Inilah Sidang yang Paling Banyak Ditunggu Orang….


Sidang…, sidang apa yang paling ditunggu dan disaksikan banyak orang ? jawabannya adalah sidang isbat department agama. Engga percaya, coba aja lihat sidang ini, begitu pentingnya sampe-sampe seluruh umat muslim di Indonesia menunggu-nunggu apa hasil keputusan dari para petinggi di Departement yang kata orang paling korup di Indonesia itu. (keputusan sebuah undang-undang diberlakukan aja kita sering pada kaga tahu bukan he..he..).

Mau bukti kesaktian sidang ini, kalo sidang ini belum menghasilkan pengumuman, maka kaga tau tuh kita puasa mulainya hari apa ataupun ketika mau lebaran, kita juga engga tahu kapan neh pastinya hari idul fitri itu tiba. Kaya yang baru aja kita saksikan, ternyata hasil sidang menyatakan kalau hari raya umat muslim ini akan jatuh pada hari Rabu. (udah terima aje, jangan pada ngedumel ya he..he..).

Iya…, jadi tergelitik juga pikiran gua melihat sidang yang barusan saja berlangsung. Bukannya apa-apa, gua termasuk orang yang paling males nonton sidang. Mulai dari sidang umum MPR /DPR (yang kebanyakan anggotanya juga males ngikutin dan lebih memilih tidur ataupun nonton video porno saat sidang he..he..), sidang pengadilan sampe sidang-sidang yang laen (tapi kalo ke Balai Sidang buat nonton pameran sih gua hobi he..he..). Selain gua males nonton sidang, gua juga baru sekali tuh berurusan sama yang namanya sidang-sidangan. seinget gua, baru sekali-kalinya gua disidang yaitu waktu gua ngejalanin sidang skripsi untuk mengambil gelar S1 di kampus tercinta (tapi itu juga yang nyidang bukan hakim sama jaksa, tapi sama dosen pembimbing gua he..he..).

Balik lagi ke Sidang, sidang Isbat emang Cuma diadain setahun sekali tapi daya tariknya emang kaga ada yang ngalahin dah. Konon sidang ini juga harus menunggu laporan dari cabang-cabang kementrian agama di seluruh Indonesia karena mereka yang dicabang-cabang itu seharian lagi kerja keras ngeker-ngeker matahari terbenam untuk mengetahui hilal itu udah muncul apa belum. (sampe sekarang gua kaga ngarti apa itu hilal dan begimane tuh cara ngekernya biar jangan sampe meleset karena kalo sampe meleset bisa bahaya he..he.., ). Kalo gua lihat sih, kayanya teropong nya super canggih jadi bisa keliatan tuh posisi hilal berada di mana (jyah lagi-lagi hilal, kaya makanan aja harus ada sertifikat Hilalnya, eh halal deh maksudnya he..he..).

Nah, abis pada ngeker-ngeker matahari, baru dah tuh keluar hasilnya (engga pake lama, kaya kita lagi mesen makanan di restoran Sabar Menanti he..he..) berupa pengumuman yang langsung diumumin sama menteri agama (tadinya gua pikir, pemimpin yang suka dadah-dadah itu tertarik mau ngumumin hasil sidang ini, karena dia mikir ini bagus neh buat pencitraan nya dia he..he..) . Nah kalo udah ada pengumuman Pak Menteri (nama menterinya lupa, tapi kalo engga salah dia ketua partai berlambang kabah ya he..he..) , baru dah kita semua percaya dan meyakini kalau Pemerintah benar dan tidak salah dalam menentukan kapan hari pertama puasa maupun kapan hari raya idul fitri itu tiba. (kalo sidang isbat keputusannya sih gua percaya, tapi kalo hasil keputusan sidang-sidang menteri di departemen lain sih kaga tahu dah gua percaya apa kaga he..he…).

Ya udahlah, sebaiknya kita ikutin aja hasil sidang keputusan yang satu ini, karena kalo kita engga percaya juga apa untungnya buat kita (masa mau mengklaim lebaran seorang diri sementara jutaan rakyat Indonesia belum lebaran he..he..). kalo toh besok masih puasa, ya udah ikhlas aja puasanya kan jadi genap 30 hari tuh ibadahnya. Udah gitu, besok sahur pasti menu nya pada makan ketupat ya, karena gua yakin pasti ibu-ibu diseluruh Indonesia (Ibu-ibu di Zimbawe kaga di itung ya he..he..) pasti udah pada bikin ketupat semua karena mengira lebarannya hari Selasa besok. (itung-itung sahur bersejarah karena untuk pertama kalinya sahur pake ketupat yang penting kan Hilal eh Halal deh maksudnya he..he.., kalimat ini kaya status Facebooknya siapa ya, kayanya gua pernah baca dah he..he..)

Komentar

Postingan Populer