Minggu, 10 Desember 2017

Angin Segar itu Bernama Kampung Berseri Astra





Ada kesejukan yang saya rasakan ketika siang itu saya tiba di Kampung Berseri Astra (KBA) Ciganjur, kawasan Jakarta Selatan. Pepohonan yang rindang tumbuh di sekitar KBA yang diresmikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama ini. Siang itu di akhir bulan Agustus saya berada di sana untuk sebuah liputan Festival Permainan Tradisional Astra.
 
Anak-anak yang menjadi peserta Festival Permainan Tradisional terlihat leluasa mengikuti setiap permainan yang digelar dalam festival permainan tradisional ini. Mereka terlihat nyaman berada di KBA yang memiliki halaman yang luas dan berlokasi di jalan Pasir 1 RW 06 Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Saya yang baru pertama kali menginjakan kaki di sini pun tidak menyangka ternyata Astra memiliki Kampung Berseri Astra yang dibangun di tengah-tengah perumahan penduduk.
Kampung Berseri Astra Ciganjur Berseri
Dari sini saya kemudian mencari-cari informasi apa itu KBA. Dari informasi yang saya dapatkan ternyata KBA merupakan program tanggung jawab sosial Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program tanggung jawab sosial Astra, yakni Kesehatan (Astra untuk Indonesia Sehat), Pendidikan (Astra untuk Indonesia Cerdas), Lingkungan (Astra untuk Indonesia Hijau), dan Kewirausahaan (Astra untuk Indonesia Kreatif).

Melalui program KBA ini, masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang berseri yakni bersih, sehat, cerdas, dan produktif, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA. Saat ini, Astra telah membina 64 KBA di 27 provinsi seluruh Indonesia.
Festival permainan tradisional yang digelar di KBA Ciganjur Agustus lalu
Nah kebetulan dalam acara festival permainan tradisional ini juga mempertemukan beberapa KBA yang dibina Astra dari wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok. KBA tersebut adalah KBA Kebon Jeruk (Jakarta Barat), KBA Cengkareng Timur (Jakarta Barat), KBA Kebon Pala (Jakarta Timur), KBA Warakas (Jakarta Utara), KBA Sunter Jaya (Jakarta Utara), KBA Rawajati (Jakarta Selatan), KBA Rawasari (Jakarta Pusat), KBA Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu), KBA Pinang (Tangerang), KBA Lengkong Kulon (Tangerang), KBA Bhakti Jaya (Depok), KBA Pekayon (Bekasi) dan KBA Ciganjur (Jakarta Selatan).

Ada kekaguman dalam diri saya melihat kepedulian Astra dalam membuat KBA di seluruh Indonesia ini karena tidak hanya KBA menjadi ajang berkumpulnya warga sekitar untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Tapi dari KBA ini juga menjadi wadah untuk anak-anak di sekitar KBA kumpul dan bermain dengan teman-teman sebayanya. Bahkan beberapa memiliki perkumpulan yang menjadi wadah untuk anak-anak ini menyalurkan hobi dan kegiatan positif lainnya. 

Dari festival permainan tradisional ini saja misalnya Di sini setiap anak-anak yang mewakili KBA masing-masing saling berkompetisi dalam permainan tradisional seperti engrang, hadang atau gobak sodor, terompah panjang, dagongan dan jalan balok. Mereka dengan penuh keterampilan saling menunjukan aksinya dalam melakukan permainan tradisional ini dan membuktikan siapa yang menjadi terbaik di ajang ini. Ada gengsi membawa nama KBA masing-masing untuk membuktikan siapa yang menjadi terbaik di antara KBA-KBA lainnya.
KBA Ciganjur yang membawa angin segar bagi masyarakat sekitar Ciganjur
Andi, salah seorang anak yang saya temui, bercerita jika ia bersama kawan-kawannya sering melakukan permainan ini di KBA dekat rumahnya. Keberadaan KBA di lingkungan rumahnya sangatlah ia syukuri karena bisa menjadi arena untuk dia dan teman-temannya bermain dan berlatih melakukan beberapa permainan tradisional ini.”Seneng banget mas di sekitar rumah ada KBA, jadi kita bisa ada tempat main bareng temen-temen” ujar Andi.

KBA sejatinya menjadi sebuah wadah untuk warga masyarakat di sekitar KBA berkumpul dan berinteraksi dalam keseharian mereka. Tidak hanya itu, KBA juga membawa angin segar bagi warga masyarakat yang selama ini merindukan sebuah tempat yang memiliki berbagai fungsi di tengah-tengah lingkungan mereka. 

Dari ajang festival permainan anak yang dilaksanakan di KBA Ciganjur ini saya melihat betapa niat mulia Astra melalui program tanggung jawab sosialnya dalam membangun KBA membuat kehidupan masyarakat di sekitar area KBA menjadi lebih harmonis dan dinamis. Ada interaksi sosial yang terbangun dengan adanya KBA di lingkungan rumah mereka. Dari interaksi-interaksi yang terjadi di lingkungan KBA ini semakin membuat anggota masyarakat menjadi saling mengenal satu sama lain dan dari sini juga menjadi tempat untuk anak-anak mereka berkumpul dan bermain menyalurkan hobi dan bakat mereka. 

Kedepannya saya berharap akan semakin banyak KBA-KBA lain yang dibangun Astra di seluruh wilayah Indonesia agar interaksi sesama anggota masyarakat akan sering dilakukan dan membawa persatuan dan kedamaian di tengah-tengah masyarakat.  

1 komentar:

  1. programnya bagus banget, semoga bertahan terus ya :) amin

    BalasHapus