Senin, 16 November 2009

kaset = jadul = koleksi

apa kaset? iya kaset, benda yang mungkin udah jarang kita sentuh apalagi coba kita setel untuk mendengarkan musik yang akan mengalun dari setiaap helai pita yang tersimpan didalamnya.
mungkin untuk ukuran sekarang kaset udah bisa dimasukan kedalam kategori barang jadul dan udah jarang anak muda masuk ke toko kaset / CD untuk beli kaset.

padahal kalo kita mau flash back ke masa 12 tahun yang lalu dimana kaset masih menjadi primadona untuk kita anak muda yang keranjingan musik, pastilah membeli kaset dari band atau artis idola kita dimasa itu. Artis-artis juga kebagian keuntungan dari setiap keping kaset yang terjual yang biasa disebut dengan nama royalti.

jujur 12 tahun lalu, buat gua kaset adalah barang yang berharga dimana gua mesti harus nabung dulu untuk bisa beli kaset dari musisi idola gua (yang gua beli tentu saja yng asli bukan bajakan). dulu dari senin smpe jumat gw nabung-nabung dan bela-belain ga jajan untuk sekedr membeli album Pandawa Limanya Dewa 19. karena buat gua untuk kesenangan pribadi ga usalah minta ke orang tua.

satu demi satu kaset-kaset itu gua kumplin sampe ga terasa jumlahnya udah seratus lebih dan itu menjadi kebanggan gw karena dimasa itu mungkin jarang anak seumuran gw punya kaset sebanyak itu. hampir sepertiga band dan penyanyi yang ngeluarin album di masa itu pasti gua beli albumnya. ya gua juga milih-milih belinya karena banyak juga band-band cupu yang ada di masa itu bikin album dan ga layk untuk gw koleksi albumnya he...he..

sekarang kalo liat koleksi kaset-kset itu gw hanya tersenyum-senyum bangga karna mungkin sebagian dari kaset yang gua punya udah ga beredar lagi di toko-toko kaset dan CD alias udah langka. dan ada kebanggan ketika kepingan kaset itu gua pegang dan liat-liat sampulnya masih dlam keadaan bagus.

sampe sekarang gua juga masih suka beli kaset di tempattempat penjualan kaset seperti di jatinegara atau ditaman mini tempat abang langganan gw jualan kaset dan CD murah. kalo di itung-itun ada kali 150-an kaset yng gua koleksi sekarang.

ya gua berharap kaset-kset yang gu kumpulin ini bisa menjdi dokumentasi jaman atau minimal jadi sejarah perkembangan musik di setiap jaman.dan kedepannya bisa menjadi sejarah dlam dunia musik di indonesia. sampe kapan pun gua ga akan jual koleksi kaset-kaset ini paling-paling gua akan menurunkan hobi ngumpulin kaset ini ke anak gua kelak.

1 komentar: