Pengalaman Seharian Bersama Mitsubishi Xpander



Keren dan Futuristik itulah kesan yang saya dapatkan ketika pertama kali melihat iklan Mitsubishi Xpander di layar televisi. Dengan Tagline Xpander, Your Next Generation MPV, saya melihat mobil ini memang menghadiran kenyamanan berkendara bagi keluarga Indonesia. 
 
Tapi hari Rabu (7/2) kemarin saya beruntung karena bisa merasakan bagaimana berada dalam mobil Mitsubshi Xpander ini sekaligus melihat Xpander ini di rakit langsung di Pabrik Mitsubishi Xpander yang berada di kawasan Deltamas, Bekasi. 
Mejeng dulu ah di depan Pabrik Mitsubishi Xpander di Kawasan Deltamas Bekasi
Sejak pagi saya sudah berkumpul bersama teman-teman blogger dari Indonesian Social Blogpreneur dan Mobil123.com di Kawasan FX Senayan. Iya, pagi itu saya bersama 20 blogger lainnya berkesempatan mengunjungi Pabrik Mitsubishi Xpander di Bekasi. 

Ada semangat tersendiri buat saya karena bisa melihat langsung bagaimana MPV baru keluaran Mitsubishi ini dirakit di negara kita Indonesia. Tidak hanya itu, kebahagiaan lainnya, hari itu saya juga berkesempatan merasakan bagaimana berada di dalam mobil Mitsubishi Xpander ini.

Setelah menempuh perjalanan hampir 3 jam lebih, akhirnya saya tiba di Pabrik Mobil Mitsubishi Xpander. Pabrik Mitsubishi yang saya datangi ini merupakan pabrik baru yang memiliki luas sekitar 51 hektar persegi. Oia pabrik di Bekasi ini merupakan pabrik mobil Mitsubishi terbesar ke-4 loh di seluruh dunia.

Pabrik ini sendiri diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 25 April 2017 dan memiliki kapasitas 60.000 unit per tahun dengan produksi Mitsubishi Xpander mencapai 80.000 unit per tahun.

Setelah mengambil gambar di sekitar lobi kantor, saya dan teman-teman blogger pun mengikuti Konfrensi Pers yang diadakan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Pada kesempatan itu, Kyoya Kondo, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), memberikan sambutan sekaligus menjelaskan seputar keberadaan pabrik ini.
Kalo yang ini Mr. Kyoya Kondo saat memberikan sambutan kepada Blogger dan Komunitas

Menurut Kyoya Kondo, Tahun 2017 menjadi tahun penting bagi kami karena diperkenalkan untuk pertama kalinya Mitsubishi Xpander. Dan model ini menghasilkan permintaan yang tinggi hingga lebih dari 50.000 unit pemesanan.

“Melalui kegiatan ini kami ingin menunjukkan bagaimana Mitsubishi Xpander itu dibuat di pabrik kami yang memiliki proses produksi berkualitas tinggi,” Ungkap Kyoya Kondo dihadapan para Blogger dan komunitas yang hadir di acara ini.

Tidak berlama-lama, setelah konfrensi pers saya dan teman-teman diajak untuk melihat langsung bagaimana Xpander dibuat dengan teknologi berkualitas tinggi. Sebagai informasi neh, pembuatan Xpander ini melalui empat tahap utama loh yakni Stamping, Welding, Painting, dan Assembling

Saya coba jelaskan satu-satu ya dari pengamatan yang saya lakukan selama saya berada di pabrik Mitsubishi kemarin. Pertama, Stamping. Proses ini adalah proses pembuatan pres bagian bodi mobil yang semuanya dilakukan secara full robotik. Setelah melalui proses Stamping, maka bagian-bagian bodi yang sudah dipres tadi akan masuk ke proses Welding untuk dipersatukan.

Setelah selesai dari proses Welding, selanjutnya masuk ke tahap Painting yang menggunakan bahan-bahan cat ramah lingkungan jenis water base. Jika semuanya sudah siap, maka tahapan selanjutnya adalah Assembling. Yakni proses perakitan bagian per bagian dari kendaraan baik bodi maupun part plastik di dalamnya. Setelah itulah mobil yang sudah terbentuk di cek ulang termasuk pengetesan lampu-lampu dan kebocoran.

