Langsung ke konten utama

Yuk Kenalan dengan ERP dan Modul-Modulnya


Gaes, sudah ada yang pernah mendengar Enterprise Resource Planning atau lebih dikenal dengan nama ERP. Kalau belum, kali ini saya mau cerita tentang ERP, salah satu sistem ERP yakni Oracle NetSuite dan modul-modul apa saja yang ada didalam sistem ERP.

Kita mulai dulu dengan ERP ya. ERP merupakan sistem yang terintegrasi dan digunakan oleh perusahaan untuk perencanaan pemanfaatan sumber daya dengan menggunakan perangkat komputer yang terintegrasi.

ERP ini dapat menjadi salah satu solusi bagi proses bisnis perusahaan Anda loh gaes yang dapat membantu mengintegrasikan dan mengotomatiskan proses bisnis perusahaan. Dengan ERP, data-data yang ada dalam perusahaan dapat dilihat secara real time.

Selain itu, perusahaan yang menggunakan ERP juga dapat mengakses data dari smartphone kapan dan dimanapun Anda berada dengan sambungan akses internet yang baik tentunya. Jadi, kalo kita direktur perusahaan, kita bisa langsung akses laporan keuangan hanya dari smartphone kita.
ERP dikembangkan berdasarkan modul-modul fungsional yang digunakan untuk setiap jenis operasi dan dapat disesuaikan dengan jenis kegiatan di perusahaan. Misalnya, modul accounting merupakan modul yang digunakan untuk menangani proses pembukuan hingga pelaporan kinerja finansial di sebuah perusahaan.
Tidak hanya modul acconting loh, dalam sistem ERP juga ada modul-modul lain yang berbeda, namun biasanya ada beberapa modul dasar yang dimiliki oleh sistem ERP yang canggih. Fungsi dari modul-modul dasar ini dinilai penting bagi berbagai jenis perusahaan.
Berikut ini adalah beberapa modul yang patut Anda pertimbangkan ketika memilih sistem ERP.
Accounting (Akuntansi)
Modul akuntansi berfungsi mengelola arus kas yang masuk dan keluar dalam suatu perusahaan. Modul akutansi juga membantu perusahaan menangani berbagai transaksi akuntansi seperti pengeluaran, neraca, buku besar, rekonsiliasi bank, penganggaran, manajemen pajak. Laporan keuangan perusahaan dapat dibuat hanya dengan beberapa klik dengan modul ini.
CRM
Modul CRM (Customer Relationship Management) membantu meningkatkan kinerja penjualan melalui layanan pelanggan yang lebih baik dan membangun hubungan yang sehat dengan pelanggan. Modul ini juga membantu perusahaan mengelola dan melacak informasi prospek dan pelanggan seperti riwayat komunikasi, panggilan, pertemuan, data transaksi yang mereka lakukan, durasi kontrak, dan lain-lain.
HRM
Modul HRM (Human Resource Management) membantu meningkatkan  efisiensi departemen SDM atau HR dalam perusahaan. Modul ini membantu mengelola informasi karyawan seperti penilaian kinerja, deskripsi pekerjaan, keterampilan, kehadiran, cuti, dan lain-lain. Manajemen Penggajian merupakan salah satu sub modul yang paling penting dalam modul HRM yang befungsi untuk mengelola gaji, biaya perjalanan, dan pengembalian biaya.
Sales (Penjualan)
Modul ini berfungsi menangani alur kerja penjualan seperti pertanyaan penjualan, penawaran, sales order, dan faktur. Integrasi modul Penjualan, dan CRM dapat mempercepat siklus penjualan dan menghasilkan keuntungan lebih besar bagi perusahaan.
Inventory (Inventaris)
Modul inventaris berguna untuk melacak dan mengelola stok barang di perusahaan termasuk memantau tingkat persediaan, menjadwalkan pengisian ulang, melakukan forecasting dan membuat laporan inventaris. Sistem ERP yang bagus memungkinkan integrasi modul inventaris dengan barcode atau SKU scanner. Modul inventaris akan lebih efektif jika diintegrasikan dengan modul pembelian.
Purchasing (Pembelian)
Modul ini mengelola proses yang terlibat dalam pengadaan barang. Ini termasuk: daftar supplier, permintaan dan analisis penawaran, Purchase Order, Goods Receipt Notes, dan pembaruan stok. Modul ini dapat diintegrasikan dengan modul inventaris untuk manajemen pengadaan stok yang lebih optimal.
Manufacturing (Manufaktur)
Modul ini berfungsi meningkatkan efisiensi dalam proses manufaktur  dalam suatu bisnis, seperti; perencanaan produk, material routing, pemantauan produksi harian, dan pembuatan Bill of Materials. Sistem ERP yang baik memungkinkan modul manufaktur untuk diintegrasikan dengan barcode atau RFID scanner.
Nah itu tadi modul-modul yang ada dalam sistem ERP. Jika perusahaan Anda ingin mengimplementasikan sistem ERP ini ke dalam proses bisnis perusahaan, tentu saja membutuhkan jasa konsultan untuk membantu implementasi ERP ini.
Salah satu konsultan yang dapat mengimplementasikan ERP di perusahaan Anda adalah Edsen Consulting. Sebagai perusahaan konsultan IT, Edsen Consulting memiliki layanan ERP yakni Oracle NetSuite yang dapat membantu perusahaan melakukan implementasi agar dapat mengintegrasikan dan mengotomatiskan proses bisnis.

