Langsung ke konten utama

IBID, Cara Mudah Membeli Mobil Melalui Lelang


Lebaran sebentar lagi, pasti banyak dari kita yang ingin berlebaran di kampung halaman bersama sanak family di saat hari raya tiba. Nah, jika kalian saat ini sedang mencari mobil baru buat dipakai pulang kampung, mungkin kalian bisa mencari mobil baru melalui lelang di IBID.
Aplikasi IBID di smartphone


Apa itu IBID, saya kali ini coba mengulasnya buat kalian pembaca setia blog ini. IBID merupakan balai lelang terbesar di Indonesia yang memiliki ribuan kendaraan dengan beragam tipe dan merek. Jadi neh gampangnya, kalian bisa menemukan jenis kendaraan yang kalian inginkan dan bisa membelinya melalui lelang di IBID ini fren.

Nah hari kamis (9/5) kemarin, saya diundang oleh Kompas.com dan IBID yang memperkenalkan aplikasi barunya kepada media dan blogger di Gandaria City Hall, Jakarta Selatan dalam event SERA Digital Business Event Launching. 

Jadi dalam event ini PT. Serasi Auto Raya (SERA) yang merupakan anak perusahaan Astra menambah layanan untuk customer nya di Indonesia berupa layanan online, baik itu auction, used car, dan rental mobil. Selain IBID, dua layanan online yang dimaksud adalah TRAC, dan Mobil 88.

Hadir dalam event tersebut, Presiden Direktur IBID, Daddy Doxa Manurung dan Gofar Hilman, penyiar Hard Rock FM yang juga penggemar otomotif.
Presdir IBID, Daddy Doxa Manurung saat memberikan penjelasan 


Menurut Daddy Doxa Manurung, menjual mobil melalui lelang secara online merupakan inovasi baru yang ada di Indonesia. Menurutnya, selama ini orang di Indonesia memiliki keinginan untuk ikutan lelang mobil namun kadang kala terbentur dengan kesibukan pekerjaan.

“lokasi lelang yang jauh, belum lagi macet yang tentu saja membuat orang mager alias malas gerak. Makanya diluncurkan lah IBID web dan aplikasi lelang online yang bisa diakses dimana saja secara real time.” Ujar Daddy.
Foto bersama IBID, Trac, dan Mobil 88

Sementara, Gofar Hilman mengungkapkan pengalamannya mengikuti lelang mobil secara online yang lebih simple untuk dirinya yang memiliki jadwal pekerjaan yang padat. “Waktu itu pas mau beli mobil, Saya pernah mengikuti lelang mobil dari kantor, ternyata emang seru lelang mobil secara online, jadi kita bisa mengakses dari lokasi manapun kita berada” ungkap MC kondang ibukota ini.

Buat kalian yang penasaran seperti apa tampilan dan fitur-fitur apasaja yang ada di aplikasi IBID ini, yuk ikutin terus tulisan di blog ini, karena saya mau mengulasnya satu persatu.

Langkah pertama :  buat kalian yang ingin membeli mobil melalui lelang secara online dapat memilih-milih mobil apa saja yang menjadi incaran kalian. Disini ada ribuan kendaraan dari berbagai seri dan merek, serta tahun yang bisa dipilih.

Langkah kedua : Nah jika kalian sudah menemukan jenis kendaraan incaran yang ingin dibeli, kemudian langkah selanjutnya adalah menentukan jadwal lelang secara online. Jadi disini kalian bisa melihat kapan mobil yang menjadi incaran akan dilelang agar kalian tidak kelewatan untuk mengikuti lelang.

Oiya, satu kelebihan yang dimiliki aplikasi IBID ini adalah kalian bisa mengikuti lelang online ini dari wilayah berbeda loh seperti Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Jadi misalnya kalian sedang berada di Surabaya, kalian tetap bisa mengikuti lelang mobil ini secara online dari aplikasi IBID di smartphone kalian.
   
