Langsung ke konten utama

Kearifan Lokal Kuliner Indonesia disajikan di Signature Restaurant Hotel Kempinski



Untuk merayakan ulang tahun Hotel Indonesia Kempinski Jakarta yang ke 53 tahun sekaligus memperingati 70 tahun kemerdekaan Indonesia,  Signature Restaurant mengadakan Indonesian Food Writing Competition yang berlangsung dari tanggal 5 Agustus hingga 8 September kemarin. Pada event ini, para peserta yang berasal dari kalangan jurnalis dan blogger diajak untuk mengeksplorasi aneka jenis kuliner khas Indonesia seperti dari Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan, Sulawesi, serta Maluku.
Signature Restaurant mengadakan Indonesian Food Writing Competition yang berlangsung dari tanggal 5 Agustus hingga 8 September 2015

Seperti kita ketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan kuliner dari berbagai daerah dan Hotel Indonesia Kempinski mencoba menyajikan masakan-masakan khas Indonesia dengan rasa yang otentik. Masakan-masakan khas ini dimasak oleh chef-chef yang berpengalaman agar mendapatkan rasa yang otentik khas daerah dari asal masakan itu berada.

Saya sendiri berkesempatan mendatangi Hotel Indonesia Kempinski pada 21 Agustus 2015 dan mencoba menikmati makanan khas Bali dan Lombok. Ada beberapa makanan khas Bali dan Lombok yang Saya nikmati yakni ada ayam betutu, sate ayam plecing, telur bumbu bawang jahe, serta bebek goreng sambal sune cekuh.

Aya betutu yang kaya akan nuansa khas bumbu nusantara yang menggugah selera
Saya benar-benar merasakan rasa masakan yang otentik dan seperti berada di daerah asalnya Bali. Ayam betutu yang saya rasakan terasa sekali rempah-rempah khas Indonesia. Paduan ayam yang empuk dengan racikan bumbu-bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, sereh, lengkuas, jahe dan beberapa bumbu lainnya menjadikan ayam betutu buatan Chef di Signature Restaurant Hotel Indonesia Kempinski ini begitu nikmat saat lidah kita mencicipinya.

Sajian bebek goreng sambal sune cekuh dengan daging bebek yang empuk dan enak
Selain ayam  betutu, penulis juga mencicipi bebek goreng sambal sune cekuh. Daging bebek yang empuk dan sedikit pedas membuat sajian bebek khas Bali ini begitu enak apalagi bagi Anda penyuka sambal, tambahan sambal matah akan memberikan nuansa rasa yang sedikit pedas dan nikmat. Bagi Anda yang suka sate, sate ayam plecing menjadi sajian dengan nuansa lain dari pada sate ayam biasanya. Daging sate yang tebal dan berukuran agak besar ditambah bumbu-bumbu yang menyerap pada sate membuat sate ini terasa kental citarasa Bali.
Sate Ayam Plecing yang memiliki bumbu berbeda dari sate ayam pada umumnya
 Untuk minuman, aneka juice buah segar bisa menjadi piliihan untuk menghilangkan dahaga. Tidak hanya juice, Milkshake buah segar juga menjadi sajian minuman yang menggugah selera untuk dicoba. Penulis sendiri mencoba milkshake stroberi sebagai pilihan untuk menjadi teman menikmati sajian makanan di Signature Restaurant Hotel Indonesia Kempinski.

Sate lilit sajian khas Bali yang juga disajikan Signature Restaurant
Sebagai sajian pencuci mulut, aneka buah-buahan segar dengan rasa yang manis menjadi  menjadi pilihan yang menyenangkan. Tidak hanya itu, berbagai pilihan dessert tersedia, ice cream, cakes, chocolate, macaroons, serta bagi penyuka jajanan pasar sajian kue tradisional seperti klepon menjadi penutup yang nikmat saat berada di Signature Restaurant Hotel Indonesia Kempinski.
 
Milkshake Stroberi yang segar dan nikmat disajikan sehabis menikmati menu utama


Sekilas tentang Indonesian Food Writing Competition, Signature Restaurant

Signature Restaurant yang terletak di Hotel Indonesia Kempinski mengadakan Indonesian Food Writing Competition yang diadakan dari tanggal 5 Agustus hingga 8 September yang setiap minggunya mengusung tema salah pulau Indonesia dan 5 pulau di Indonesia mewakili tema tersebut. Dalam kompetisi ini, peserta diajak untuk mengeksplorasi kuliner khas setiap pulau, mulai dari masakan khas yang terkenal hingga yang langkapun ditampilkan. Semua ini bertujuan untuk mengangkat masakan khas daerah yang selama ini belum dikenal.

