Langsung ke konten utama

Lewat Kampung Berseri, Astra Membangun Kearifan Lokal Masyarakat

Siang itu saya berkesempatan bertandang ke Kampung Berseri Astra (KBA) Ciganjur. Kampung yang asri ini berada di lingkungan perumahan warga tepatnya di jalan Pasir 1 RW 06 Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.
RPTRA Ciganjur yang berada di Jalan Pasir 1 Rw.06, Kelurahan Ciganjur Jakarta Selatan

Ada kesejukan yang saya rasakan ketika saya tiba di KBA Ciganjur, kawasan Jakarta Selatan. Pepohonan yang hijau dengan daun-daun hijau yang rindang tumbuh di sekitar KBA yang diresmikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama ini. Siang itu di akhir bulan Agustus 2017 saya berada di sana untuk sebuah acara bernama Festival Permainan Tradisional Astra.
Festival permainan Tradisional Astra sendiri merupakan festival yang digelar Astra yang melombakan beberapa permainan tradisional seperti Engrang, Gobak Sodor, dan hadang serta mempertemukan beberapa KBA yang ada di Jabodetabek.  
Antusias anak-anak dalam mengikuti Festival Permainan Tradisional di KBA Ciganjur 
Beberapa KBA yang dibina Astra dari wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok. KBA yang ikut ambil bagian dalam acara ini adalah KBA Kebon Jeruk (Jakarta Barat), KBA Cengkareng Timur (Jakarta Barat), KBA Kebon Pala (Jakarta Timur), KBA Warakas (Jakarta Utara), KBA Sunter Jaya (Jakarta Utara), KBA Rawajati (Jakarta Selatan), KBA Rawasari (Jakarta Pusat), KBA Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu), KBA Pinang (Tangerang), KBA Lengkong Kulon (Tangerang), KBA Bhakti Jaya (Depok), KBA Pekayon (Bekasi) dan KBA Ciganjur (Jakarta Selatan).
Dari KBA Ciganjur ini saya menyaksikan langsung anak-anak yang menjadi peserta Festival Permainan Tradisional terlihat leluasa mengikuti setiap permainan yang digelar dalam festival permainan tradisional ini. Mereka terlihat nyaman berada di KBA yang memiliki halaman yang luas dan berlokasi di Kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Saya yang baru pertama kali menginjakan kaki di sini pun sangat antusias dan tidak mengira ternyata Astra memiliki Kampung Berseri Astra yang dibangun di tengah-tengah perumahan penduduk yang nyaman.

Dari sini saya kemudian mencari-cari informasi apa itu KBA. Dari informasi yang saya dapatkan ternyata KBA merupakan program tanggung jawab sosial Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program tanggung jawab sosial Astra, yakni Kesehatan (Astra untuk Indonesia Sehat), Pendidikan (Astra untuk Indonesia Cerdas), Lingkungan (Astra untuk Indonesia Hijau), dan Kewirausahaan (Astra untuk Indonesia Kreatif).

Melalui program KBA ini, masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang berseri yakni bersih, sehat, cerdas, dan produktif, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA. Saat ini, Astra telah membina 64 KBA di 27 provinsi seluruh Indonesia.
pameran seni lukis mural juga ikut memeriahkan Festival permainan tradisional Astra di KBA Ciganjur
Ada kekaguman dalam diri saya melihat kepedulian Astra dalam membuat KBA di seluruh Indonesia ini karena tidak hanya KBA menjadi ajang berkumpulnya warga sekitar untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Tapi dari KBA ini juga menjadi wadah untuk anak-anak di sekitar KBA kumpul dan bermain dengan teman-teman sebayanya. Bahkan beberapa memiliki perkumpulan yang menjadi wadah untuk anak-anak ini menyalurkan hobi dan kegiatan positif lainnya. 

Dari festival permainan tradisional ini saja misalnya di sini setiap anak-anak yang mewakili KBA masing-masing saling berkompetisi dalam permainan tradisional seperti engrang, hadang atau gobak sodor, terompah panjang, dagongan dan jalan balok. Mereka dengan penuh keterampilan saling menunjukan aksinya dalam melakukan permainan tradisional ini dan membuktikan siapa yang menjadi terbaik di ajang ini. Ada gengsi membawa nama KBA masing-masing untuk membuktikan siapa yang menjadi terbaik di antara KBA-KBA lainnya.