Langkah ketiga : Pembeli dapat melakukan cek kendaraan yang menjadi incaran melalui Website IBID agar saat melakukan pembelian kendaraan yang dibeli sesuai dengan keadaan aslinya.


Langkah Keempat : Jika kalian sudah memilih mobil yang diinginkan dan memilih waktu lelang, selanjutnya adalah membeli Nomor Peserta Lelang (NPL) buat kita melakukan bid harga saat jadwal lelang dimulai.
dengan aplikasi IBID lelang bisa lebih mudah

Uang pembelian NPL ini nantinya akan dikembalikan 100 % jika kita tidak terpilih membeli mobil lewat lelang namun jika anda terpilih, uang pembelian ini akan diakumulasikan dengan nilai pembelian mobil melalui IBID.

Langkah Kelima : Peserta mengikuti lelang di waktu lelang yang sudah ditentukan. Dalam lelang ini, peserta dapat menawar dan menentukan harga mobil yang diinginkan.

Pembeli juga dapat mengikuti lelang di empat lokasi berbeda seperti di Jakarta, Surabaya, Semarang,  dengan membuka fitur Live Auction. Pembeli hanya tinggal menyesuaikan jadwal lelang di kota-kota tersebut untuk mengikuti lelang. Jadi pembeli bisa memenangkan lelang di kota-kota tersebut.

Langkah Keenam : Jika peserta dinyatakan memenangkan lelang, maka pelunasan sisa pembayaran wajib dilakukan selambat-lambatnya 5 hari kerja setelah lelang dilaksanakan. Namun jika kalah, biaya pembelian NPL akan dikembalikan 100 % ke nomor rekening yang terdaftar. Oia salah satu kelebihan dari IBID, peserta dapat memilih metode pembayaran bisa melalui virtual account atau melalui debit.

***

Nah mudah bukan melakukan proses pembelian mobil melalui lelang di IBID, saya saja sudah mencoba aplikasi IBID di smartphone dan mengikuti langkah-langkah diatas dengan mudah. Oia selain mobil, IBID juga menyediakan kategori barang lain untuk di lelang seperti Motor, Gadget, dan HVE.

Oia, tambahan neh fren, kita juga bisa loh menitipkan mobil yang kita jual melalui fitur titip lelang atau perusahaan ingin menjual asset kendaraannya melalui lelang di IBID maka tim IBID akan siap membantu loh menjual asset kendaraan di perusahaan Anda.

Bagaimana…, tertarik membeli mobil melalui lelang di IBID, lakukan langkah-langkah diatas dan selamat mengikuti lelang ya fren…





  






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ajeb-Ajeb Anak Cipayung Part 1 : Dugem oh Dugem......

Ini dia neh kejadian paling hot yang pernah gua tulis. (bayangin, gua nulisnya aje sampe buka baju segala he..he..). ini kisah tentang ajeb-ajeb cuy (karena musiknya bukan dangdut jadi ajeb-ajeb, coba kalo musiknya dangdut pasti bunyinya adut..adut..adut..adut.. jangan sambil joget ya bacanya he..he..) di suatu Pantai Indah yang banyak kapuknya (makanya tempat itu dikasih nama Pantai Indah Kapuk he..he.. walaupun sebenernya gua bingung, pantai yang berkapuknya sebelah mana ya he..he..).

Awalnya disuatu siang pas gua lagi browsing gambar-gambar vulgar dan sedikit cabul untuk web tempat gua bekerja (nama webnya www.langitberita.com, terus klik aja rubrik lifestyle nah entar keluar tuh berita-berita yang gambarnya bikin mata melek terus he..he..). Tiba-tiba ada pesen dari Mr Momot yang isinya gua ngeliput acara dugem di PIK, nama acaranya RnB Parade (wah gua langsung ngayal, rave party di waterboom pasti banyak cewe-cewe seksinya. Udah gitu pasti mereka pada pake pakaian renang, seru neh…

SGPP, Sekolah Tinggi tempat Para Pengambil Kebijakan Publik Belajar

Mencicipi Sajian Makanan Kereta Api Milik PT Reska Multi Usaha