Signature Restaurant yang berada di Hotel Indonesia Kempinski di Pusat Jakarta

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta akan menyajikan pilihan masakan otentik Indonesia dari lima wilayah yang berbeda dan promosi ini bertepatan dengan peringatan 70 tahun kemerdekaan Indonesia, serta ulang tahun ke-53 hotel.



Promosi yang berlangsung dari 5 Agustus – 8 September kemarin dengan jadwal di bawah ini
- Sumatra: 05-11 Agustus
- Java: 12-18 Agustus
- Bali-Lombok: 19-25 Agustus
- Kalimantan: 26 Agustus -1 September
- Sulawesi-Maluku: 2-8 September

Harga
yang ditawarkan mulai dari  Rp 265.000 ++  untuk sebuah sajian prasmanan mewah per orang.

Tentang Hotel Indonesia Kempinski Jakarta:

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta terletak di sebelah ikon Bundar
an Hotel Indonesia,  air mancur di jantung distrik perbelanjaan, bisnis, dan gaya hidup utama kota Jakarta. Memiliki 289 kamar dengan pemandangan jalan-jalan protokol Jakarta seperti Jalan Thamrin dan Jalan Jendral Sudirman, Hotel Indonesia Kempinski menawarkan berbagai fasilitas yang diperuntukkan untuk konvensi dan pernikahan serta restoran dan bar. Hotel ini juga terintegrasi dengan Grand Indonesia Shopping Town, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta juga menawarkan kenyamanan yang tak tertandingi untuk semua tamu.



Komentar

  1. wah enak banget nih makanannya... jadi laper hehe...pengen bebek gorengnya hehe :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencicipi Sajian Makanan Kereta Api Milik PT Reska Multi Usaha

Kisah Ajeb-Ajeb Anak Cipayung Part 1 : Dugem oh Dugem......

Ini dia neh kejadian paling hot yang pernah gua tulis. (bayangin, gua nulisnya aje sampe buka baju segala he..he..). ini kisah tentang ajeb-ajeb cuy (karena musiknya bukan dangdut jadi ajeb-ajeb, coba kalo musiknya dangdut pasti bunyinya adut..adut..adut..adut.. jangan sambil joget ya bacanya he..he..) di suatu Pantai Indah yang banyak kapuknya (makanya tempat itu dikasih nama Pantai Indah Kapuk he..he.. walaupun sebenernya gua bingung, pantai yang berkapuknya sebelah mana ya he..he..).

Awalnya disuatu siang pas gua lagi browsing gambar-gambar vulgar dan sedikit cabul untuk web tempat gua bekerja (nama webnya www.langitberita.com, terus klik aja rubrik lifestyle nah entar keluar tuh berita-berita yang gambarnya bikin mata melek terus he..he..). Tiba-tiba ada pesen dari Mr Momot yang isinya gua ngeliput acara dugem di PIK, nama acaranya RnB Parade (wah gua langsung ngayal, rave party di waterboom pasti banyak cewe-cewe seksinya. Udah gitu pasti mereka pada pake pakaian renang, seru neh…

Selamat Jalan Miten…

Kaget sekaligus sedikit engga nyangka ketika siang ini gua mendengar kabar meninggalnya mantan gitarisnya Netral Miten di timeline di twitter gua. Sejenak pikiran gua menerawang pada sosok gitaris gondrong dan pendiam namun permainan gitarnya cukup membuat anak-anak yang melewati masa 90-an  mengenal sosok gitaris yang mungkin salah satu yang terbaik di tahun-tahun itu .
 Iya, dari account twitternya Brutal Band, pertama kali gua ngebaca kabar duka ini dan tidak lama Musisi-musisi  90-an  seperti Ari Lasso juga mengucapkan belasungkawa untuk Miten. Iya, sebagai seorang yang pernah melewati masa 90-an dengan musik-musik yang masih berkualitas , gua emang mengaggumi musisi-musisi di era itu. (Gua dulu sangat hafal siapa aja personil-personil band 90-an karena gua emang hobi koleksi kaset dan setiap beli kaset gua pasti baca tulisan ucapan terima kasih setiap musisi yang ada di covernya, termasuk Miten salah satunya  ).


Miten bersama netral memang cukup fenomenal di tahun 90-an. Saat ba…