Andi, salah seorang anak yang saya temui, bercerita jika ia bersama kawan-kawannya sering melakukan permainan ini di KBA dekat rumahnya. Keberadaan KBA di lingkungan rumahnya sangatlah ia syukuri karena bisa menjadi arena untuk dia dan teman-temannya bermain dan berlatih melakukan beberapa permainan tradisional ini.”Seneng banget mas di sekitar rumah ada KBA, jadi kita bisa ada tempat main bareng temen-temen” ujar Andi.

KBA sejatinya menjadi sebuah wadah untuk warga masyarakat di sekitar KBA berkumpul dan berinteraksi dalam keseharian mereka. Tidak hanya itu, KBA juga membawa angin segar bagi warga masyarakat yang selama ini merindukan sebuah tempat yang memiliki berbagai fungsi di tengah-tengah lingkungan mereka. 

Dari ajang festival permainan anak yang dilaksanakan di KBA Ciganjur ini saya melihat betapa niat mulia Astra melalui program tanggung jawab sosialnya dalam membangun KBA membuat kehidupan masyarakat di sekitar area KBA menjadi lebih harmonis dan dinamis. Ada interaksi sosial yang terbangun dengan adanya KBA di lingkungan rumah mereka. 

Dengan interaksi-interaksi yang terjadi di lingkungan KBA ini semakin membuat anggota masyarakat menjadi saling mengenal satu sama lain dan dari sini juga menjadi tempat untuk anak-anak mereka berkumpul dan bermain menyalurkan hobi dan bakat mereka. Saya melihat dari KBA Ciganjur ini tumbuh sebuah kearifan lokal masyarakat dalam menjalani kehidupan sosial sehari-hari. 

Kedepannya saya berharap akan semakin banyak KBA-KBA lain yang dibangun Astra di seluruh wilayah Indonesia agar interaksi sesama anggota masyarakat akan sering dilakukan dengan begitu semoga akan berdampak kepada kerukunan serta kedamaian sosial di tengah-tengah masyarakat. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ajeb-Ajeb Anak Cipayung Part 1 : Dugem oh Dugem......

Ini dia neh kejadian paling hot yang pernah gua tulis. (bayangin, gua nulisnya aje sampe buka baju segala he..he..). ini kisah tentang ajeb-ajeb cuy (karena musiknya bukan dangdut jadi ajeb-ajeb, coba kalo musiknya dangdut pasti bunyinya adut..adut..adut..adut.. jangan sambil joget ya bacanya he..he..) di suatu Pantai Indah yang banyak kapuknya (makanya tempat itu dikasih nama Pantai Indah Kapuk he..he.. walaupun sebenernya gua bingung, pantai yang berkapuknya sebelah mana ya he..he..).

Awalnya disuatu siang pas gua lagi browsing gambar-gambar vulgar dan sedikit cabul untuk web tempat gua bekerja (nama webnya www.langitberita.com, terus klik aja rubrik lifestyle nah entar keluar tuh berita-berita yang gambarnya bikin mata melek terus he..he..). Tiba-tiba ada pesen dari Mr Momot yang isinya gua ngeliput acara dugem di PIK, nama acaranya RnB Parade (wah gua langsung ngayal, rave party di waterboom pasti banyak cewe-cewe seksinya. Udah gitu pasti mereka pada pake pakaian renang, seru neh…

Selamat Jalan Miten…

Kaget sekaligus sedikit engga nyangka ketika siang ini gua mendengar kabar meninggalnya mantan gitarisnya Netral Miten di timeline di twitter gua. Sejenak pikiran gua menerawang pada sosok gitaris gondrong dan pendiam namun permainan gitarnya cukup membuat anak-anak yang melewati masa 90-an  mengenal sosok gitaris yang mungkin salah satu yang terbaik di tahun-tahun itu .
 Iya, dari account twitternya Brutal Band, pertama kali gua ngebaca kabar duka ini dan tidak lama Musisi-musisi  90-an  seperti Ari Lasso juga mengucapkan belasungkawa untuk Miten. Iya, sebagai seorang yang pernah melewati masa 90-an dengan musik-musik yang masih berkualitas , gua emang mengaggumi musisi-musisi di era itu. (Gua dulu sangat hafal siapa aja personil-personil band 90-an karena gua emang hobi koleksi kaset dan setiap beli kaset gua pasti baca tulisan ucapan terima kasih setiap musisi yang ada di covernya, termasuk Miten salah satunya  ).


Miten bersama netral memang cukup fenomenal di tahun 90-an. Saat ba…

Mencicipi Sajian Makanan Kereta Api Milik PT Reska Multi Usaha