Oiya, Sedikit tambahan informasi, proses pergerakan part demi part di pabrik Mitsubishi Xpander ini menggunakan alat namanya Automatic Guide Vehicle (AGV). Yakni semacam robot yang dilengkapi roda, sehingga part bisa dipindahkan tanpa didorong-dorong oleh pegawai pabrik. 

Selain itu, proses perakitan juga menggunakan sistem barcode sehingga pencarian part  lebih mudah dan memudahkan untuk ditelusuri ketika ada masalah. Jika semua sudah selesai, maka mobil siap untuk diuji jalan sebelum dikirim ke konsumen.
Kalo yang ini Mas Rifat Sungkar yang menjadi Ambasador Mitsubishi Xpander
Nah setelah melihat langsung pembuatan mobil Xpander, inilah saat yang saya tunggu-tunggu yakni merasakan bagaimana rasanya berada di dalam mobil Mitsubishi Xpander ini. Sore itu saya berkesempatan menaiki Xpander yang dikemudikan teman blogger saya Satto Raji.

Didampingi seorang instruktur, Satto mencoba mengemudikan mobil sesuai dengan arahan instruktur. Saya yang berada di kursi paling belakang merasakan bagaimana nyaman dan leganya MPV yang Hadir menjawab kebutuhan keluarga Indonesia ini.

Selain nyaman dan lega, saya juga merasakan bagaimana mobil ini memiliki sistem pengereman yang sangat baik ketika di gas sekuat tenaga dan harus di rem mendadak mobil ini tetap stabil pengeremannya. 

Iya, Xpander memang dilengkapi dengan sistem pengereman dengan teknologi ABS yang membuat ban tidak terkunci ketika proses pengereman dan bisa diarahkan sesuai dengan arah yang kita inginkan.

Tidak hanya itu, Mitsubishi Xpander juga sangat stabil ketika harus berbelok di tikungan tajam. Saya merasakan sendiri bagaimana mobil ini berbelok sangat tajam dan tidak membuat saya yang berada di posisi belakang terpental atau bergeser dari tempat duduk saya.Kita tidak perlu kuatir mobil ini akan terbalik karena memang Xpander memiliki tingkat kestabilan yang baik ketika dikemudikan di jalan berbelok. 
Sebagai sebuah mobil keluarga generasi terbaru, Mitsubishi Xpander memang di rancang untuk kenyamanan berkendara. Dengan interior yang nyaman dan lega, rasanya hari itu menjadi hari yang menyenangkan buat saya ketika berada di dalam Mitsubishi Xpander.

Komentar

  1. Xpandernya suka yang matic apa manual oom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena saya ga bisa bawa mobil, dua-duanya seneng-seneng aja om :)

      Hapus
  2. Wih, keluaran terbaru dari Mitsubishi ya. Xpander bakalan jadi idolak kaum otomotif nih

    BalasHapus
  3. pengalaman yg seruuuu #Salam BBB :D

    BalasHapus
  4. kenapa harus di pasang poto itu ? haha

    BalasHapus
  5. gambar paling atas, menahbiskan diri sebagai pendiri BBB keyeen :)

    BalasHapus
  6. Ini nih, salah satu geng BBB. Kemarin ga teriak kan pas Xpandernya melakukan manuver hahaha

    BalasHapus
  7. Seruuuu test drive nya bikin nagih

    BalasHapus
  8. Awal liat Xpander suka keliru ama abangnya Pajero, Desainnya Xpander utk sekelas MPV gagah & Kren cocok nih buat (BBB)....haaaa

    BalasHapus
  9. lha, diriku gagal fokus sama foto yang sendirian itu mas?
    gimana program diet sejak ikut plant tour? wkwkwkkw

    BalasHapus
  10. Pengalaman lamgka bisa melihat langsung dapur si XPander, seru ya Mas.

    BalasHapus
  11. Sama mas Tauhid, aku juga terpesona dan terkesan apalagi pas liat secara langsung lebih dekat proses produksinya sama robot dan dirakit sama tenaga manusia juga. Satu kata, KEREN! 😎👍

    BalasHapus
  12. mobil yang tangguh ini... mitsubishi emang jaminan mutu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer