Mengunjungi Pabrik Pembuatan Kulkas Halal PT Sharp Electronics Indonesia


Kata siapa label halal hanya untuk produk-produk makanan dan kosmetik saja. Saat ini PT Sharp Indonesia melakukan terobosan dengan memberikan label halal pada produk lemari es atau kulkas keluaran terbarunya.
Pabrik pembuatan PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang, Jawa Barat.
Beruntung hari Rabu (9/5) kemarin saya mengunjungi pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang Barat, Jawa Barat, untuk melihat langsung proses pembuatan kulkas halal pertama di Indonesia di pabrik yang berdiri sejak tahun 2012 ini.  

Sebelum melihat langsung proses pembuatan kulkas Sharp, saya dan teman-teman blogger lainnya dijamu oleh jajaran petinggi dan management PT Sharp Indonesia. Dalam kesempatan ini, Asisten Manajer Strategi Produksi PT Sharp Electronics Indonesia, Afka Adhitya, menjelaskan, alasan PT Sharp Electronics Indonesia mengeluarkan kulkas halal, tujuan utamanya Sharp adalah untuk memberikan rasa nyaman dan aman di tengah masyarakat akan sebuah produk barang kegunaan. 
Kulkas Halal Sharp bersertifikasi MUI

Seperti kita ketahui, saat ini kecenderungan konsumen sudah mulai peduli dengan kualitas produk yang digunakan termasuk dengan adanya label halal dalam produk tersebut.

Sementara Kepala Bidang Standar Jaminan Mutu Auditor LPPOM MUI, Muslich, mengungkapkan, MUI memberikan sertifikasi berdasarkan produksi dan sistem manajemen. "Yang disertifikasi adalah produksi dan sistem manajemen halal. Kalau produksi misalnya bahan materialnya halal," Ungkapnya, dihadapan blogger dan wartawan yang melakukan kunjungan ke Pabrik Sharp Karawang.  

Suasana di Pabrik pembuatan kulkas PT Sharp Electronics Indonesia
Oiya fren, sebagai informasi neh, saat ini ada sebanyak 91 jenis produk kulkas buatan pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Karawang telah bersertifikat halal. Produk itu mencakup berbagai tipe dari satu pintu hingga dua pintu, serta dengan volume 150 liter hingga 230 liter


Melihat Pabrik Pembuatan Kulkas PT Sharp Electronics Indonesia

Nah ini saat yang dinanti-nantikan. Setelah mendengarkan sambutan dan penjelasan akhirnya saya dan teman-teman blogger diajak untuk melihat langsung proses pembuatan kulkas halal PT Sharp Electronics Indonesia. Dalam pabrik ini, saya melihat bagaimana proses pembuatan kulkas mulai dari selembar lempengan aluminium hingga menjadi kulkas yang biasa kita lihat sehari-hari.
Suasana blogger dan media saat mengunjungi Pabrik eh ada dokter cantik juga loh ikut kunjungan
Ada 5 proses yang harus dilalui sebelum akhirnya kulkas tersebut siap dipasarkan ke konsumen. Mulai dari Pre PU Process, PU Process, Total Assy Process, Door Foaming & Assy dan terakhir Final Assembly & Inspection Process. Satu yang menarik perhatian saya adalah sebagian proses pembuatan kulkas Sharp ini dilakukan dengan bantuan robot sehingga mempercepat proses produksi.
Ini isi bagian dalam kulkas yang biasa kita lihat

Proses Final Assembly & Inspection Process menjadi proses favorit saya karena saya bisa melihat kulkas-kulkas yang sudah jadi dan di cek terlebih dahulu kondisinya sebelum dipasakarkan kepada masyarakat. Asli, seru juga melihat kulkas-kulkas baru diproduksi jadi kebayang kulkas di rumah ternyata pembuatannya harus melalui berbagai proses. Saya selama ini tahunya ya kulkas yang sudah jadi dan bisa kita beli di departemen store atau toko elektronik saja.

Sebagai informasi neh fren, dalam satu hari proses produksi, pabrik ini bisa menghasilkan 435000 kulkas. Udah gitu, di pabrik ini diproduksi 2 jenis kulkas yakni kulkas satu pintu dan kulkas 2 pintu.   
Proses Final Assembly sebelum kulkas yang siap dipasarkan 
Oia, kulkas-kulkas yang diproduksi di sini semuanya akan dipasarkan ke seluruh Indonesia meskipun tidak menutup kemungkinan untuk di ekspor ke negara-negara lain.

Saya sempat menanyakan apakah kulkas yang sudah mendapatkan sertifikasi halal ini akan dipasarkan juga ke negara-negara yang penduduknya mayoritas Muslim. Afka menjelaskan tidak menutup kemungkinan kulkas bersertifikasi halal ini akan dipasarkan ke negara-negara Muslim lainnya.”Kita akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan MUI apakah sertifikasi halal dari MUI ini dapat berlaku di negara-negara berpenduduk Muslim lainnya”ungkap Afka.
Ini emas asli loh bahan pembuatannya

AC produk Sharp lainnya selain Kulkas
Selain memproduksi kulkas, PT Sharp Electronics Indonesia juga memproduksi barang elektronik lainnya seperti mesin cuci, AC, televisi hingga rice cooker. Kulkas menjadi produk pertama yang memiliki sertifikasi halal dan ke depannya tidak menutup kemungkinan PT Sharp Electronics Indonesia juga akan melakukan sertifikasi halal untuk produk-produk elektronik lainnya.








Komentar

  1. Sharp kualitas nya memang sudah bagus, ditambah lagi skrng ada sertifikat Halalnya dr MUI jd point' plus nih para pelanggannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, selain kualitasnya bagus, sertifikasi halal dari MUI jadi nilai plusnya.. :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer