Yuk Bijak Merencanakan Keuangan Fren….

Halo sodara-sodara, ketemu lagi neh di blog karyabule.com. Oia, kali ini gout mau update tentang perencanaan keuangan neh. Ngomong-ngomong soal perencanaan keuangan, pastinya selalu menarik ya fren.

Perencanaan Keuangan sih biasanya engga jauh-jauh dari gimana caranya kita dapat mengatur keuangan kita dengan cara yang bijak. Nah hari Sabtu (20/3) kemaren ini gout belajar neh dengan ahlinya perencanaan keuangan, siapa lagi kalau bukan Mas Aidil Akbar dalam acara Ngopi Bareng Bang Amar, Bijak Merencanakan Keuangan.

Dalam acara ini, Mas Aidil Akbar menjelaskan bagaimana car akita agar bijak mengelola keuangan melalui bentuk-bentuk pengelolaan yang baik. Misalnya saja untuk masalah keuangan keluarga, Mas Aidil menjelaskan perencanaan keuangan yang baik itu bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Selai itu, untuk perencanaan keuangan keluarga, sebaiknya kita menabung dan berinvestasi agar kalau ada kebutuhan mendadak kita bisa ambil dari tabungan.

Mas Aidil juga menyarankan untuk kita yang punya usaha, sebaiknya pengelolaan keuangannya dilakukan secara terpisah. Sebaiknya kata Mas Aidil, untuk kita yang memiliki usaha sebaiknya memiliki keuangan usaha yang dapat digunakan untuk menentukan biaya, harga jual serta membayar cicilan bila kita memiliki cicilan. Satu hal yang juga tidak kalah penting, untuk keuangan usaha, kita juga sebaiknya bisa mengatur cash flow keuangan dari usaha kita itu.

Dalam mengatur keuangan, kata Mas Aidil, kita juga harus senantiasa melakukan yang namanya Financial Check-up yakni dengan menyiapkan beberapa keperluan misalnya untuk asuransi, dana darurat, dan kalau kita memiliki dana yang lebih kita juga bisa melakukan investasi misalnya dengan membeli emas. Selain itu, buat kita yang memiliki hutang sebaiknya juga mengalokasikan dana untuk kita membayar hutang-hutang serta menghitung kekayaan bersih kita setelah dipotong dengan membayar hutang-hutang kita.

Nah ngomong-ngomong hutang neh fren, Mas Aidil juga menyarankan untuk kita yang suka meminjam uang pada pinjaman online, sebaiknya pilihlah Pinjaman Online yang terpercaya, ada aplikasinya serta reputasinya bagus. “Kalo di aplikasi playstore itu biasanya yang mendapatkan banyak bintang lima dari customernya.

Nah bicara pinjaman online neh fren, udah pada tahu belum sekarang ada pinjaman online yang terpercaya loh namanya Tunaiku yang pastinya bisa menjadi solusi mengatasi permasalahan keuangan.

Apa sih Tunaiku itu ??? Tunaiku adalah sebuah platform pinjaman digital tanpa agunan dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. yang memberikan solusi finansial bagi masyarakat yang kurang terlayani atau belum dilayani oleh Lembaga Keuangan Formal.

Apa saja yang menjadi keunggulan dari Tunaiku ini. Kalau kata mba Ghaida Nuris Tsara dari Tunaiku, keunggulan Tunaiku antara lain, jumlah pinjamannya itu mulai dari Rp. 2 juta sampai Rp. 20 juta. Selain itu, pinjaman di Tunaiku bisa dicicil untuk jangka waktu pinjaman antara 6 – 20 bulan.

Selain itu, Tunaiku ini juga memiliki program Referal Program adalah bagian dari program Tunaiku Amar Bank yang memberikan kesempatan untuk siapa saja agar dapat menjadi pemberi referensi pinjaman Tunaiku. Agen Referral Tunaiku akan mendapat komisi setiap bulan sesuai dengan skema program Referral yang diikuti. Selain mendapatkan komisi dari Tunaiku, kamu akan memiliki banyak kenalan baru yaitu para nasabahmu dan juga anggota Referral lainnya.

Nah fren, dari ulasan ogut soal perencanaan keuangan dan pinjaman online ini, semoga kita semua dapat mengelola keuangan kita dengan baik ya fren. Karena kalau kata Mas Aidil itu rumus keuangan bulanan adalah , 10 % untuk Kebaikan, 20% untuk Masa Depan, 40 % untuk Kebutuhan, dan 30 % untuk Cicilan. Semoga dari rumus tersebut, kita bisa menerapkannya dengan baik di kehidupan kita sehari-hari ya fren.

Oke Fren, sekian dulu ya tulisan ogut, sampai ketemu di tulisan ogut selanjutnya ya…

Komentar

  1. Bicara pinjaman online, banyaaak org2 yg terjebak minjemnya dr provider ilegal. Ada temenku yg nekad pinjam Ama pinjol ilegal, trus ga bisa bayar, itu semua kontak di hp dia kena makian dan kejaran di debt Coll, dan akhirnya DTG ke kantor pula, bikin keributan. Sereeem, dan bikin malu. Temenku jd kena warning letter Ama kantor.

    Berhutang memang ga salah, apalagi kalo utk tujuan baik, modal usaha misalnya. Tp mbok ya pilih yg sudah diawasi OJK dan berlisensi yaaa.. seperti Tunaiku kan ;)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer