakerjaan: Hanif Dhakiri

17. Menteri PU & Perumahan Rakyat :
 Basuki Hadi Muljono

Wakil Menteri : Emil Dardak

18. Menteri Kehutanan, Agraria, & Tata Ruang :
Tri Risma Maharini

Wakil Menteri :
Riyad

19. Menteri Lingkungan Hidup
Agun Gunandjar Sudarsa :

Wakil Menteri : Lenis Kogoya

21. Menteri Agama :
M. Arwani Thomafi

22. Menteri Kesehatan:
Terawan Agus

Putranto

Wakil Menteri :
Benny Octavianus

23. Menteri Kesejahteraan Sosial :
Agus Gumiwang  Kartasasmita

Wakil Menteri :  Erico Sutarduga

24. Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak :

Yenni Zannuba Wachid

Wakil Menteri : Grace Natalie

25. Menteri Pendidikan Dasar & Menengah :
K.H. Haedar Nashir

Wakil Menteri : KH. Maman Imanulhaq

26. Menteri Pariwisata & Kebudayaan :
Arief Yahya

Wakil Menteri :
I Gede Pasek Suardika

27. Menteri Pendidikan Tinggi :
Sofyan Jalil

Wakil Menteri :
Nadiem Makarim

28. Menteri Riset & Teknologi/Badan Riset Nasional:
Ilham Habibie

Wakil Menteri :
Rhenald Kasali

28. Menteri Desa & PDT:
Djarot Saiful Hidayat

Wakil Menteri :

Billy Mambasar

29. Menteri Transportasi:

Budi Karya Sumadi

Wakil Menteri : Rusdi Kirana

30. Menteri Kelautan & Perikanan :

Susi Pudjiastuti

Wakil Menteri :

Prananda Surya Paloh

31. Menteri Energi & Sumber daya Mineral :
Jonny G. Plate

Wakil Menteri :

Nicke Widyawati

32. Menteri Pemuda & Olah Raga :
Agus Harimurti Yudhoyono.

33. Menteri Perdagangan :
Amran Sulaiman

Wakil Menteri :
Thomas Trikasih Lembong


PEJABAT SETINGKAT MENTERI
           
1. Jaksa Agung:

Noor Rachmad

2. Panglima TNI:

 Andhika Perkasa

3. Kapolri:

Tito Karnavian

4. Sekretaris Kabinet :

Hadi Tjahjanto

5. Kepala Badan Intelijen Negara : Joni Supriyanto

6. Kepala Staf Kepresidenan : Pramono Anung Wibowo


EMPAT JABATAN BARU 
           
1. Kepala Pusat Legislasi Nasional :

Machfud MD

Wakil Kepala Badan :

Yusril Izha Mahendra

2. Kepala Lembaga Ekonomi & Keuangan Syariah:

KH. Eman Suryaman

3. Kepala Badan Otorita Pemindahan Ibukota :

Bambang Brodjonegoro

5. Kepala Badan Perpajakan & Pendapatan Nasional :

M. Misbakhun

6. Kepala Badan  Pembangunan Destinasi Pariwisata Nasional (BPDPN)

Tantowi Yahya

Wakil Kepala Badan :

Hiramsyah S. Thaib

Juru Bicara Kepresiden :

1. Effendi Ghazali (UI)

2. Najwa Shihab (UI)

3. Saiful Maarif (UNAIR)

Nah itu tadi prediksi yang coba saya jabarkan, untuk kepastian nama-nama yang akan dilantik menjadi Menteri-Menteri Kabinet II Jokowi, kita tunggu saja pengumuman resminya setelah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dilantik pada Minggu 20 Oktober 2019. 

Salam...




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ajeb-Ajeb Anak Cipayung Part 1 : Dugem oh Dugem......

Ini dia neh kejadian paling hot yang pernah gua tulis. (bayangin, gua nulisnya aje sampe buka baju segala he..he..). ini kisah tentang ajeb-ajeb cuy (karena musiknya bukan dangdut jadi ajeb-ajeb, coba kalo musiknya dangdut pasti bunyinya adut..adut..adut..adut.. jangan sambil joget ya bacanya he..he..) di suatu Pantai Indah yang banyak kapuknya (makanya tempat itu dikasih nama Pantai Indah Kapuk he..he.. walaupun sebenernya gua bingung, pantai yang berkapuknya sebelah mana ya he..he..).

Awalnya disuatu siang pas gua lagi browsing gambar-gambar vulgar dan sedikit cabul untuk web tempat gua bekerja (nama webnya www.langitberita.com, terus klik aja rubrik lifestyle nah entar keluar tuh berita-berita yang gambarnya bikin mata melek terus he..he..). Tiba-tiba ada pesen dari Mr Momot yang isinya gua ngeliput acara dugem di PIK, nama acaranya RnB Parade (wah gua langsung ngayal, rave party di waterboom pasti banyak cewe-cewe seksinya. Udah gitu pasti mereka pada pake pakaian renang, seru neh…

SGPP, Sekolah Tinggi tempat Para Pengambil Kebijakan Publik Belajar

Mencicipi Sajian Makanan Kereta Api Milik PT Reska Multi Usaha