Oracle NetSuite merupakan cloud ERP (Enterprise Resource Planning) nomor satu di dunia yang berfungsi menyederhanakan sistem manajemen perusahaan dan memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis perusahaan.

Dengan Oracle NetSuite, data-data yang ada dalam perusahaan bisa dilihat secara real time. Selain itu, Netsuite juga bisa diakses kapan dan dimana saja dengan sambungan akses internet yang baik.

​Sebagai konsultan IT yang memiliki layanan Oracle NetSuite, Edsen Consulting memiliki pengalaman melakukan implementasi Netsuite di beberapa perusahaan seperti PT Gading Semesta Utama (PT. GSU) dan brambang.com. Selain melakukan implementasi, Edsen Consulting juga membantu proses integrasi dan kustomisasi sesuai yang diinginkan perusahaan.
Oke gaes, segitu dulu ya pembahasan tentang ERP, Oracle NetSuite, serta modul-modul yang ada di dalamnya. (Oia, informasi lebih lanjut, klik di sini ya) Next time saya akan membahas sistem lainnya yang bisa membantu proses bisnis di perusahaan kalian menjadi lebih baik. Terima kasih. 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

SGPP, Sekolah Tinggi tempat Para Pengambil Kebijakan Publik Belajar

Kisah Ajeb-Ajeb Anak Cipayung Part 1 : Dugem oh Dugem......

Ini dia neh kejadian paling hot yang pernah gua tulis. (bayangin, gua nulisnya aje sampe buka baju segala he..he..). ini kisah tentang ajeb-ajeb cuy (karena musiknya bukan dangdut jadi ajeb-ajeb, coba kalo musiknya dangdut pasti bunyinya adut..adut..adut..adut.. jangan sambil joget ya bacanya he..he..) di suatu Pantai Indah yang banyak kapuknya (makanya tempat itu dikasih nama Pantai Indah Kapuk he..he.. walaupun sebenernya gua bingung, pantai yang berkapuknya sebelah mana ya he..he..).

Awalnya disuatu siang pas gua lagi browsing gambar-gambar vulgar dan sedikit cabul untuk web tempat gua bekerja (nama webnya www.langitberita.com, terus klik aja rubrik lifestyle nah entar keluar tuh berita-berita yang gambarnya bikin mata melek terus he..he..). Tiba-tiba ada pesen dari Mr Momot yang isinya gua ngeliput acara dugem di PIK, nama acaranya RnB Parade (wah gua langsung ngayal, rave party di waterboom pasti banyak cewe-cewe seksinya. Udah gitu pasti mereka pada pake pakaian renang, seru neh…

Mengunjungi Pabrik Pembuatan Kulkas Halal PT Sharp Electronics Indonesia

Kata siapa label halal hanya untuk produk-produk makanan dan kosmetik saja. Saat ini PT Sharp Indonesia melakukan terobosan dengan memberikan label halal pada produk lemari es atau kulkas keluaran terbarunya. Beruntung hari Rabu (9/5) kemarin saya mengunjungi pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Karawang Barat, Jawa Barat, untuk melihat langsung proses pembuatan kulkas halal pertama di Indonesia di pabrik yang berdiri sejak tahun 2012 ini.
Sebelum melihat langsung proses pembuatan kulkas Sharp, saya dan teman-teman blogger lainnya dijamu oleh jajaran petinggi dan management PT Sharp Indonesia. Dalam kesempatan ini, Asisten Manajer Strategi Produksi PT Sharp Electronics Indonesia, Afka Adhitya, menjelaskan, alasan PT Sharp Electronics Indonesia mengeluarkan kulkas halal, tujuan utamanya Sharp adalah untuk memberikan rasa nyaman dan aman di tengah masyarakat akan sebuah produk barang kegunaan. 
Seperti kita ketahui, saat ini kecenderungan konsumen sudah mulai peduli dengan kua…